Cara Agar Bayi Tidak Rewel di Malam Hari

Cara Agar Bayi Tidak Rewel di Malam Hari

Bayi rewel malam hari lazim terjadi pada bayi yang baru lahir. Biasanya, kondisi ini terjadi di antara pukul 18.00 sampai 22.00. Saat Si Kecil mengalami kondisi ini, ia akan mudah menangis, mudah gelisah, rewel, dan kurang nyaman.

Kondisi ini akan dialami Si Kecil sampai usianya mencapai 6 bulan. Ada beragam faktor yang menyebabkan bayi rewel malam hari. Moms wajib mengetahuinya agar nantinya mudah mengatasi hal tersebut.

Di artikel ini, Merries akan sampaikan apa saja faktor penyebab bayi rewel di waktu malam beserta cara menghadapinya. Semua informasi itu bisa Moms baca di bawah ini!

Penyebab Bayi Rewel Pada Malam Hari

Secara keseluruhan, bayi rewel di waktu malam lazimnya terjadi disebabkan hal-hal yang membuatnya merasa tak nyaman. Adapun beberapa contohnya adalah:

Kelaparan

Kerewelan Si Kecil di waktu malam bisa saja merupakan sinyal bahwa ia tengah lapar. Pernyataan ini selaras dengan hasil penelitian dari Maternal and Child Nutrition yang menyatakan kalau salah satu tanda Si Kecil lapar adalah rewel atau menangis. Selain rewel, Si Kecil yang tengah lapar biasanya juga akan menunjukkan gestur berupa mengepalkan tangan atau menjilat bibir sendiri.

Terlalu Lama Tidur

Bayi yang rewel di malam hari juga bisa terjadi karena ia terlalu lama tidur. Biasanya, bayi yang rewel karena kelamaan tidur akan menangis sambil menggerakkan tubuhnya. Moms bisa meredakan tangis Si Kecil lalu mengajaknya bermain jika hal tersebut terjadi.

Siklus Tidur yang Belum Teratur

Sebagaimana orang dewasa, bayi pun juga punya siklus tidurnya sendiri. Sayangnya, siklus tidurnya belum bisa seteratur orang dewasa. Si Kecil lazimnya akan mengalami berbagai penyesuaian siklus tidur berdasarkan usia atau keadaan di sekitarnya. Penyesuaian itu tak jarang membuat Si Kecil jadi rewel, terutama di waktu malam.

Kolik

Pada bayi berusia 6 sampai 8 bulan, kerewelan yang ia alami bisa saja disebabkan oleh kolik. Bagi yang belum tahu, kolik adalah kondisi dimana bayi akan menangis selama berjam-jam, padahal kondisi kesehatannya terlihat baik-baik saja. Biasanya, kolik disebabkan oleh gangguan saluran pencernaan (terutama lambung), alergi pada suatu makanan, atau pola makan yang salah.

Kesepian

Kalau penyebab satu ini lazimnya dialami bayi berusia 6 bulan. Pada usia tersebut, Si Kecil lazimnya akan merasa cemas karena takut ditinggalkan orangtuanya saat ia tertidur. Akibatnya, ia pun merasa kesepian dan sering rewel di waktu malam.

Popok yang Tidak Segera Diganti

Popok juga bisa menjadi sebab mengapa Si Kecil rewel di malam hari. Hal ini terjadi bila popok sudah dipenuhi poop atau pipis bayi, namun tak segera diganti. Atau, bisa juga disebabkan popok yang ia kenakan tidak cocok untuk kulitnya. Akibatnya, Si Kecil pun tak nyaman dan rewel. 

Cara Mengatasi Bayi yang Rewel Pada Malam Hari

Setelah tahu apa saja penyebabnya, mari kita cari tahu apa saja cara untuk mengatasinya. Dari banyaknya cara yang tersedia, beberapa di antaranya yang bisa dilakukan adalah:

Menyusui Si Kecil

Salah satu penyebab Si Kecil rewel di malam hari adalah kelaparan. Untuk mengatasinya, Moms bisa menyusui Si Kecil sampai ia merasa kenyang. Jangan terlalu berpatok pada penjadwalan ASI yang sudah Moms terapkan sebelumnya, mengingat kerewelan Si Kecil lazim terjadi kapan saja.

Menggendong Si Kecil

Boleh dibilang kalau ini merupakan salah satu cara yang tergolong klasik dalam menangani Si Kecil yang rewel. Namun, cara ini masih ampuh untuk dilakukan, terutama dalam mengatasi kerewelan Si Kecil yang disebabkan oleh kesepian.

Moms bisa melakukan cara ini sambil duduk atau berdiri. Bila masih belum reda, Moms bisa menggendongnya sambil menenangkannya dengan memberikan stimulasi halus kepada Si Kecil. Misalnya dengan membelai bagian kepalanya atau bersenandung dengan suara pelan.

Memindahkan Si Kecil ke Ruangan yang Agak Sepi

Kalau cara sebelumnya belum berhasil, Moms bisa coba memindahkannya ke ruangan yang agak sepi. Di tempat tersebut, pastikan Si Kecil terhindar dari kebisingan suara yang bisa mengganggunya. Habis itu, selimuti Si Kecil dalam bedong dan redupkan lampu agar Si Kecil bisa lebih tenang.

Mengubah Pola Makan dan Makanan yang Dikonsumsi Si Kecil

Jika rewel yang dialami Si Kecil disebabkan oleh kolik, maka Moms bisa mengatasinya dengan mengubah pola makan dan makanan yang ia konsumsi. Sebab, seringkali kolik disebabkan karena alergi pada makanan tertentu atau juga karena pola makan yang salah. Biasanya, cara ini cukup ampuh dalam mengatasi kolik. Bila sekiranya belum berhasil ditangani, Moms bisa langsung berkonsultasi pada dokter anak terdekat.

Mengganti Popok

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti popok Si Kecil. Cara ini dilakukan bila sekiranya popok sudah dipenuhi poop atau pipis bayi. Setelah itu, pastikan agar Moms selalu mengganti popoknya lebih rutin, setidaknya 3 atau 4 jam sekali. Pastikan pula popok yang digunakan nyaman untuk Si Kecil.

Salah satu popok yang tergolong nyaman adalah Merries Good Skin. Popok ini nyaman dipakai berkat permukaan bagian dalamnya yang lembut. Daya serapnya cepat dan tinggi, sehingga kulit Si Kecil tetap kering.

Popok Merries Good Skin juga punya sirkulasi udara baik yang membuat kulit bayi mudah bernapas. Popoknya juga sudah teruji klinis mampu mencegah iritasi oleh PERDOSKI. Jika Moms tertarik mencoba popok Merries ini, Moms bisa memesannya langsung di sini.

Itulah berbagai cara agar Si Kecil tidak rewel di malam hari serta beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat!