Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Baru Lahir yang Tertidur Terus

Merries Insight
21 Juli 2021
Umum
Share
Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Baru Lahir yang Tertidur Terus

Hadirnya Si Kecil tentunya sudah dinantikan Moms dan keluarga. Ingin segera mengajak Si Kecil bermain dan bercanda namun ternyata bayi baru lahir tidur terus. Memang biasanya Si Kecil lebih banyak tidur terutama untuk bayi baru lahir.

Tetapi apakah hal tersebut normal? Mengapa bayi sering sekali tidur dan apa penyebabnya? Berikut ini berbagai informasi tentang pola tidur bayi baru lahir. Yuk simak!

Normalkah Bayi Baru Lahir Tidur Terus?

Melihat bayi mungil yang gemas ingin rasanya mengajak bercanda tetapi ia tidur terus. Sebenarnya wajarkah bayi baru lahir sering tidur seperti itu? Hal tersebut sebenarnya normal karena bayi baru lahir bisa tertidur 14 hingga 17 jam setiap harinya. Sesekali Si Kecil akan bangun jika merasa haus atau ada yang membuatnya tidak nyaman seperti pee dan poop.

Penyebab Bayi Tidur Terus

Bayi yang baru lahir belum bisa banyak melakukan aktivitas tapi kenapa bayi baru lahir tidur terus ya? Ternyata karena Si Kecil sedang beradaptasi dari masa kehidupan dalam kandungan hingga akhirnya lahir. Dalam kandungan Si Kecil banyak tertidur, sehingga ia menyesuaikan saat baru lahir.

Si Kecil butuh banyak tidur untuk membuat pertumbuhannya berkembang secara optimal. Hormon pertumbuhan akan aktif ketika Si Kecil tertidur. Perkembangan otaknya ketika lahir belum sempurna sehingga durasi tidur Si Kecil juga tidak menentu. Sehingga tidak heran jika Si Kecil tertidur di siang hari dan terbangun pada malam hari.

Membangunkan Bayi Baru Lahir yang Tidur Terus

Meskipun Bayi Baru Lahir Tidur Terus tetapi ia perlu dibangunkan untuk minum ASI setidaknya setiap 2 jam sekali. Si Kecil bisa tidur dengan menahan lapar, sehingga Si Kecil perlu dibangunkan untuk memberikan ASI untuknya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membuat Si Kecil terbangun.

  • Lepaskan bedong atau selimutnya. Si Kecil mungkin merasa nyaman dengan hangat bedong dan selimut, cobalah buka bedong atau selimutnya agar membuatnya terganggu dan terbangun.
  • Gelitik kakinya. Untuk mengganggu tidurnya Moms dapat mengelitiki telapak kaki, biasanya Si Kecil akan terganggu dan membuka matanya.
  • Pindahkan Si Kecil. Coba untuk memindahkan tidur Si Kecil agar merasa terganggu dan terbangun dari tidur.
  • Langsung tempelkan puting. Meskipun Si Kecil tertidur biasanya akan langsung menghisap puting Moms jika didekatkan dengan mulutnya. Si Kecil akan mencium aroma ASI yang memberikan stimulasi rasa lapar untuknya.

Kondisi Yang Mengharuskan Bayi ke Dokter

Bayi yang baru lahir terutama bayi 2 minggu tidur terus sangat wajar. Namun Moms juga perlu memperhatikan apakah tidurnya normal. Pastikan tidak ada gejala medis yang membuatnya tertidur sepanjang waktu.

Beberapa gangguan kesehatan akan membuatnya menjadi tidur lebih lama, seperti penyakit kuning dan infeksi lainnya. Untuk itu Si Kecil tetap perlu bangun sesekali untuk minum ASI. Apabila Si Kecil tertidur sepanjang hari tanpa terbangun serta diikuti gejala lainnya seperti demam maka segera periksa kondisi Si Kecil ke dokter. 

Memperbaiki Pola Tidur Bayi

Bayi baru lahir tidur terus hingga beberapa minggu, setelah itu sebaiknya Moms mulai mengajarkan konsep siang malam agar Si Kecil memiliki pola tidur yang baik. Terkadang Si Kecil terlelap di pagi dan siang hari kemudian terbangun saat tengah malam. Tentunya hal tersebut akan mengganggu tidur Moms, sedangkan Moms butuh tidur cukup untuk beraktivitas di pagi hari.

Latihlah Si Kecil agar bisa mengetahui konsep siang malam dan membuatnya tertidur lelap di malam hari. Memiliki pola tidur yang baik sangat bagus untuk perkembangannya.  Beberapa hal berikut ini bisa Moms terapkan agar Si Kecil memiliki pola tidur yang baik.

  1. Buat Rutinitas Sebelum Tidur

Buatlah rutinitas sebelum tidur agar Si Kecil mengenali tanda bahwa inilah saatnya beristirahat. Misalnya ganti pakaian Si Kecil dengan pakaian tidur, memijat tubuhnya, dan mengoleskan minyak telon untuk menghangatkan.

Moms juga bisa mematikan lampu dan menggunakan lampu tidur untuk menciptakan suasana malam. Setelkan lagu pengantar tidur yang akan membuatnya rileks dan nyaman hingga tertidur. Bacakan buku sebelum tidur juga bisa menjadi rutinitas sebelum tidur yang menyenangkan.

  1. Ajak Bermain di Siang Hari

Saat siang hari buat Si Kecil lelah bermain dan bercanda agar ia merasa lelah di malam hari. Buat suasana ramai sepanjang pagi hingga siang hari agar Si Kecil semangat bermain. Misalnya pasang musik yang riang atau buat suara-suara lucu dengan Si Kecil. Tetapi ingat ya untuk menjaga volumenya agar tidak mengganggu pendengaran Si Kecil dan lingkungan sekitar.

Ketika sore hari menjelang malam buatlah suasana yang tenang dan sunyi. Kurangi aktivitas bermain yang melelahkan di sore hari menjelang malam, justru ini akan membuatnya semakin bersemangat dan menolak tidur.

  1. Jelaskan Konsep Siang dan Malam

Moms bisa menjelaskan tentang konsep siang dan malam. Jelaskan padanya bahwa ketika siang ia boleh bermain tetapi ketika malam adalah waktunya beristirahat mengisi tenaga untuk beraktivitas esok hari. Meskipun Si Kecil belum memberikan respon saat dijelaskan tidak apa, karena sebenarnya bayi sangat cerdas dan mampu menangkap apa yang Moms katakan.

Moms juga bisa mengajarkan bahwa saat siang hari terang dan malam hari gelap. Bacakan buku cerita dengan gambar mengenai konsep siang dan malam agar Si Kecil lebih mudah mengerti.

  1.   Ciptakan Suasana Nyaman

Sama saja seperti orang dewasa, bayi juga akan lebih mudah tertidur saat di tempat yang nyaman. Moms bisa membersihkan tempat tidur, menyusun bantal agar lebih nyaman. Mengganti pakaian Si Kecil dengan pakaian bersih.

Buat suhu ruangan cukup nyaman, jangan buat terlalu dingin dan terlalu panas agar Si Kecil nyaman.  Pastikan semuanya bersih dan nyaman untuk Si Kecil, terutama popoknya. Cek apakah popoknya penuh, posisinya sudah pas, atau perlu diganti untuk memastikan ia tertidur nyaman.

Si Kecil akan merasa kurang nyaman jika tertidur dalam kondisi popok yang penuh dan popok yang kurang nyaman. Untuk itu sebaiknya Moms berikan popok terbaik yang bisa memberikan kenyamanan saat Si Kecil tidur. Moms bisa menggunakan popok Merries yang merupakan popok No.1 pilihan Ibu di Jepang.

Popok Merries memiliki 3 lapisan bersirkulasi udara baik sehingga membuat Si Kecil nyaman saat tidur dan saat beraktivitas sepanjang hari. Lapisan pertama merupakan bantalan popok yang lembut dan bersirkulasi sehingga udara bebas mengalir. Lapisan pertama popok ini dilengkapi dengan teknologi terbaru dimana permukaan popok memiliki rongga udara 3x lebih besar, sehingga penyerapa bisa lebih maksimal dan sirkulasi udara berjalan lebih baik. 

Lapisan kedua merupakan lapisan penyerap dengan daya tampung yang banyak sehingga aman tanpa khawatir bocor saat tidur. Lapisan tengah ini juga mampu dialiri udara sehingga sirkulasi udara dapat maksimal. 

Lapisan ketiga yang merupakan lapisan terluar mampu melepas kelembapan sehingga kulit Si Kecil akan nyaman dan bebas iritasi. Bagian kanan dan kiri juga dilengkapi dengan serat halus untuk menangkap poop dan pee agar tidak mudah bocor.

Yuk Moms ciptakan tidur yang berkualitas dan nyaman sehingga baik untuk pertumbuhannya. Gunakan popok Merries untuk membuatnya tidur nyaman dan tersenyum di pagi hari. (Referensi orami, popmama)