Apakah Memperdengarkan Musik Bisa Membantu Menidurkan Si Kecil?

Merries Insight
22 December 2022
Tumbuh Kembang
Share
Apakah Memperdengarkan Musik Bisa Membantu Menidurkan Si Kecil?

Tidur cukup dan berkualitas merupakan hal penting yang harus didapatkan Si Kecil. Dengan tidur cukup dan berkualitas, Si Kecil bisa mengisi kembali energi yang terkuras selama beraktivitas sehingga ia pun bisa bangun dalam kondisi yang lebih bugar. Si Kecil pun tidak akan mengalami bayi rewel malam hari jika ia berhasil mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Untuk bisa mendapatkan tidur cukup dan berkualitas, Moms harus bisa menidurkan Si Kecil sebaik mungkin. Hal ini gampang-gampang susah dilakukan, terutama untuk orangtua baru. Kini, Moms tidak perlu khawatir karena Moms bisa mengatasi Si Kecil sulit tidur dengan berbagai metode, salah satunya mendengarkan musik. .

Banyak pihak yang menyatakan bahwa memperdengarkan musik bisa membantu menidurkan Si Kecil, serta memberikan manfaat positif lainnya. Lalu, apakah pernyataan tersebut benar adanya?

Manfaat Memperdengarkan Musik untuk Membantu Menidurkan Si Kecil

Menurut Dr Ibrahim Baltagi, musik (terutama lagu pengantar tidur) bisa memperlambat detak jantung Si Kecil, sehingga ia jadi lebih tenang dan mudah tertidur. Supaya manfaat ini bisa didapatkan, Moms bisa bersenandung lagu pengantar tidur dengan suara yang lembut, musik yang lambat, serta diperdengarkan secara berulang-ulang.

Selain membuat Si Kecil jadi lebih tenang, memperdengarkan musik pada Si Kecil juga memberikan manfaat-manfaat lainnya, yaitu:

1. Meredakan Stres

Menurut penelitian, komposisi musik klasik yang menenangkan bisa membantu menurunkan kadar hormon stres, sehingga Si Kecil bisa bernapas dengan tenang dan memiliki stabilitas mental yang baik. Hal tersebut nantinya bisa membantu Si Kecil tidur nyenyak dan terhindar dari bayi rewel malam hari.

2. Meningkatkan Kemampuan Si Kecil dalam Berbagai Aspek

Musik yang diperdengarkan kepada Si Kecil bisa meningkatkan kemampuannya dalam berbagai aspek. Misalnya: membuatnya lebih memahami pola umum pada suatu komposisi lagu, membantunya belajar konsep-konsep baru lewat musik yang diperdengarkan, serta membantu Si Kecil terhubung dengan emosinya. 

Sementara itu, penelitian dari University of Washington Institute for Learning & Brain Science menyatakan, memperdengarkan dan memainkan musik pada bayi berusia sembilan bulan bisa membantunya memahami ritme dalam berbicara dan bermusik.

3. Bisa Menjadi Penanda Waktu Tidur Si Kecil

Supaya memudahkan Si Kecil untuk tidur, Moms bisa menggunakan musik untuk memberitahu Si Kecil bahwa sudah saatnya ia tidur. Adapun caranya dengan memperdengarkan musik yang sama secara konsisten minimal 5-10 menit sebelum ia tidur. 

Misalnya: jika Si Kecil tidur pukul 9 malam, Moms bisa memperdengarkan lagu pengantar tidur 5-10 menit dari jam tidur tersebut. Supaya cara ini berhasil, Moms harus menggunakan lagu yang pelan dan santai.

Musik yang Bisa Diperdengarkan Kepada Si Kecil

Mungkin Moms bingung soal apa saja musik yang bisa diperdengarkan kepada Si Kecil supaya ia bisa tidur nyenyak. Setidaknya ada tiga jenis musik yang bisa diperdengarkan, yaitu:

1. Lagu Pengantar Tidur (Lullaby)

Ini adalah jenis musik yang paling populer digunakan untuk membantu menidurkan Si Kecil. “Nina Bobo” dan “Twinkle Twinkle” adalah dua contoh jenis musik ini. Jenis musik ini bisa diperdengarkan lewat pemutar suara atau dinyanyikan langsung oleh Moms. Supaya Si Kecil bisa tertidur, pastikan Moms menyanyikan jenis musik ini dengan suara yang lembut dan irama yang lambat dan menenangkan.

2. Musik Klasik

Jenis musik ini bisa jadi pilihan alternatif selain lagu pengantar tidur. Musik ini dipilih karena tidak mengandung lirik lagu yang bisa membebani otak Si Kecil. Pilih jenis musik klasik dengan tempo yang lambat, serta didominasi suara string section atau flute agar Si Kecil mudah tertidur. Hindari musik klasik dengan tempo yang kencang, serta didominasi suara instrumen perkusi dan brass section. 

3. White Noise

White noise adalah kombinasi berbagai suara dari semua frekuensi yang bisa didengarkan manusia, termasuk bayi. Suara rintik hujan, burung berkicau, dan desir angin di lautan adalah beberapa contoh dari white noise.

Moms bisa mendapatkan white noise dari layanan streaming musik atau alat khusus untuk membuat white noise. Menurut penelitian terhadap 40 bayi yang diterbitkan oleh jurnal Archives of Disease on Childhood, white noise terbukti mampu menidurkan Si Kecil.

Sayangnya, tidak semua bayi bisa cocok diperdengarkan white noise, sehingga Moms jangan terlalu memaksakan diri jika Si Kecil tidak bisa tidur setelah diperdengarkan jenis musik ini,

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa musik bisa menjadi salah satu cara untuk membantu menidurkan Si Kecil. Musik bisa membuat detak jantung Si Kecil lebih lambat, sehingga ia lebih tenang dan mudah tertidur.

Musik juga bisa meredakan stres, penanda waktu tidur Si Kecil, serta meningkatkan kemampuan Si Kecil dari berbagai aspek. Pastikan musik yang diperdengarkan betul-betul cocok untuk Si Kecil sehingga ia lebih mudah tertidur.

Supaya Si Kecil bisa tidur Si Kecil semakin nyenyak, Moms bisa memakaikan popok yang nyaman untuk Si Kecil seperti popok Merries Skin Protection. Popok Merries ini memiliki sirkulasi udara yang baik dan karet pinggang yang lembut, sehingga kulit Si Kecil bebas bernapas dan membuatnya merasa nyaman bahkan saat ia tertidur pulas.

Daya tampungnya banyak dan cepat, sehingga kulit Si Kecil tetap kering dan terhindar dari kebocoran. Popok Merries ini juga memiliki lapisan antibakteri dengan ekstrak daun teh yang dapat mencegah bau dan ruam, sehingga kulit Si Kecil pun sehat dan terawat.

Sekian artikel dari Merries ini. Semoga bisa membantu Moms yang sedang mencari cara supaya Si Kecil bisa tidur cukup dan berkualitas.