Mengenal Baby Spa dan Manfaatnya untuk Si Kecil

Mengenal Baby Spa dan Manfaatnya untuk Si Kecil

Baby spa (spa bayi) adalah salah satu perawatan bayi yang sedang tren akhir-akhir ini. Perawatan ini dipercaya bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Si Kecil. Untuk bisa mendapatkan perawatan ini, Si Kecil harus berada di usia tertentu.

Kalau Moms tertarik membawa Si Kecil untuk menjalani baby spa, Moms bisa baca artikel ini dulu. Disini, Merries akan mengajak Moms memperkenalkan apa itu baby spa dan manfaatnya untuk Si Kecil lewat uraian yang ada di bawah ini!

Apa Itu Baby Spa?

Baby Spa adalah perawatan pada bayi yang menggabungkan metode spa dan pijat. Dalam praktiknya, baby spa akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan dengan mengajak Si Kecil berenang atau berendam dalam kolam khusus. Sedangkan tahap kedua dilakukan dengan memijat bayi selama beberapa menit lewat tangan seorang terapis. 

Kedua tahap itu akan Merries jelaskan secara rinci di subjudul lainnya. Perawatan ini sendiri bisa Moms temukan di berbagai tempat khusus baby spa yang ada di kota tempat Moms tinggal.

Tahapan dalam Baby Spa

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalau baby spa akan dijalankan dalam dua tahap. Untuk detail kedua tahapnya bisa disimak di bawah ini:

Tahap #1

Pada sesi pertama, Si Kecil akan dibiarkan berendam atau berenang di dalam kolam khusus. Kolamnya sendiri tergolong dangkal sehingga Si Kecil tidak akan tenggelam. Pihak baby spa juga akan menyediakan ban renang yang bisa digunakan Si Kecil agar bisa berenang dengan mudah. Jika Si kecil baru pertama kali berendam atau berenang, ia akan dibantu oleh para terapis untuk melakukan penyesuaian.

Tahap #2

Setelah berendam atau berenang di kolam, Si Kecil akan menjalani tahap selanjutnya, yaitu sesi pijat. Proses pijat sendiri akan dilakukan oleh terapis andal, serta akan mulai dilakukan jika SI Kecil sudah terlihat tenang. Beberapa bagian tubuh akan dipijat secara lembut dengan menggunakan minyak khusus pijat. Proses pemijatan akan dijalani selama 10 sampai 30 menit.

Tak hanya oleh terapis, proses pemijatan di baby spa bisa Moms lakukan di rumah. Moms bisa mempraktikkannya di beberapa bagian tubuh Si Kecil, yaitu:

Wajah

Untuk memijat bagian tubuh ini, Moms harus melakukan langkah-langkah berikut:

  • Baringkan Si Kecil di di kasur, lalu mulailah pijat bagian telinga dengan telunjuk dan ibu jari.
  • Pijat bagian wajah bayi dengan pola bentuk hati mulai dari dahi sampai dagu.
  • Letakkan ibu jari Moms di atas alis bagian dalam, lalu pijat bagian tersebut hingga ke arah luar dari hidung ke pipi.
  • Lakukan pijatan pada rahang bayi dengan menggunakan ujung jari. Pastikan pijatannya dilakukan dengan pelan agar SI Kecil tidak kesakitan.

Perut

Untuk bagian tubuh ini, Moms hanya perlu melakukan dua langkah pijatan, yaitu:

  • Pijatlah bagian perut dengan ujung jari secara perlahan.
  • Pijat bagian perutnya dengan gerakan melingkar yang searah jarum jam.

Punggung

Setelah wajah dan perut, Moms bisa memijat bagian punggung Si Kecil. Adapun caranya adalah:

  • Arahkan tubuh Si Kecil ke posisi tengkurap, letakkan kedua tangannya di atas atau di samping kepala.
  • Letakkan tangan Moms di bagian punggung Si Kecil, lalu gerakkan tangan Moms dari leher ke bokong Si Kecil secara perlahan.
  • Pijatlah bagian bahu dan bokong Si Kecil dengan gerakan melingkar secara perlahan.

Kaki

Ini adalah bagian tubuh terakhir yang bisa Moms pijat. Adapun langkah-langkah untuk memijatnya adalah:

  • Mulailah memijat bagian pergelangan kakinya dengan gerakan memutar secara perlahan.
  • Kalau sudah, pijatlah dari bagian tumit hingga telapak kaki dengan menggunakan ibu jari.
  • Tekuk kakinya ke arah pinggul, lalu gerakkanlah kakinya seolah-olah sedang mengayuh sepeda.
  • Eluslah dengan lembut semua bagian kaki Si Kecil.

Manfaat Baby Spa

Banyak manfaat yang bisa didapatkan Si Kecil jika mendapatkan perawatan baby spa. Menurut sebuah penelitian, baby spa bisa membuat tidur Si Kecil lebih nyenyak dan lama. Selain membuat tidur lebih nyenyak, baby spa juga punya beberapa manfaat lain, yaitu:

  • Membantu Si Kecil merasa lebih tenang dan rileks.
  • Merangsang produksi hormon yang berfungsi untuk mengatur tingkat stres pada tubuh bayi.
  • Melatih gerak otot bayi.
  • Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh bayi.

Kapan Si Kecil Bisa Mendapatkan Perawatan Baby Spa?

Si Kecil baru bisa mendapatkan perawatan baby spa saat usianya sudah mencukupi. Menurut sebuah jurnal penelitian, usia yang cocok untuk melakukan baby spa adalah 3-6 bulan. Di rentang usia itu, Si Kecil memiliki kekuatan leher dan punggung yang baik, sehingga bisa menopang tubuhnya selama berendam.

Jika Moms ragu, Moms bisa konsultasikan ke dokter kapan sebaiknya Si Kecil bisa melakukan baby spa. Nantinya, dokter akan memberikan keputusan berdasarkan kemampuan dan perkembangan tubuh Si Kecil.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Baby Spa

Sebelum melakukan baby spa, Si Kecil harus melakukan berbagai macam persiapan agar ia bisa mengikuti baby spa dengan baik. Adapun persiapan itu adalah:

  • Lakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat baby spa yang recommended. Ada beberapa indikator yang bisa digunakan saat memilih tempat baby spa, yaitu: metode penyaringan pada air kolamnya, minyak pijat yang dipakai, serta bahan kimia yang digunakan pada air kolamnya.
  • Pastikan Si Kecil sudah mendapatkan asupan makanan yang cukup, serta tidak dalam keadaan mengantuk.
  • Pastikan Si Kecil sedang tidak menderita ruam popok. Sebab, baby spa bukanlah perawatan yang cocok dijadikan sebagai cara mengatasi ruam popok.
  • Pastikan tempat spa yang dipilih sudah menerapkan protokol kesehatan, seperti pemberlakuan physical distancing, penyemprotan disinfektan, dsb. 

Demikianlah pengertian baby spa dan manfaatnya untuk Si Kecil beserta informasi penting lainnya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Moms yang tertarik untuk melakukan perawatan bayi yang tengah tren itu.

Kalau nanti ingin melakukan baby spa, pastikan agar Si Kecil selalu memakai popok yang nyaman. Dengan begitu, Si Kecil pun tidak akan rewel selama menjalani perawatan tersebut, baik sebelum atau setelah menjalaninya. Salah satu popok yang nyaman dipakai Si Kecil adalah Merries Skin Protection.

Popok Merries ini punya lapisan bersirkulasi udara yang baik, sehingga kulit Si Kecil bisa bebas bernapas dan membuat popoknya nyaman dipakai sepanjang hari. Popok Merries ini juga cocok untuk Moms yang sedang melakukan cara mengatasi ruam popok. Sebab, bagian permukaannya dilengkapi perlindungan higienis dengan lapisan antibakteri yang mengandung ekstrak daun teh yang dapat mencegah kulit Si Kecil dari ruam popok dan iritasi. Popok ini bisa Moms dapatkan dengan cara memesannya di sini.