Suami Siaga: Tips, Cara dan Yang Harus Dilakukan

Suami Siaga: Tips, Cara dan Yang Harus Dilakukan

Selama hamil dan melahirkan, bukan hanya Moms saja yang harus mempersiapkan diri. Dads juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar Moms bisa lebih kuat menjalani kehamilan dan persalinan

Adapun cara yang bisa Dads lakukan adalah menjadi suami siaga. Lalu, apa sih suami siaga itu dan apa saja cara yang harus dilakukan selama menjadi suami siaga?

Definisi Suami Siaga

Suami siaga (siap, antar, jaga) adalah suami yang siap menjaga dan mengantar istri semasa kehamilan dan persalinan. Sebagai suami siaga, Dads harus bisa membantu memenuhi kebutuhan Moms dan calon bayi, menjaga kesehatannya, mendampingi dan mengantarnya saat waktu persalinan tiba.

Suami yang siaga selama hamil dan melahirkan bisa memberi dampak positif untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Bagi ibu hamil, kehadiran suami siaga bisa mengurangi stres dan perilaku kesehatan negatif, serta meningkatkan perawatan prenatal. Sedangkan untuk bayi dalam kandungan, kehadiran suami siaga bisa mengurangi risiko kelahiran prematur dan lahir dalam berat badan kurang ideal, mencegah terjadinya hambatan pada tahap perkembangan bayi dalam kandungan, serta mencegah risiko kematian bayi.

Cara Menjadi Suami Siaga

Cara terbaik menjadi suami siaga adalah dengan mempraktikkan singkatan siaga itu sendiri, yaitu siap, antar, dan jaga. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di bawah ini!

Siap

Sebagai suami siaga, Dads harus mempersiapkan diri dengan mempelajari serba-serbi kehamilan dan persalinan. Cara ini dilakukan supaya Dads tidak panik selama menemani Moms menjalani masa kehamilan dan persalinan. Selain itu, Dads juga harus siap mendengarkan keluhan Moms selama hamil dan menjelang persalinan, serta meresponnya dengan baik.

Antar

Selama kehamilan, Moms harus mengecek kondisi bayi dalam kandungan ke dokter. Supaya Moms bisa melakukannya, Dads harus siap mengantar Moms ke dokter. Tidak hanya mengantar, Dads juga harus ikut bertanya dan berdiskusi dengan dokter mengenai kondisi Si kecil selama dalam kandungan.

Saat waktu persalinan tiba, Dads bisa menyiapkan transportasi untuk mengantar Moms ke tempat bersalin. Jika Dads menggunakan mobil pribadi, pastikan bahan bakarnya terisi penuh dan kondisi mobilnya sangat baik.

Jaga

Pastikan Dads selalu menjaga kesehatan Moms selama hamil dengan memperhatikan asupan gizinya. Berikan Moms makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dads juga harus mengkonsumsi makanan tersebut supaya Moms termotivasi untuk menyantapnya.

Saat Moms masuk masa persalinan, Dads harus selalu menjaganya supaya ia kuat menjalani masa tersebut. Ciptakan suasana yang nyaman selama Dads menjaga Moms, baik dengan cara memberikannya minum maupun memegang tangannya.

Tips Menjadi Suami Siaga

Selain mempraktikkan prinsip suami siaga, Dads juga bisa mengikuti tips dari Merries supaya bisa menjadi suami siaga yang baik. Tips tersebut adalah:

Jadilah Suami yang Bisa Dihubungi

Selama Moms berada dalam masa kehamilan, Dads harus bisa dihubungi Moms kapan saja. Untuk melakukannya, pastikan ponsel Dads selalu aktif dan dibawa kemana pun, bahkan saat Dads sedang di luar rumah.

Bersabarlah dalam Menghadapi Mood Swing yang Dialami Moms

Selama hamil, hormon Moms akan mengalami perubahan, dimana hal itu membuat mood-nya mudah berubah. Di satu waktu, ia akan merasa sangat senang, namun beberapa saat kemudian ia tiba-tiba merasa cemas tanpa sebab.

Sebisa mungkin, Dads harus bisa bersabar menghadapi kondisi tersebut. Jangan memberikan respon negatif saat mood Moms berubah-ubah, apalagi sampai memarahinya. Dads bisa memberitahukan Moms jika perubahan mood tersebut sangat wajar dan yakinkan Moms jika Dads akan selalu menemaninya.

Ambil Alih Pekerjaan Rumah Moms

Mengandung adalah hal yang berat, apalagi saat masuk ke trimester kedua. Dengan perut yang semakin membesar dan ruang gerak yang semakin terbatas membuat Moms kesulitan mengerjakan setiap pekerjaan rumah. Untuk itulah, Dads bisa mengambil alih pekerjaan rumah Moms selama ia menjalani masa-masa tersebut.

Dads bisa mulai mengerjakan pekerjaan yang ringan terlebih dulu, seperti mencuci piring, menyetrika, sampai memasak. Untuk pekerjaan yang lebih berat, Dads juga bisa mengerjakannya sendiri jika memungkinkan atau bisa juga meminta bantuan Asisten Rumah Tangga (ART).

Siapkan Semua Keperluan

Menjelang melahirkan, Dads tidak hanya harus menyiapkan kendaraan yang bisa mengantarkan Moms ke tempat bersalin. Ada hal-hal lain yang juga harus disiapkan, yaitu:

  • Keperluan untuk Moms dan Dads selama di tempat bersalin, seperti pakaian ganti dan peralatan mandi.
  • Keperluan Si Kecil seperti pakaian, popok, kain bedong, dan perlengkapan mandi.
  • Semua urusan administrasi di tempat bersalin.
  • Asisten Rumah Tangga atau kerabat terdekat yang Dads delegasikan untuk mengurus rumah selama Moms dan Dads ada di tempat bersalin.
  • Memberitahukan Hari Perkiraan Lahir (HPL) kepada kerabat dan tetangga, supaya mereka tahu kapan harus datang ke tempat bersalin untuk menjenguk atau memberi bantuan.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Menjadi Ayah Baru

Selain menjadi suami siaga, Dads juga harus menyiapkan diri menjadi ayah baru saat Si Kecil lahir. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan saat Dads menjadi ayah baru:

  • Melakukan pijat laktasi pada Moms saat melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Cara ini bisa membantu Moms mengeluarkan ASI dengan lancar.
  • Menggendong Si Kecil dan berinteraksi dengan Si Kecil, baik dengan membelainya maupun mengajaknya berbicara.
  • Selalu menemani Moms dan Si Kecil, baik selama Si Kecil menyusui maupun selama Moms dalam masa nifas.
  • Menikmati proses menjadi ayah baru, serta selalu mencari informasi soal cara menjadi ayah baru.

Selain empat cara di atas, Dads juga harus selalu memperhatikan tahap perkembangan bayi dan mempersiapkan semua kebutuhannya, termasuk popok bayi. Untuk urusan popok, Dads bisa membeli popok Merries Premium Tape New Born . Tiga lapisan udara dalam popok Merries ini bisa membuat Si Kecil merasa sejuk dan nyaman sepanjang waktu.

Permukaannya yang bergelombang membuat cairan dan kotoran lunak terserap dengan sempurna. Popok Merries ini juga dilengkapi perekat yang bisa dilepas pasang, sehingga bisa dipakaikan dengan mudah oleh Dads yang baru pertama kali memakaikan popok. Popok Merries Premium Tape New Born bisa Dads pesan langsung disini!