Tips Menyusui Bayi dengan Ibu Positif Covid-19

Tips Menyusui Bayi dengan Ibu Positif Covid-19

Bagi ibu menyusui yang tengah terkena Covid-19, janganlah lekas panik. Sebab, Moms masih bisa menyusui bayi Moms walau Covid-19 tengah menjangkiti tubuh. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Piprim Basarah Yanuarso.

“Untuk bayi yang lahir dari ibu yang positif Covid-19 baik dengan atau tanpa gejala sedangkan bayinya masih bugar dan aktif, kondisi tersebut tak jadi halangan bagi ibu untuk memberikan ASI,” ujarnya yang dilansir dari Kompas.com.

Ia pun juga berpesan pada para ibu agar tetap tenang selama menyusui bayi dan terus memantau perkembangan mereka. Bila dirasa perlu, para ibu pun bisa berkonsultasi kepada dokter.

“Jangan panik karena kepanikan akan membuat para ibu sulit berpikir jernih. Segera konsultasi ke dokter kalau ada apa-apa, serta terus pantau kondisi yang dialami anak,” ujarnya.

Bila Si Kecil ikut terkena Covid-19, Moms jangan ragu untuk membawanya ke rumah sakit. Sebelum ke rumah sakit, pastikan Si Kecil tidak diberi obat sembarangan. Lebih baik jika nanti pihak dokter saja yang memberikan obat pada anak Moms. Hal tersebut sudah sesuai dengan imbauan Piprim Basarah Yanuarso selaku ketua IDAI.

“Jangan ragu untuk bawa ke rumah sakit, ya. Jangan ditahan-tahan, kasihan anaknya sudah sesak nafas karena Covid-19. Untuk obat, biar dokter yang kasih. Obatnya hanya dikasih untuk anak yang bergejala ringan, berat, atau gejala ringan yang disertai komorbid,” imbau Piprim.

Panduan Menyusui Bayi untuk Ibu Positif Covid-19

Lewat situs resminya, Kementerian Kesehatan (Kemkes) memberikan sejumlah panduan menyusui untuk ibu yang positif Covid-19. Berdasarkan panduan mereka, ibu yang positif Covid-19 masih bisa menyusui dengan mematuhi protokol kesehatan sambil melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) secara aman dan nyaman.

Bagi Moms yang baru melahirkan,bisa menyusui pasca melahirkan lewat rawat gabung. Bila tak kuat menyusui, Moms pun bisa memberi ASI Perah (ASIP) dengan tetap memerhatikan kebersihan alat-alat yang dipakai, serta tempat penyimpanan ASIP-nya.

Bagi Moms yang bisa memberi ASI langsung, wajib mengikuti beberapa panduan di bawah ini:

  • Pastikan Moms untuk selalu memakai masker selama menyusui Si Kecil.
  • Rajinlah mencuci tangan baik sebelum atau setelah menyentuh Si Kecil.
  • Lakukan pembersihan terhadap alat-alat yang dipakai selama menyusui.
  • Khusus untuk Moms yang baru melahirkan, wajib melakukan rawat gabung sambil tetap menyusui.
  • Lakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena bisa membantu tumbuh kembang Si Kecil jadi lebih optimal.
  • Khusus untuk IMD, Moms wajib melakukannya saat kondisi Moms dan Si Kecil sudah stabil. Hal ini juga berlaku saat Moms ingin bersentuhan kulit dengan Si Kecil.

Moms yang hanya bisa memberi ASIP pun juga wajib mengikuti beberapa panduan, dimana panduan-panduan itu adalah:

  • Jika ingin memberikan ASIP ke Si Kecil, pastikan ASIP-nya ditaruh di cangkir bermulut lebar.
  • Sementara itu, simpanlah ASIP di wadah bertutup jika ingin menyimpan ASIP-nya dalam waktu lama.
  • Tetaplah menjaga kebersihan diri dan tempat di sekitar Moms ya, terutama selama memberikan ASIP.

Pada Moms yang menyimpan ASIP, pastikan ASIP berada dalam kondisi prima sebelum nantinya disimpan. Pastikan ASIP disimpan dengan dan benar dengan mengikuti panduan-panduan berikut:

  • Jika Moms hendak memakai ASIP untuk jangka pendek (sekitar 3 sampai 4 jam), ASIP bisa disimpan di suhu ruangan. Sedangkan bila ingin lama (sampai 24 jam), ASIP mesti disimpan dengan memakai ice pack bersuhu 15 derajat celcius.
  • Untuk Moms yang ingin ASIP-nya bertahan selama 3 sampai 4 hari, Moms wajib menyimpannya di lemari pendingin dengan suhu sekitar 4 derajat celcius sampai 5 derajat celcius.
  • Apabila ASIP ingin bertahan sampai 4 bulan, Moms wajib menyimpannya di dalam freezer bersuhu -18 derajat celcius sampai - 20 derajat celcius.

Dengan mengikuti panduan-panduan itu, diharapkan Moms yang positif Covid-19 bisa tetap menyusui Si Kecil. Terlepas apakah Moms akan menyusuinya secara langsung maupun lewat perantara ASI Perah (ASIP).

Selain perkara menyusui, Moms juga wajib memerhatikan popok yang akan dipakai. Pastikan untuk memilih popok yang nyaman dan bersih, sehingga Si Kecil pun bisa merasa nyaman dan bebas dari ruam atau iritasi kulit.

Sebagai rekomendasi, Moms bisa membeli produk Merries Good Skin. Popok ini memiliki lapisan permukaan popok yang lebih lembut hingga 40 persen . Si Kecil pun akan merasa nyaman bila memakainya.

Popok Merries Good Skin yang telah teruji secara klinis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) memiliki sirkulasi udara yang baik dan mampu membuat kulit Si Kecil bisa bebas bernapas. Daya serapnya pun tinggi, dimana popok ini mampu menyerap hingga 5 kali pipis. Merries Good Skin sendiri kini telah tersedia dalam desain menarik, serta dilengkapi karet elastis lembut yang bikin popoknya pas dipakai. Silakan klik di sini bila Moms tertarik untuk membelinya.

Penutup

Bagi Moms yang menyusui namun positif Covid-19, kini tak usah khawatir. Sebab, pihak IDAI telah menjamin kalau Moms bisa tetap menyusui Si Kecil terpapar Covid-19. Yang penting, Moms bisa tetap menyusui dengan tenang, berkonsultasi kepada dokter, serta membawa Si Kecil ke rumah sakit bila Si Kecil juga ikut terpapar.

Moms bisa mengikuti panduan menyusui dari Kemenkes selama terpapar, baik melalui ASIP maupun langsung. Sampai ketemu di artikel berikutnya!