Kegiatan Sebelum Tidur untuk Si Kecil

Kegiatan Sebelum Tidur untuk Si Kecil

Melakukan kegiatan sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur Si Kecil. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian dari Sleep Foundation yang menyatakan bahwa kegiatan tersebut bisa membuat Si Kecil tidur lebih awal dan lebih pulas, serta lebih jarang mengalami bayi rewel malam hari.

Berikut ini, ada beberapa kegiatan sebelum tidur untuk Si Kecil yang bisa diterapkan serta manfaatnya!

1. Membangun Suasana Tempat Tidur yang Baik

Sebelum tidur, Moms bisa membangun suasana tempat tidur Si Kecil agar ia bisa tidur cepat, serta memiliki kualitas tidur yang baik. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membangun suasana tempat tidur adalah:

  • Menjaga tempat tidur tetap sejuk dan tenang.
  • Mematikan lampu kamar dan alat elektronik yang bisa mengganggu ketenangan Si Kecil.

2. Membacakan Dongeng

Membacakan dongeng bisa membangun imajinasi Si Kecil, serta membantu proses transisi dari bergerak aktif ke tidur. Untuk dongeng, Moms bisa membacakan dongeng dari buku cerita atau lewat dongeng hasil karangan Moms sendiri.

3. Mengajaknya Berbicara

Selain membacakan dongeng, Moms juga bisa mengajaknya berbicara sebelum tidur. Caranya, Moms bisa bertanya soal apa saja aktivitas yang sudah ia lakukan seharian atau apa saja benda-benda yang ia sukai. Cara ini bisa membantu transisi Si Kecil, serta membantu Si Kecil berbicara.

4. Menulis dan Menggambar

Lewat menulis dan menggambar, otak Si Kecil akan bekerja lebih aktif dan pelan-pelan akan membuat Si Kecil mengantuk. Cara ini juga bisa menjadi ajang mengasah kreativitas dan imajinasi Si Kecil. Bebaskan Si Kecil menulis dan menggambar apa pun sesuai kemampuannya. Moms hanya perlu menyediakan alat tulis dan gambar, serta menemaninya.

5. Mengajaknya Bermain dengan Boneka

Menurut Huffington Post, mengajak Si Kecil bermain dengan boneka sebelum tidur bisa membuat tidurnya lebih lelap, serta mengurangi rasa takutnya. Gunakan boneka yang Si kecil sukai supaya ia mau melakukan kegiatan ini.

6. Memberikan Pijatan Lembut Pada Tangan dan Kaki Si Kecil

Pijatan lembut pada tangan dan kaki Si Kecil bisa membuat Si Kecil tenang dan nyaman, sehingga ia lebih mudah mengantuk dan tidur. Moms bisa melakukan cara ini sambil bersenandung atau mengajaknya berbicara.

7. Memberikan Asupan ASI dan MPASI

Salah satu penyebab bayi rewel malam hari dan sulit tidur malam adalah perut Si Kecil yang kelaparan. Untuk itulah Moms harus mengisi perutnya sebelum ia tidur, baik dengan ASI maupun MPASI. Khusus MPASI, pilihlah MPASI yang mengandung karbohidrat dan protein. Karbohidrat bisa memicu kantuk pada Si Kecil, sedangkan protein bisa membantu menjaga kadar gula darah Si Kecil sampai pagi hari.

8. Membersihkan Bagian Tubuh Si Kecil

Kegiatan terakhir yang bisa dilakukan sebelum Si Kecil tidur adalah membersihkan bagian tubuhnya. Wajah, tangan, dan gigi adalah beberapa bagian tubuh yang harus dibersihkan. Selain membuat tubuh Si Kecil jadi lebih bersih, kegiatan ini juga bisa menjadi kebiasaan baik yang bisa dibawa Si Kecil saat usianya mulai dewasa. Setelah tubuhnya bersih, Moms bisa memakaikan baju tidur yang nyaman dan bersih.

Sebelum tidur, pastikan Si Kecil bebas dari layar ponsel, tablet, PC, dan televisi. Menurut Sleep Foundation, benda-benda tersebut memiliki sinar biru yang menghambat produksi melatonin yang penting bagi tubuh bayi. Melatonin sendiri adalah hormon yang bisa membuat Si Kecil mengantuk dan tidur.

Tips Melakukan Kegiatan Sebelum Tidur untuk Si Kecil

Melakukan kegiatan sebelum tidur untuk Si Kecil harus dilakukan sebaik mungkin agar Si Kecil bisa tidur lebih nyenyak. Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya Moms bisa sukses melakukan kegiatan sebelum tidur untuk Si Kecil:

  • Ketahui kapan SI Kecil tidur di malam hari. Hal ini dilakukan agar Moms tahu kapan harus melakukan kegiatan sebelum tidur. Misalnya: jika Si Kecil biasa tidur jam 8 malam, Moms bisa mengajak Si Kecil melakukan kegiatan sebelum tidur satu jam sebelum waktu tidurnya.
  • Sesuaikan kegiatan sebelum tidurnya dengan pertumbuhan Si Kecil karena kebutuhan Si Kecil pasti akan bertambah seiring usia. Misalnya: di masa awal pertumbuhan, Si kecil mungkin bisa ditidurkan dengan diajak bicara atau dibacakan dongeng. Namun, saat usianya bertumbuh, Si Kecil justru baru bisa tertidur pulas saat Moms mengajaknya menggambar atau bermain dengan boneka.
  • Lakukan kegiatannya secara konsisten, terlepas kegiatan apa pun yang Moms lakukan bersama Si kecil sebelum tidur..
  • Sebisa mungkin kurangi frekuensi tidur siang Si Kecil agar ia bisa tidur malam lebih mudah dan lama.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan sebelum Si Kecil tidur. Semoga bisa dipraktikkan dan membantu Si Kecil tidur lebih lelap di malam hari. Selama berkegiatan bersama Si Kecil, pastikan Moms tidak lupa memenuhi berbagai kebutuhannya, termasuk popok.

Untuk urusan popok, Moms bisa pilih popok Merries Good Skin. Bagian permukaannya yang lembut bisa membuat Si Kecil nyaman memakainya sepanjang hari, termasuk saat melakukan kegiatan sebelum tidur bersama Moms. Merries Good Skin memiliki penyerapan yang baik dan dapat menampung hingga 5 kali pipis.


Sirkulasi udaranya juga baik, sehingga kulit Si kecil bisa bebas bernapas. Popok Merries ini juga telah teruji oleh PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis dan Kelamin) dapat mencegah iritasi pada kulit Si Kecil. Masih banyak kelebihan lainnya dari popok Merries ini. Untuk mengetahuinya, Moms bisa langsung klik link berikut ini!