Bolehkah Membawa Si Kecil Naik Pesawat?

Bolehkah Membawa Si Kecil Naik Pesawat?

Mungkin Moms bertanya-tanya apakah boleh membawa Si Kecil bepergian lewat pesawat. Kabar baiknya, hal itu boleh dilakukan dengan berbagai syarat, yaitu Moms harus tahu berapa usia ideal Si Kecil boleh naik pesawat, serta tahu hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan. Jika Moms belum tahu, jangan khawatir. Merries akan memberitahukannya di sini.

Usia Ideal Si Kecil Boleh Naik Pesawat

Sebetulnya, tidak ada patokan pasti soal berapa usia ideal Si Kecil bisa naik pesawat. Beberapa dokter menyatakan jika Si Kecil baru bisa naik pesawat saat usianya menginjak 4-6 minggu. Sementara itu, Winchester Hospital menyatakan jika usia ideal Si Kecil naik pesawat adalah 3 bulan.

Pihak dokter pun juga menyarankan supaya Moms tidak membawa Si Kecil naik pesawat saat usianya masih 48 jam. Bayi di usia tersebut belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jika dipaksakan, ia akan rentan mengalami penyakit yang bisa saja menghambat tumbuh kembang bayi itu sendiri.

Di pihak maskapai penerbangan, tiap maskapai masing-masing punya aturan berbeda soal usia ideal bayi boleh naik pesawat. Ada yang membolehkan bayi berusia 2 minggu naik pesawat dan ada yang melarangnya. Untuk memastikan hal itu, Moms bisa bertanya kepada pihak maskapai yang dituju. Tanyakan juga apa saja syarat yang harus dipenuhi sebelum membawa Si Kecil naik pesawat.

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Naik Pesawat

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah Moms akan membawa Si Kecil naik pesawat. Hal-hal tersebut adalah:

1. Kondisi Tempat Tujuan

Sebelum bepergian, coba cari tahu bagaimana kondisi tempat yang akan Moms tuju, apakah aman atau justru sedang mengalami bencana dan wabah. Dengan mengetahui kondisi tempat tujuan, Moms bisa lebih memutuskan apakah Si Kecil bisa dibawa naik pesawat atau tidak.

2. Kondisi Kesehatan Si Kecil

Selain kondisi tempat tujuan, kondisi kesehatan Si Kecil juga harus diperhatikan. Hal ini disebabkan kabin pesawat memiliki tekanan lebih rendah saat di udara, sehingga mengubah kadar oksigen dalam kabin pesawat yang juga akan berpengaruh terhadap kesehatan Si Kecil. Untuk memastikan apakah Si Kecil sehat dan bisa naik pesawat, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

3. Karakteristik Si kecil

Karakteristik Si Kecil pun turut diperhatikan, karena hal ini bisa membantu Moms untuk menentukan jalur penerbangan apa yang harus dipilih. Misalnya jika Si Kecil tipe bayi yang tidak bisa diam dalam waktu lama, jalur penerbangan langsung (direct) bisa dipilih. Pada jalur penerbangan ini, pesawat akan transit di beberapa bandara. Momen itu bisa Moms gunakan untuk mengajak Si Kecil yang aktif beraktivitas sambil menunggu penerbangan selanjutnya.

Tips Membawa Si Kecil Naik Pesawat

Untuk Moms yang memutuskan membawa Si Kecil naik pesawat, pastikan agar Moms bisa membawa Si Kecil dalam kondisi aman dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Moms lakukan saat membawa Si Kecil naik pesawat dengan aman dan nyaman!

1. Pilih Jadwal Penerbangan yang Tepat

Memilih jadwal penerbangan penting dilakukan, apalagi jika Moms naik pesawat dengan Si Kecil. Untuk urusan jadwal, Moms bisa sesuaikan jadwal penerbangannya dengan jam tidur Si kecil. Dengan cara ini, Si Kecil bisa tertidur selama dalam pesawat.

2. Penuhi Asupan ASI Si Kecil

ASI adalah asupan penting bagi tumbuh kembang bayi yang harus diberikan, bahkan saat Si Kecil naik pesawat. Untuk itu pastikan Moms tetap memenuhi asupan ASI Si kecil. Jika ASI diberikan di dalam pesawat, Moms bisa menggunakan kain khusus untuk menutupi Moms selama menyusui. 

3. Gunakan Baby Chair dan Ear Plug

Sebetulnya, pihak maskapai membolehkan Si Kecil berusia 2 tahun ke bawah untuk duduk di pangkuan orang dewasa. Namun, Moms sebaiknya Moms tempatkan Si Kecil di baby chair yang diikatkan di dekat tempat duduk Moms agar lebih aman. Pasangkan juga ear plug di telinga Si Kecil. Benda tersebut bisa melindungi telinga Si Kecil dari kebisingan pesawat yang cukup tinggi, sehingga ia pun tetap tenang selama di pesawat.

4. Mengganti Popok Si Kecil Secara Rutin

Sebelum naik pesawat atau saat transit, Moms harus mengganti popok Si Kecil secara rutin. Cara ini dilakukan agar Si Kecil tetap nyaman dan terhindar dari risiko iritasi kulit. Pastikan popok yang digunakan nyaman dan berdaya serap tinggi. 

Sebagai rekomendasi, Moms bisa menggunakan popok Merries Premium Pants. Popok Merries ini punya bagian dalam permukaannya yang sangat lembut, sehingga membuat kulit Si Kecil nyaman. Bagian atasnya sudah dilengkapi karet pinggang dengan 2,5 kali lebih elastis, sehingga popok Merries ini mudah digunakan dan tidak menimbulkan bekas pada kulit Si Kecil. Daya serapnya pun tinggi, sehingga membuat cairan dan poopnya terserap dengan baik.

5. Menjaga Kebersihan Secara Teratur

Selama di dalam pesawat, pastikan Moms selalu menjaga kebersihan secara teratur. Moms bisa melakukannya dengan cara rutin mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. Dengan cara ini, Moms bisa mengurangi potensi kuman penyakit dari tangan Moms ke Si Kecil. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga jarak Si Kecil dengan penumpang lain, serta meminta penumpang tersebut untuk tidak menyentuh Si Kecil selama penerbangan berlangsung. 

Sekian informasi dari Merries ini. Semoga bisa menjadi rujukan untuk Moms yang masih bingung soal boleh-tidaknya Si Kecil naik pesawat.