Yuk Intip, Ide Camilan Sehat Untuk Si Kecil Usia 1 Tahun

Merries Insight
24 November 2022
Resep
Share
Yuk Intip, Ide Camilan Sehat Untuk Si Kecil Usia 1 Tahun

Saat Si Kecil menginjak usia 1 tahun, Moms dan Dads bisa sudah bisa memberikan camilan sehat kepadanya. Pemberian camilan sehat bisa membuat Si Kecil mendapatkan nutrisi sehat di luar MPASI yang membuat Si Kecil sehat dan bisa mendapatkan berat badan ideal bayi.

Secara sederhana, camilan sehat adalah makanan yang dikonsumsi Si Kecil di antara makan pagi dan siang, serta di antara makan siang dan malam. Komposisi nutrisi pada camilan sehat tidak harus selengkap MPASI. Walau begitu, Moms dan Dads harus tetap menyiapkan camilan sehatnya sebaik mungkin.

Ada banyak ide camilan sehat yang bisa diberikan pada Si Kecil usia 1 tahun. Beberapa diantaranya adalah:

1. Sayur-Sayuran

Ide camilan ini bisa memberikan tambahan nutrisi berupa serat dan vitamin. Brokoli, wortel, dan kacang panjang adalah beberapa contoh sayuran yang bisa diberikan. Untuk menyajikannya, Moms dan Dads bisa memotong sayurnya jadi beberapa bagian dalam ukuran kecil. Setelah itu, kukus sampai tekstur sayurnya empuk. Cara penyajian tersebut bisa membuat Si Kecil lebih mudah menggenggam dan mengunyah sayurannya.

2. Umbi-Umbian

Camilan satu ini punya kandungan karbohidrat yang bisa menambah energi Si Kecil. Ubi, talas ungu, dan kentang adalah beberapa contoh umbi-umbian yang bisa Moms dan Dads berikan. Cara penyajian camilan ini sama seperti sayur-sayuran, yaitu dipotong-potong dalam beberapa bagian dan mengukusnya hingga empuk.

3. Buah-Buahan Bertekstur Lembut

Seperti sayur-sayuran, camilan ini juga bisa memberikan serat dan vitamin ke Si Kecil. Supaya Si Kecil mudah mengunyahnya, Moms dan Dads harus menggunakan buah-buahan bertekstur lembut, seperti pisang dan alpukat.

Sebelum diberikan ke Si Kecil, Moms dan Dads bisa memotong-motong buahnya ke dalam beberapa bagian berukuran kecil. Pastikan camilan ini habis dalam waktu 1-2 jam supaya kesegarannya tetap terjaga.

4. Tahu

Untuk Moms dan Dads yang ingin menambah asupan protein nabati Si Kecil, tahu adalah pilihan tepat. Camilan ini punya tekstur lembut yang mudah dikunyah Si Kecil. Cara menyajikan camilan ini pun mudah dan bervariasi, baik dengan menumisnya maupun merebusnya.

5. Telur

Kalau yang satu ini cocok untuk menambah asupan protein hewani Si Kecil. Teksturnya yang mudah dicerna Si Kecil dan cara penyajiannya yang variatif adalah beberapa alasan mengapa Moms dan Dads bisa memberikan camilan ini. Telur sendiri bisa Moms dan Dads sajikan dengan cara direbus, didadar, atau diorak-arik.

Pastikan jumlah telur yang diberikan tidak terlalu banyak. Khusus untuk Si Kecil berusia 1 tahun, konsumsi telur hanya bisa dilakukan sebanyak 1-2 butir per hari.

6. Oatmeal

Selain bisa memberi asupan karbohidrat, camilan ini juga bisa menambah asupan protein, vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat untuk Si Kecil. Moms dan Dads bisa menyajikannya bersama dengan kismis atau buah-buahan segar seperti pisang dan stroberi.

7. Puding Susu Biskuit Marie

Jika ingin camilan sehat yang tidak biasa, Moms dan Dads coba ide camilan ini. Penggunaan susu dan biskuit marie membuat camilan ini punya kandungan lemak, karbohidrat, dan protein.. Untuk bahan dan cara membuatnya bisa Moms dan Dads simak di bawah ini:

Bahan:

  • 600 ml susu cair.
  • 1 bungkus biskuit marie.
  • 2 lembar roti tawar.
  • 3 sendok makan maizena.
  • 4 sendok makan gula pasir.
  • 1 sendok makan agar-agar putih.
  • 2 saset cokelat bubuk.
  • 100 gram dark cooking chocolate.
  • 3 sendok makan margarin cair.

Cara Membuat:

  • Siapkan loyang dan masukkan roti tawar pada bagian dasarnya.
  • Hancurkan biskuit marie dan campurkan dengan margarin cair. Setelah itu, taburkan di atas roti tawar.
  • Masak agar-agar putih bersama 500 ml susu cair, maizena, dan gula pasir di dalam panci sampai mendidih. Jika sudah, Moms dan Dads bisa tiriskan sejenak lalu masukkan ke dalam loyang. Diamkan sejenak sampai adonannya mengeras.
  • Masak dark cooking chocolate, cokelat bubuk, maizena, dan 100 ml susu cair. Aduk semua bahan tersebut sampai mendidih. Tiriskan sejenak lalu tuang ke atas loyang berisi adonan yang sudah mengeras.
  • Tunggu beberapa saat lalu diamkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.

Tips Memberikan Camilan Sehat untuk Si Kecil Usia 1 Tahun

Pastikan pemberian camilan sehat untuk Si Kecil usia 1 tahun dilakukan dengan tepat. Bagaimana pun, pemberian camilan sehat adalah salah satu kesempatan Moms dan Dads untuk memberikan nutrisi tambahan yang bisa membuat Si Kecil mendapatkan berat badan ideal bayi, sehingga hal tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan.

Berikut ini ada beberapa tips bagaimana memberikan camilan sehat yang tepat untuk Si Kecil:

  • Pastikan camilan sehat diberikan setiap 2 kali sehari, yaitu di antara makan pagi dan siang serta di antara makan siang dan malam.
  • Camilan sehat harus diolah secara higienis, serta bebas dari Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya. Misalnya asam salisilat, asam borat, dan formalin.
  • Selain memberikan nutrisi tambahan, camilan sehat juga bisa melatih kemampuan menggenggam dan mengunyah Si Kecil. Oleh karenanya, pastikan camilannya dipotong dalam ukuran kecil yang bisa digenggam Si Kecil, serta memiliki tekstur yang lembut.
  • Perhatikan reaksi Si Kecil setelah menyantap camilan sehat yang Moms dan Dads berikan. Jika ia muntah, kembung, dan alergi, Moms dan Dads harus hentikan pemberian camilan sehat tersebut.
  • Memberikan contoh langsung kepada Si Kecil dengan ikut menyantap camilan sehat.
  • Bersabarlah selama memberikan camilan sehat untuk Si Kecil. Umumnya, Si Kecil membutuhkan 6-15 kali percobaan sampai ia mau menyantap makanan baru. Moms dan Dads juga harus bersabar jika selera makan Si Kecil berubah-ubah karena itu adalah bagian dari proses tumbuh kembang Si Kecil.

Itulah berbagai ide camilan sehat untuk Si Kecil usia 1 tahun serta tips untuk memberikannya. Semoga bisa menjadi panduan untuk Moms dan Dads saat nanti akan memberikan camilan sehat kepada Si Kecil. Supaya nanti Si Kecil semakin nyaman menyantap camilan sehat, Moms dan Dads harus memakaikan popok yang nyaman untuk Si Kecil seperti popok Merries Premium Pants.

Bagian permukaannya yang lembut bisa membuat Si Kecil nyaman sepanjang waktu, termasuk saat ia menyantap camilan sehat. Daya serapnya pun tinggi sehingga membuat kulit Si Kecil tetap kering. Popok Merries ini sudah dilengkapi karet pinggang dengan 2.5 kali lebih elastis yang membuat popok Merries ini mudah dipakaikan.

Masih banyak kelebihan yang dimiliki popok Merries Premium Pants. Moms dan Dads bisa mengetahuinya dengan mengklik link berikut ini!