Ketahui Berat Badan Ideal Bayi Sesuai Umur

Ketahui Berat Badan Ideal Bayi Sesuai Umur

Masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengetahui berat badan ideal bayi. Padahal, mengetahui hal ini bisa membantu Moms apakah berat badan Si Kecil termasuk normal, lebih, atau bahkan kurang.

Mengetahui berat badan ideal bayi sendiri bisa dilakukan dengan cara menimbang bayi tiap bulan. Habis itu, catat hasil timbangannya lewat buku KIA. Bila sudah, Moms bisa lihat tabel pertambahan berat badan pada bayi untuk mengetahui apakah berat badannya tergolong ideal atau tidak. Bayi dengan berat badan ideal biasanya punya angka kenaikan badan yang baik setiap bulannya.

Kalau belum tahu seperti apa tabelnya, Merries akan share tabel berat badan ideal yang ada di bawah ini!

Tabel Pertambahan Berat Badan Ideal Pada Bayi Beserta Perhitungannya

Mengetahui tabel pertambahan berat ideal pada bayi sangat penting, supaya Moms bisa seperti apa perkembangan berat badan Si Kecil, serta bisa memastikan apakah beratnya ideal atau tidak. Berikut ini adalah tabel pertambahan berat badan berdasarkan Kartu Menuju Sehat (KMS):

Usia Pertambahan Berat Badan Minimal
1 bulan 800 gram
2 bulan 900 gram
3 bulan 800 gram
4 bulan 600 gram
5 bulan 500 gram
6 bulan 400 gram
7-17 bulan 300 gram
18-24 bulan 200 gram

*Sumber: https://www.alodokter.com/jangan-cemaskan-berat-badan-bayi-normal-semua-ada-patokannya

Untuk mengetahui apakah kenaikan tergolong normal atau tidak, Moms bisa melakukan perhitungan. Caranya, timbanglah bayi saat usianya masuk 1 bulan. Setelah itu, jumlahkan berat badannya saat lahir dengan angka pertambahan berat badan untuk bayi dalam satu bulan.

Misal: jika Si Kecil berat badannya 4 kg alias 4.000 gram saat pertama kali lahir, maka jumlahkan angka tersebut dengan angka 800 gram saat ia ditimbang di usia 1 bulan.

Kalau sudah, coba cek di bulan-bulan selanjutnya, apakah berat badannya mengalami kenaikan atau tidak. Bila ya, maka kenaikan berat badannya kurang lebih akan seperti tabel di bawah ini:

Berat Lahir = 4 kg (4.000 gram)
Usia Berat Badan Bayi Normal
1 bulan 4.800 gram (4.000 gram + 800 gram)
2 bulan 5.700 gram (4.800 gram + 900 gram)
3 bulan 6.500 gram (5.700 gram + 800 gram)

Kalau grafik justru stagnan atau bahkan terus menurun lebih dari dua kali, maka Si Kecil harus ditangani secara medis. Nantinya, pihak medis akan memberikan beberapa langkah supaya grafik kenaikan berat badan Si Kecil bisa kembali naik.

Bayi yang grafik pertumbuhan yang cenderung stagnan atau terus menurun biasanya dianggap sebagai bayi yang gagal tumbuh atau punya masalah pertumbuhan. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari gangguan hormon, masalah pencernaan, sampai mengidap kelainan bawaan dari orangtua mereka.

Tips Menaikkan Berat Badan Si Kecil

Agar Si Kecil berat badannya isa terus naik, Moms bisa melakukan langkah-langkah menaikkan berat badan sedini mungkin. Agar Moms bisa melakukannya dengan baik, Merries akan membantu Moms dengan memberikan sejumlah tips yang bisa disimak sebagai berikut:

  • Pastikan Si Kecil selalu Moms susui, terutama sebelum Si Kecil merasa lelah dan mengantuk. Sebisa mungkin proses menyusui Moms tidak stres dan melakukannya di tempat yang tenang agar Moms bisa memproduksi ASI secara optimal. Dengan begitu, Si Kecil pun bisa mendapatkan asupan ASI dalam jumlah banyak.
  • Sebelum disusui, cek dulu kondisi Si Kecil, apakah ia mengalami tongue-tie atau tidak. Bila tidak, Moms bisa melanjutkan proses menyusui. Kalau ternyata iya, Moms bisa langsung berkonsultasi kepada dokter untuk menangani masalah tersebut.
  • Perhatikan pula daya hisap Si Kecil selama menyusui, apalagi jika sebelumnya Si Kecil terlalu sering memakai dot. Bayi yang terbiasa pakai dot biasanya akan sedikit kebingungan saat pertama kali diberi ASI, sehingga membuat daya serapnya agak kurang. Untuk mengatasinya, Moms bisa melakukan langkah pelekatan puting ke mulut bayi dengan cara yang benar.
  • Kalau Si Kecil sudah bisa diberi MPASI (biasanya saat Si Kecil sudah menginjak 6 bulan), berikanlah menu MPASI yang bukan hanya kaya kalori, tapi harus dengan gizi seimbang, seperti alpukat, telur, daging, dan kentang.
  • Rajin memeriksa berat badan Si Kecil dengan menimbangnya tiap bulan. Moms bisa melakukannya di rumah, Posyandu, Puskesmas. Khusus di Posyandu atau Puskesmas, Moms bisa menimbang berat badan Si Kecil sambil berkonsultasi dengan ahli kesehatan di sana.
  • Rutin memeriksakan Si Kecil ke dokter anak untuk memastikan apakah ia punya masalah pertumbuhan atau tidak. Kalau punya, dokter akan memberikan penanganan khusus pada Si Kecil guna mengatasinya.

Selain melakukan langkah menaikan berat badan, Moms juga mesti memerhatikan popok Si Kecil. Sebab, popok bisa membantu Si Kecil tetap nyaman selama menyusui dan melakukan aktivitas lainnya sepanjang hari. Sebagai saran, Moms bisa coba popok Merries Premium Pants

Produk popok ini memiliki sirkulasi udara yang ada di permukaan luar serta bagian pinggangnya. Adanya sirkulasi udara itu membuat kulit Si Kecil terbebas dari lembab. Selain memiliki sirkulasi udara, bagian pinggang popoknya juga pas di pinggang Si Kecil serta bisa diregangkan, sehingga Si Kecil pun nyaman memakainya. Selain itu keunggulan popok Merries Premium Pants adalah memiliki roll up tape dan alarm penanda pipis.

Merries Premium Pants kini tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan berat badan Si Kecil, mulai dari S, M, L sampai XXL. Untuk memesannya, Moms bisa kunjungi laman berikut ini.