Cara Mendidik Anak Usia Dini 0-3 Tahun dengan Baik dan Benar

Merries Insight
30 September 2022
Tumbuh Kembang
Share
Cara Mendidik Anak Usia Dini 0-3 Tahun dengan Baik dan Benar

Salah satu cara untuk membuat tumbuh kembang bayi lebih optimal dengan selalu mendidik Si Kecil secara konsisten, terutama di 3 tahun pertamanya. Di rentang usia tersebut, Si Kecil bisa kita bentuk menjadi anak yang baik.

Walau begitu, Moms dan Dads harus bisa mendidik mereka dengan sabar, karena anak dengan rentang usia tersebut biasanya mudah sekali tantrum. Lalu, bagaimana sebetulnya cara mendidik anak berusia 0-3 tahun dengan baik dan benar?

1. Tunjukkan Kasih Sayang

Dalam mendidik anak, Moms dan Dads harus bisa menunjukkan kasih sayang ke Si Kecil. Ciuman, pelukan, pujian, perhatian, dan mengajak bicara Si Kecil dengan lembut adalah beberapa contoh gesur kasih sayang yang bisa dilakukan. Dengan cara ini, Si Kecil bisa lebih nyaman dan hormat kepada Moms dan Dads tanpa rasa takut atau terancam.

2. Buatlah Peraturan yang Jelas dan Tegas

Walaupun harus menunjukkan kasih sayang, Moms dan Dads harus tetap membuat peraturan yang jelas dan tegas untuk Si Kecil. Cara ini dilakukan supaya ia bisa belajar hidup disiplin. Sebagai awalan, jangan langsung memberikan aturan yang kelewat ketat. Buat saja dulu peraturan yang masih bisa dilakukan Si Kecil Sebelum aturan tersebut diterapkan, Moms dan Dads harus menjelaskan alasan mengapa Si Kecil harus menuruti peraturan tersebut, serta bagaimana cara melakukannya.

3. Berikan Reward and Punishment Pada Setiap Peraturan yang Berlaku

Seperti halnya pada orang dewasa, Moms dan Dads juga harus memberikan reward and punishment pada setiap peraturan yang berlaku. Untuk reward, Moms dan Dads bisa memberikannya saat Si Kecil berhasil mentaati peraturan secara konsisten. Adapun hadiah yang diberikan harus barang-barang yang bermanfaat untuk Si Kecil atau makanan yang ia sukai.

Untuk hukuman, pastikan hukumannya tidak mengandung unsur kekerasan sama sekali. Salah satu hukuman yang bisa diberikan adalah dengan tidak memberikan Si Kecil makanan kesukaannya sampai beberapa waktu. Jika nanti Si Kecil berteriak atau menangis karena tidak bisa menerima hukuman tersebut, Moms dan Dads untuk mendiamkannya sampai ia berhenti menangis atau berteriak.

4. Pastikan Setiap Peraturan Diterapkan Secara Konsisten

Ada sebagian orangtua yang kurang konsisten dalam menerapkan peraturan kepada Si Kecil. Alasannya bisa karena orangtua kasihan kepada Si Kecil atau karena mereka kurang berkomitmen pada peraturan buatan mereka sendiri. 

Sebaliknya, Moms dan Dads harus bisa menerapkan peraturan yang telah dibuat secara konsisten, karena hal tersebut bisa membantu Si Kecil lebih disiplin. Beritahu orang-orang terdekat untuk mau bekerja sama dengan Moms dan Dads dalam menerapkan peraturan ke Si Kecil.

5. Jadilah Panutan yang Baik untuk Si Kecil

Seiring bertambahnya usia, Si Kecil akan lebih banyak meniru perilaku orangtuanya. Untuk itu, pastikan Moms dan Dads bisa lebih menjaga sikap di depan Si Kecil, serta bisa menjadi panutan untuk mereka. Contohkan hal-hal baik yang bisa dilakukan Si kecil di kehidupan sehari-hari, seperti membuang sampah ke tempatnya atau secara konsisten mengucapkan “tolong, maaf, dan terima kasih” kepada orang lain.

6. Libatkan Si Kecil dalam Beberapa Pekerjaan Rumah yang Sederhana

Walaupun Moms dan Dads bisa melakukan pekerjaan rumah sendiri, Moms dan Dads bisa ajak Si Kecil untuk melakukannya bersama. Cara ini bisa membantu Si Kecil tetap aktif bergerak, serta membuatnya mempelajari beberapa kemampuan penting dalam hidupnya. Adapun beberapa pekerjaan rumah yang bisa melibatkan Si Kecil adalah membuang sampah pada tempatnya atau membereskan mainan Si Kecil.

7. Pastikan Moms dan Dads Selalu Ada untuk Si Kecil

Kehadiran Moms dan Dads sangat penting dalam mendidik Si Kecil. Caranya beragam, bisa dengan menemaninya bermain, mengajaknya jalan-jalan, atau membacakannya dongeng sebelum tidur. Jika Moms dan Dads sedang di kantor atau di luar rumah, Moms dan Dads bisa menyempatkan diri untuk menelepon Si Kecil supaya ia tetap merasakan kehadiran Moms dan Dads. Dengan selalu hadir untuk Si Kecil, ia akan merasa kedua orangtuanya sayang dan selalu memperhatikannya.

8. Selalu Ajak Si Kecil Berbicara

Selama berada di dekat Si kecil, pastikan Moms dan Dads selalu berbicara dengan Si Kecil. Caranya bisa dengan menanyakan kabarnya, membacakan dongeng, menjelaskan peraturan yang diterapkan, atau dengan mendeskripsikan benda-benda di sekitarnya. Gunakan kata-kata yang sederhana supaya Si Kecil bisa mengerti dan mudah mengucapkannya. Mengajak Si Kecil berbicara bisa membantu meningkatkan kemampuan berbicara pada Si Kecil.

9. Ajari Si Kecil Membuat Keputusan

Membuat keputusan adalah kemampuan penting yang harus diajarkan sejak kecil. Pada anak berusia 0-3 tahun, kemampuan ini bisa diajarkan dengan berbagai cara, misalnya dengan memberikan beberapa pilihan pakaian kepada Si Kecil. Saat pakaian-pakaian tersebut diberikan, Moms dan Dads bisa meminta Si Kecil untuk memilih salah satunya.

10. Tetap Bersikap Tenang

Adakalanya SI Kecil tantrum atau membangkang selama dididik oleh Moms dan Dads. Jika ini terjadi, pastikan untuk tetap bersikap tenang. Sebelum menghukum atau mengingatkan Si Kecil, Moms dan Dads bisa menarik napas dalam-dalam, buang secara perlahan, lalu berikan tindakan kepada Si Kecil.

Itulah berbagai cara mendidik anak usia dini 0-3 tahun dengan baik dan benar. Semoga bisa dipraktikkan sehingga Si Kecil pun bisa mudah dididik. Selama mendidik Si kecil, pastikan Moms dan Dads untuk tidak lupa memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang menunjang tumbuh kembang bayi dan anak, salah satunya popok bayi.

Untuk urusan popok, Moms dan Dads bisa memilih popok Merries Premium Pants. Bagian permukaannya yang lembut bisa membuat kulit Si Kecil nyaman. Daya serapnya yang tinggi sehingga kulit Si Kecil tetap kering . Bagian popok Merries Premium Pants sudah dilengkapi karet pinggang dengan 2,5 kali lebih elastis, sehingga membuat popok Merries ini mudah dipakaikan dan tidak menimbulkan bekas kemerahan. Merries Premium Pants juga dilengkapi dengan roll up tape, sehingga Moms dan Dads dapat membuang popok penuh dengan rapi. Merries Premium pants cocok digunakan untuk Si Kecil yang sudah mulai aktif bermain. Moms dan Dads bisa pesan langsung disini!