Manfaat pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Manfaat pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Menyusui bayi dengan memberi ASI eksklusif merupakan hal penting yang mesti diberikan kepada bayi berusia 0-6 bulan. ASI Eksklusif bisa membantu perkembangan Si Kecil, serta sebagai sumber pemenuhan gizi yang ia butuhkan.

Tak hanya bagi Si Kecil, menyusui bayi rupanya juga bermanfaat bagi kesehatan ibu menyusui, baik secara fisik maupun psikis. Dengan begitu, Moms tak usah ragu lagi untuk memberikan ASI eksklusif ke Si Kecil.

Di artikel ini, Merries akan sebutkan apa saja manfaat pemberian ASI eksklusif bagi ibu dan bayi.yang bisa Moms baca di bawah ini!

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bayi

ASI merupakan makanan utama Si Kecil yang kaya akan nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Itulah mengapa ASI dianggap memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, khususnya bayi berusia 0 sampai 6 bulan. Karena mampu memenuhi kebutuhan nutrisi, Moms pun jadi tak perlu memberi asupan lain ke Si Kecil. ASI Eksklusif pun juga bisa memenuhi setengah kebutuhan nutrisi bayi berusia 6 sampai 12 bulan. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Selain kaya nutrisi, ASI juga memiliki sel darah putih, antibodi, serta immunoglobulin A (IgA). Khusus untuk yang terakhir, zat tersebut bisa ditemukan pada cairan pertama ASI atau yang akrab disebut kolostrum.

Immunoglobulin sendiri bisa memberikan imunitas pasif pada Si Kecil yang bisa melindungi bayi dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Zat tersebut juga bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh Si Kecil, serta memicu terbentuknya lapisan pelindung pada tenggorokan dan hidung.

Sementara itu, sel darah putih pada ASI bermanfaat untuk mengatasi kuman-kuman pemicu penyakit pada tubuh bayi. Adapun antibodi adalah zat yang mampu menjadi pelindung bayi terhadap patogen yang memicu berbagai macam penyakit.

3. Meningkatkan Kecerdasan Si Kecil

ASI pun bisa meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Hal ini senada dengan hasil penelitian Journal of Korean Medical Science. Di penelitian itu, disebutkan kalau bayi yang mendapat asupan ASI memiliki otak yang lebih cerdas dibanding bayi yang tidak mendapatkan ASI.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun punya pendapat yang kurang lebih sama. Menurut mereka, pemberian ASI eksklusif bisa meningkatkan kecerdasan bayi, baik intelektual maupun emosional. Pasalnya, ASI memiliki nutrisi yang menunjang pertumbuhan otak dan kecerdasan intelektual Si Kecil. Selain itu, pemberian ASI eksklusif pada Si Kecil juga mampu membangun chemistry antara ibu dan Si Kecil yang menunjang perkembangan emosionalnya.

4. Mencegah Obesitas

Alih-alih memicu obesitas, memberikan ASI eksklusif justru mencegah hal tersebut. Pasalnya, ASI bisa meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus bayi yang mampu menyimpan lemak dengan baik.

ASI juga memicu munculnya hormon leptin di tubuh Si Kecil. Hormon tersebut berfungsi sebagai pengatur nafsu makan Si Kecil sekaligus tempat menyimpan lemak. Si Kecil pun jadi tidak mudah lapar, sehingga terhindar dari obesitas.

ASI pun dapat membuat Si Kecil mengontrol asupan kalori di tubuhnya. Hal itu sesuai dengan hasil penelitian yang dirilis di situs IDAI. Pada penelitian itu, bayi yang rutin mendapatkan ASI selama 6 bulan memiliki kemampuan mengatur nutrisi dan kalori dalam tubuh, sehingga bobot tubuhnya lebih ringan dibanding bayi yang tidak mendapatkan ASI.

5. Mencegah berbagai Macam Penyakit Pencernaan

Selain mencegah obesitas, pemberian ASI eksklusif juga bisa menyelamatkan Si Kecil dari berbagai macam penyakit. Khususnya penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Pasalnya, ASI bisa memicu berbagai zat yang melindungi organ pencernaan.

Saat ASI masuk ke tubuh bayi, ASI di dalamnya akan diserap ke dalam organ pencernaan. Di sana, ASI akan memicu terbentuknya suasana asam. Dari suasana asam itu, muncullah immunoglobulin dan lapisan pelindung yang memperkuat sistem pencernaan.

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu

1. Mempercepat Pemulihan Rahim

Ibu yang baru melahirkan akan mengalami proses pemulihan rahim yang dikenal dengan sebutan involusi. Proses tersebut bisa berjalan dengan cepat bila tubuh ibu yang melahirkan punya hormon oksitosin yang banyak.

Untuk bisa menghasilkan hormon itu, ibu yang baru melahirkan bisa melakukan proses pemberian ASI eksklusif. Proses ini dipercaya mampu menambah kadar oksitosin dalam tubuh yang nantinya bisa mempercepat proses pemulihan rahim.

2. Menurunkan Risiko Terkena Sindrom Metabolik

Pemberian ASI eksklusif pun bisa membantu menurunkan terkena sindrom metabolik. Bagi yang belum tahu, sindrom metabolik merupakan salah pemicu munculnya berbagai penyakit pada ibu menyusui, seperti jantung, diabetes, dan stroke.

3. Menurunkan Risiko Trauma Pasca Melahirkan

Ibu menyusui yang baru melahirkan biasanya rentan mengalami trauma pasca melahirkan, seperti baby blues dan depresi postpartum. Untuk mengatasi hal itu, Moms bisa memberikan Si Kecil ASI eksklusif.

Menyusui Si Kecil bisa membuat tubuh Moms menghasilkan hormon prolaktin dan oksitosin sekaligus. Hormon prolaktin mampu membuat tubuh menjadi rileks, serta mencegah sel telur mengalami ovulasi.

Sementara itu, oksitosin bisa memicu merekatkan hubungan antara ibu dan anak. Bila kedua hormon itu dilepaskan sekaligus, tubuh ibu menyusui akan merasa lebih santai, sehingga bisa menurunkan berbagai macam trauma pasca melahirkan.

Itulah berbagai manfaat pemberian ASI eksklusif bagi ibu dan bayi. Semoga bisa memotivasi Moms untuk tetap konsisten memberikan ASI eksklusif ke SI Kecil.Jika menemukan kendala selama menyusui, segera konsultasikan ke dokter.

Selama masa menyusui, Moms jangan sampai melupakan kebutuhan-kebutuhan Si Kecil lainnya. Salah satunya adalah popok. Untuk urusan ini, Moms bisa mengandalkan Merries Premium Pants. Popok Merries mempunyai lapisan bersirkulasi udara yang membuat kulit Si Kecil bebas bernapas dan sehingga terhindar dari lembab yang dapat menyebabkan iritasi.

Ukuran popoknya pun pas dan karet pinggangnya dapat diregangkan hingga 2,5 kali. Permukaan popok dan karet pinggangnya pun lembut sehingga nyaman serta tidak menimbulkan kemerahan pada kulit Si Kecil. Untuk memesan popoknya, silakan klik langsung link berikut ini.