Manfaat dan Cara Menyusui Si Kecil di Malam Hari

Merries Insight
31 October 2022
Tumbuh Kembang
Share
Manfaat dan Cara Menyusui Si Kecil di Malam Hari

Menyusui bayi adalah salah satu tugas penting untuk Moms yang baru memiliki Si Kecil. Selain sebagai sarana memberikan asupan ASI, menyusui juga bisa membantu mempererat ikatan emosional antara Moms dan Si Kecil.

Banyak tantangan yang akan Moms hadapi saat menyusui bayi, apalagi jika Moms melakukannya di malam hari. Walau begitu, menyusui Si Kecil di malam hari harus dilakukan karena memiliki banyak manfaat di dalamnya. Apa saja kira-kira?

Manfaat Menyusui Si Kecil di Malam Hari

Menyusui bayi di malam hari rupanya memiliki manfaat, baik bagi Si Kecil maupun Moms. Manfaat-manfaat tersebut adalah:

1. Membantu Produksi Hormon Serotonin Pada Tubuh Si Kecil

ASI di malam hari mengandung lebih banyak asam amino esensial bernama triptofan. Asam amino tersebut bisa membantu produksi hormon serotonin pada tubuh Si Kecil yang bisa membuat kualitas tidur dan mood Si Kecil jadi lebih baik.

2. Kebutuhan ASI Si Kecil Lebih Cepat Terpenuhi

Saat menyusui di malam hari, Moms akan mengeluarkan hormon prolaktin yang membantu menghasilkan ASI yang lebih banyak dibanding siang hari. Banyak ASI yang dihasilkan di malam hari membuat kebutuhan ASI Si Kecil lebih cepat terpenuhi.

3. Si Kecil Bisa Tidur di Malam Hari dengan Lebih Baik

Menurut Spain Foundation for Science and Technology, ASI pada siang hari berbeda dengan ASI malam hari karena komponen di dalam ASI-nya berubah. Perbedaan tersebut membuat ASI malam hari bisa membantu Si Kecil lebih rileks dan tidur di malam hari dengan lebih baik.

4. Membantu Moms Tidur Lebih Lama Tidur Dibanding Memberikan Susu Formula

Menurut penelitian National Center of Biotechnology Information (NCBI), ibu yang menyusui secara eksklusif bisa tidur selama 40-45 menit lebih lama di malam hari dibanding ibu yang memberikan susu formula. Walaupun tidak terlalu lama, durasi tidur tersebut tentu sangat berarti bagi ibu menyusui.

Sementara itu, penelitian dari La Leche mengungkapkan bahwa ASI di malam hari bisa mengeluarkan hormon yang membuat Moms tidur lebih nyenyak. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa Moms yang menyusui di malam hari dengan posisi tidur bersama Si Kecil (breast sleeping/co-sleeping) juga bisa membantu Moms tidur lebih nyenyak.

Kapan Si Kecil Berhenti Menyusui di Malam Hari?

Menurut bidan dan perawat kesehatan anak Jane Barry, akan ada saatnya Si Kecil berhenti menyusui di malam hari, yaitu saat ia memasuki usia 6 bulan. Walau begitu, masih ada beberapa bayi yang menyusui di malam hari walau usianya sudah menginjak 6 bulan. 

Bayi enam bulan biasanya menyusui di malam hari bukan karena lapar, tapi karena kebiasaan. Ia masih menyukai sensasi menyusui di malam hari yang bisa membuatnya tidur di malam hari. Jika hal ini tidak menjadi masalah bagi Moms, maka tidak ada salahnya dilanjutkan.

Sementara itu, dr. Nadia Nurotul Fuadah menyatakan bahwa Si Kecil akan terbiasa tidur lelap tanpa menyusui di malam hari saat Si Kecil berusia 12-24 bulan.

Aturan Menyusui Si Kecil di Malam Hari

Dalam menyusui Si kecil di malam hari, Moms harus melakukannya dengan aturan yang jelas. Cara ini dilakukan supaya Si Kecil terbiasa menyusui di waktu malam, serta membantunya mengenali perbedaan waktu antara siang dan malam. 

Di bawah ini adalah aturan-aturan menyusui Si Kecil di malam hari yang bisa diterapkan:

1. Gunakan Lampu Kamar yang Redup

Saat menyusui Si Kecil di tempat tidur, Moms bisa gunakan lampu kamar yang redup. Aturan ini bisa membantu Si Kecil menyadari jika ia sedang menyusui di waktu malam.

2. Jangan Mengajak Si Kecil Berbicara

Selama menyusui, Moms jangan mengajak Si Kecil berbicara karena akan membuatnya terbangun. Kalaupun ia terlihat gelisah, Moms bisa menenangkannya dengan cara mengusap-usap dahi atau tubuh Si Kecil.

3. Usahakan Supaya Si Kecil Sendawa

Seperti saat menyusui di siang hari, Moms juga harus bisa membuat Si Kecil sendawa setelah menyusui di malam hari. Aturan ini bisa membantu mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam perut. Salah satu cara membuat Si Kecil sendawa adalah membaringkannya dalam posisi tengkurap di pangkuan Moms. Saat tengkurap, posisikan kepalanya sedikit lebih tinggi dibanding tubuhnya. Usap bagian punggungnya dengan lembut sampai ia sendawa.

4. Pastikan Si Kecil Selalu Tidur di Dekat Moms

Jika menyusui di tempat tidur, Moms harus pastikan Si Kecil selalu tidur di dekat Moms supaya Moms lebih mudah menyusui Si Kecil. Menurut WHO, sebaiknya Moms dan Si Kecil tidur di kamar yang sama pada 6 bulan pertama usia Si kecil.

5. Jangan Menyusui Si Kecil Jika Ia Tidak Lapar

Ada kalanya Si Kecil masih merasa kenyang sehingga ia tidak ingin menyusui di malam hari. Salah satu cirinya adalah ia terlihat lebih tenang dan tidak merengek minta disusui. Jangan paksa Si Kecil menyusui jika ia betul-betul masih merasa kenyang. 

6. Persiapkan Kebutuhan Moms dan Si Kecil

Ada beberapa kebutuhan yang harus Moms persiapkan sebelum menyusui Si Kecil di malam hari, yaitu air minum dan makanan untuk Moms dan popok untuk Si Kecil. Pastikan semua kebutuhan tersebut disiapkan beberapa saat sebelum Moms menyusui Si Kecil.

Khusus untuk popok, pilihlah popok yang nyaman dan cocok untuk kulit Si Kecil. Salah satu contoh popok tersebut adalah Merries Premium Tape New Born. Tiga lapisan bersirkulasi udara pada popok Merries ini bisa membuat Si Kecil nyaman sepanjang hari, bahkan saat ia sedang menyusui di malam hari.

Permukaannya yang bergelombang mampu menyerap kotoran lunak dan cairan pipis dengan lebih mudah. Bagian permukaannya begitu lembut, sehingga cocok untuk kulit Si Kecil. Bagian atas popok Merries ini dilengkapi perekat yang bisa dipasang dan dilepaskan dengan mudah, sehingga siapa pun bisa memakaikan popok Merries ini. Untuk mengetahuinya, Moms bisa langsung klik link berikut ini!