Tips Supaya Si Kecil Mau Tidur Siang

Merries Insight
20 October 2022
Tumbuh Kembang
Share
Tips Supaya Si Kecil Mau Tidur Siang

Tidur siang sangat penting bagi Si Kecil karena memiliki banyak manfaat, mulai dari mengisi kembali energi tubuh Si Kecil sampai menunjang tahap perkembangan bayi jadi lebih baik. Itulah mengapa banyak dokter yang menyarankan supaya Si Kecil bisa tidur siang dengan cukup dan rutin.

Sayangnya, membuat Si Kecil bisa tidur siang dengan cukup dan rutin tidak bisa dilakukan dengan mudah. Moms dan Dads harus melakukan berbagai cara supaya Si Kecil mau tidur siang.

Penyebab Si Kecil Susah Tidur Siang

Saat Si Kecil baru lahir, ia akan membutuhkan waktu beradaptasi pada jadwal tidurnya, baik tidur siang maupun tidur malam. Hal ini menjadi salah satu penyebab Si Kecil susah tidur siang sesuai dengan jadwal yang Moms dan Dads terapkan.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang membuat Si Kecil susah tidur siang, yaitu:

  • Si Kecil masih memiliki banyak energi, sehingga ia merasa belum lelah dan belum siap untuk tidur siang.
  • Kamar Si Kecil terlalu terang, terutama di siang hari.
  • Si Kecil merasa lapar.

Tips Supaya Si kecil Mau Tidur Siang

Supaya Moms dan Dads tidak kewalahan, Merries akan berikan beberapa tips supaya Si Kecil bisa tidur siang, sebagai berikut:

1, Perhatikan Tanda-Tanda Si Kecil Mulai Mengantuk

Biasanya, Si Kecil akan memunculkan tanda-tanda jika ia mulai mengantuk. Moms dan Dads harus memperhatikannya supaya Moms dan Dads lebih mudah membiasakan SI Kecil tidur siang.

Adapun beberapa tanda tersebut adalah menguap, menggosok-gosok, mengerutkan dahi, rewel, dan menggosok-gosok mata. Perhatikan juga kapan tanda-tanda tersebut muncul supaya Moms dan Dads bisa siap-siap menidurkan Si Kecil. Misalnya: jika Si Kecil menunjukkan tanda-tanda mulai mengantuk pada jam 11 siang, Moms dan Dads bisa langsung memindahkannya ke tempat tidur dan mengkondisikan SI Kecil supaya ia tertidur.

2. Pastikan Tempat Tidur Si Kecil Nyaman

Supaya Si Kecil bisa tidur siang dengan nyaman, Moms dan dads harus kondisikan tempat tidurnya senyaman mungkin. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengkondisikan tempat tidur Si Kecil adalah suhunya. Pastikan tempat tidurnya memiliki suhu yang nyaman, yaitu sekitar 20 - 22 derajat celcius. 

Pastikan juga suasana di sekitar tempat tidur tidak bising supaya Si Kecil bisa tidur lebih tenang. Matikan lampu dan tutup jendela saat Si Kecil betul-betul tertidur agar Si Kecil tidak terganggu oleh cahaya lampu dan cahaya matahari yang muncul dari jendela.

3. Buat Jadwal Tidur Siang

Supaya Si Kecil bisa tidur siang teratur, Moms dan Dads harus membuat jadwal tidur siang pada Si Kecil. Dalam jadwal tersebut, Moms dan Dads bisa tentukan pada jam berapa Si Kecil akan tidur siang dan berapa lama durasi tidur siang yang dibutuhkan. Pastikan Si Kecil bisa mengikuti jadwal tidur yang sudah dibuat, bahkan ketika ia sedang bepergian bersama Moms dan Dads. Tidak hanya untuk tidur siang, tips ini juga bisa diterapkan untuk tidur malam.

4. Ajak Si Kecil Beraktivitas

Salah satu penyebab Si Kecil susah tidur siang adalah Si Kecil masih memiliki banyak energi. Moms dan Dads bisa mengatasi hal ini dengan mengajak Si Kecil untuk beraktivitas. Berbicara, bernyanyi, dan bermain adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan. Moms dan Dads bisa melakukan semua aktivitas tersebut beberapa jam sebelum jam tidur siang SI Kecil.

5. Menyusui Si Kecil

Penyebab lainnya Si Kecil susah tidur adalah Si Kecil merasa lapar. Ada beberapa tanda Si kecil sedang lapar, yaitu:

  • Si Kecil sering meletakkan tangannya ke mulut bahkan mengisap jarinya.
  • Si Kecil lebih aktif dari biasanya bahkan cenderung rewel.
  • Saat digendong, Si Kecil akan mencari payudara Moms.

Penyebab ini bisa diatasi dengan memberikan asupan ASI pada Si Kecil. Tips ini bisa membuat Si Kecil kenyang dan bisa tidur siang lebih nyenyak.

Contoh Tabel Kebutuhan Tidur Bayi Berdasarkan Usianya

Setiap bayi memiliki jam tidur yang berbeda-beda sesuai tahap perkembangan bayi yang ia alami. Hal ini berpengaruh terhadap durasi tidur siang yang harus dipenuhi Si Kecil. Misalnya saja pada bayi baru lahir. Di usia tersebut, SI Kecil harus tidur siang dengan durasi waktu maksimal 8 jam. Semakin usianya bertambah, jam tidur siang SI Kecil akan semakin berkurang.

Moms dan Dads harus mengetahuinya supaya bisa memastikan apakah tidur siang SI kecil sudah terpenuhi atau belum. Di bawah ini, ada contoh tabel kebutuhan tidur Si Kecil berdasarkan usianya yang bisa dijadikan acuan untuk Moms dan Dads:



Usia

Tidur Pagi/Siang

Tidur Malam

Total Waktu Tidur

Bayi baru lahir

8 jam (3x tidur)

8 jam 30 menit

16 jam 30 menit

1 bulan

6 - 7 jam (3x tidur)

8 - 9 jam

14 - 16 jam

3 bulan

4 - 5 jam (3x tidur)

10 - 11 jam

14 - 16 jam

6 bulan

3 jam (3x tidur)

11 jam

14 jam

9 bulan

2 jam 30 menit (2x tidur)

11 jam

13 jam 30 menit

12 bulan

2 jam 30 menit (2x tidur)

11 jam

13 jam 30 menit

Itulah informasi soal tips supaya Si Kecil mau tidur siang beserta informasi penting lainnya. Semoga bisa menjadi acuan untuk Moms dan Dads yang sedang belajar mendisiplinkan Si Kecil supaya mau tidur siang secara rutin.

Supaya nanti Si Kecil tidur siang lebih nyenyak, Moms dan Dads harus memakaikan popok yang nyaman untuk Si Kecil. Adapun rekomendasi popok nyaman bagi Si Kecil yaitu Merries Premium Pants. Bagian permukaannya yang lembut bisa membuat Si Kecil nyaman sepanjang hari, bahkan saat ia sedang tidur siang. 

Daya serap popok Merries Premium Pants tinggi sehingga kulit Si Kecil tetap kering. Bagian atas popok Merries Premium Pants sudah dilengkapi karet pinggang dengan elastisitas mencapai 2,5 kali lipat yang membuat popok Merries ini mudah dipakaikan oleh siapa saja. Moms dan Dads bisa langsung memesan popok Merries ini disini!