Tips Membuat Menu MPASI 6 Bulan Penambah Berat Badan

Merries Insight
Resep
Share
Tips Membuat Menu MPASI 6 Bulan Penambah Berat Badan

Guna menambah berat badan pada Si Kecil berusia 6 bulan, Moms wajib memberikan asupan berupa MPASI. Ketika menyusun menu MPASI 6 bulan tak hanya harus berisi protein dan karbohidrat. Makanan dengan lemak dan serat tinggi juga wajib dimasukkan.

Menurut berbagai sumber, makanan berlemak dan berserat dapat membantu perkembangan sistem saraf dan otak bayi, serta mempermudah penyerapan berbagai macam vitamin, terutama vitamin A, D, K, dan E. Keju, alpukat, dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh makanan berlemak dan berserat yang bisa dimasukkan ke dalam menu MPASI 6 bulan.

Masih ada beberapa contoh makanan lainnya yang bisa dimasukkan ke dalam menu MPASI. Di artikel ini, Merries akan kasih berbagai tips yang bisa Moms pakai untuk membuat menu tersebut, dimana tips-tipsnya bisa Moms simak di bawah ini!

1. Buat Sup Krim Kentang dengan Campuran Bahan Makanan Berlemak

Sup krim kentang adalah salah satu makanan yang cocok disantap bayi. Makanan ini bisa mencukupi asupan karbohidrat pada sang bayi. Khusus untuk bayi 6 bulan, Moms bisa menambahkan bahan makanan berlemak seperti keju dan susu full cream. 

Menggunakan bahan-bahan tersebut bisa membantu menambah berat badan serta memenuhi asupan lemak pada bayi. Selain keju dan susu, Moms pun bisa menambahkan bahan lain seperti sayur-mayur dan telur.

2. Bikin Puding dari Keju, Telur, dan Roti

Kalau mau menu yang agak ringan, Moms bisa bikin puding sederhana dengan keju, telur, dan roti sebagai bahan utama. Sebelum membuatnya, pastikan dulu bahan-bahannya telah Moms persiapkan, mulai dari roti 2 lembar, telur 1 butir, serta parutan keju secukupnya. Untuk membuat teksturnya lembut, Moms bisa tambahkan santan sebanyak 150 ml.

Cara membuatnya tidaklah sulit. Moms hanya perlu memblender semua bahannya hingga halus. Habis itu, masukkan ke dalam wadah dan kukus hingga matang. Tiriskan sejenak, puding pun bisa langsung disantap.

3. Buat Bubur dari Daging Sapi dan Telur

Selain sup krim kentang, bubur bisa menjadi menu makanan berat lainnya yang cocok untuk bayi 6 bulan. Agar buburnya mampu menambah berat badan Si Kecil , Moms bisa mencampur buburnya dengan telur dan daging sapi. Pastikan pemakaian dua bahan tersebut tidak berlebihan agar bayi tidak memperoleh asupan lemak berlebih.

Cara membuat buburnya sendiri kurang lebih sama dengan cara membuat bubur ayam. Agar nantinya bubur punya rasa dan aroma, Moms bisa menambahkan kecap, bawang merah, atau bawang putih ke dalam adonan buburnya. Menu MPASI ini sangat cocok disantap sebagai sarapan atau makan sore untuk bayi Moms.

4. Kalau Mau Sedikit Berbeda, Moms Bisa Coba Sajikan Gulai Otak Sapi

Mungkin Moms heran mengapa Merries menyarankan gulai otak sapi sebagai menu MPASI. Tenang saja, karena Merries punya alasan dibalik itu. Dari beberapa sumber terpercaya, otak sapi dipercaya punya berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Semisal protein, mineral, dan vitamin. 

Kandungan lemaknya pun cukup banyak, yakni 16, 1 gram untuk otak sapi berukuran 100 gram. Kandungan lemak yang banyak tersebut membuat bahan makanan ini cocok untuk menu penambah berat badan bayi.

Tak ada perbedaan signifikan antara membuat gulai otak sapi untuk bayi dan orang dewasa. Perbedaannya hanya pada bumbu gulainya yang disarankan tidak boleh terlalu banyak, serta tekstur otak sapinya yang mesti lembut agar mudah dicerna.

5. Opor Ayam pun Bisa Jadi Pilihan

Tak hanya sebagai menu khas Idul Fitri, opor ayam pun juga bisa dijadikan menu MPASI. Menu ini dianggap cocok untuk bayi 6 bulan karena kandungan lemaknya bisa membantu menambah berat badan bayi.

Untuk membuatnya, pastikan Moms memakai ayam fillet agar bayi Moms bisa mudah mencernanya. Pemakaian bumbunya pun jangan terlalu banyak, mengingat bayi 6 bulan belum sepenuhnya bisa mengecap rasa bumbu yang terlalu banyak atau kentara. Menu ini bisa menjadi alternatif buat Moms yang bosan dengan menu MPASI yang itu-itu saja.

6. Coba Bikin Mashed Potato untuk Moms yang Mau Kasih Si Kecil MPASI Bertekstur Puree

Kalau Moms mau kasih Si Kecil MPASI bertekstur puree, Moms bisa bikin menu satu ini. Bahan utamanya memang sama dengan sup krim kentang. Bedanya, kentang pada menu ini mesti Moms kukus dan haluskan bersama bahan-bahan lain. Semisal wortel, keju, serta potongan daging ayam bagian dada.

Selain teksturnya lebih mudah dicerna, menu satu ini juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan gizi Si Kecil . Mulai dari karbohidrat, protein, sampai lemak. Agar teksturnya lebih lembut dan puree, Moms bisa memberikan sedikit air putih atau air kaldu ayam saat nanti hendak menghaluskan bahan-bahannya.

Itulah berbagai tips membuat menu MPASI buat penambah berat badan bayi 6 bulan versi Merries. Semoga bisa menjadi referensi bagi Moms sekalian. Selain fokus menambah berat badan dengan menu MPASI, Moms juga mesti memperhatikan popok yang hendak dikenakan Si Kecil.

Pilihlah popok yang bisa memberi perlindungan dan kenyamanan, serta sesuai usia bayi tersebut. Sebagai saran, Moms bisa coba Merries Skin Protection. Popok ini memiliki lapisan antibakteri dengan kandungan ekstrak natural daun teh , sehingga kulit Si Kecil terlindungi dan sehat terawat. 

Popok ini pun nyaman dipakai karena telah dilengkapi sirkulasi udara baik , permukaannya lembut serta punya ukuran pas layaknya celana dalam. Kalau Moms berminat, langsung saja beli popoknya di sini!