Tips Membawa Si Kecil Bepergian Jauh

Tips Membawa Si Kecil Bepergian Jauh

Masih ada beberapa orang tua yang ragu mengajak anaknya bepergian jauh, apalagi jika usianya masih balita atau bahkan baru lahir. Mungkin Moms adalah salah satu diantaranya. Menurut dokter spesialis anak Rinawati Rohsiswatmo, membawa Si Kecil bepergian masih boleh dilakukan, selama Si Kecil mendapatkan asupan ASI sebelum atau selama di perjalanan.

Si Kecil pun harus mendapatkan pemeriksaan kesehatan minimal 2 minggu sebelum bepergian. Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah Si Kecil sehat dan siap diajak bepergian atau tidak.

Menurut para pakar, usia terbaik untuk membawa Si Kecil travelling adalah 3-6 bulan. Pada rentang usia itu, sistem kekebalan tubuh Si Kecil sudah terbentuk secara sempurna, sehingga ia sudah kuat untuk dibawa bepergian ke mana pun. Moms tinggal mengkondisikan Si Kecil sedemikian rupa supaya ia tetap nyaman selama bepergian.

Supaya Moms bisa membuat Si Kecil nyaman selama travelling, Moms bisa melakukan beberapa tips yang ada di bawah ini:

Tips Membawa Si Kecil Bepergian Jauh

1. Bawalah Si Kecil Secara Pribadi atau Bersama Rombongan Keluarga

Disarankan untuk mengajak Si Kecil secara pribadi atau bersama rombongan keluarga, bukan dengan rombongan tur. Hal itu dilakukan agar Moms bisa lebih leluasa mengatur kegiatan Si Kecil selama diajak pergi. Tidak seperti dengan rombongan tur yang jadwalnya padat. Cara tersebut juga bisa membuat Moms beristirahat terlebih dulu sekaligus memberi kesempatan kepada Si Kecil untuk lebih dekat dengan lingkungan baru di sekitarnya.

2. Pastikan Alat Transportasi yang Digunakan Nyaman untuk Si Kecil

Transportasi adalah salah satu hal krusial yang bisa menentukan nyaman-tidaknya Si Kecil selama di perjalanan. Untuk itu, pastikan alat transportasi yang Moms pakai bisa membuat Si Kecil nyaman.

Jika memakai kendaraan pribadi, Moms harus sediakan kursi khusus bayi yang sudah terpasang di dalam kendaraan. Jangan lupa untuk mengaitkan sabuk pengaman saat Si Kecil duduk di kursi tersebut agar ia semakin aman.

Untuk kendaraan umum, Moms bisa memilih kereta sebagai alat transportasi. Dibanding kendaraan lainnya, kereta terbilang ideal karena memiliki ruang yang luas, sehingga Si Kecil bisa lebih leluasa bergerak. Kalau kurang sreg naik kereta, Moms bisa menggunakan pesawat. 

Sebelum menaikinya, Moms harus pastikan dulu apakah pesawat tersebut bisa memberikan fasilitas yang menunjang untuk Si Kecil, mulai dari makanan sampai tempat mengganti popok. Untuk tempat duduk, Merries sarankan untuk memilih kursi yang dekat dengan toilet agar nantinya Moms bisa mengganti popok Si Kecil dengan mudah. Saat nanti pesawat mendarat, Moms harus menutup telinga Si Kecil agar telinganya tidak merasa sakit akibat perubahan tekanan udara saat pesawat mendarat.

3. Ajak Orang Lain yang Bisa Membantu Moms untuk Menjaga Si Kecil

Kalau memutuskan untuk tidak mengikuti rombongan keluarga tapi tidak mau terlalu kerepotan, Moms bisa mengajak orang lain untuk ikut bepergian. Bisa itu Dads, saudara, atau baby sitter. Kehadiran mereka bisa membantu Moms untuk menjaga Si Kecil secara bergantian, sekaligus bisa menjadi teman yang bisa diajak Moms untuk berbincang selama di perjalanan nanti. 

4. Memberi ASI Sebelum Bepergian

Sebelum bepergian jauh atau staycation, Si Kecil disarankan untuk diberi ASI terlebih dahulu. Menurut dokter spesialis anak Rinawati Rohsiswatmo, pemberian ASI sebelum melakukan perjalanan jauh atau saat staycation akan membuat Si Kecil merasa nyaman dan kenyang, sehingga ia pun tidak rewel selama di perjalanan. Moms juga bisa memberikan ASI di tengah perjalanan, jika Si Kecil mulai rewel dan merasa lapar. Khusus untuk Si Kecil berusia 6 bulan ke atas, Moms bisa memberikan MPASI baik sebelum atau selama di perjalanan.

5. Siapkan Semua Perlengkapan Bayi

Supaya perjalanan semakin lancar, Moms harus siapkan semua perlengkapan yang Si Kecil butuhkan. Makanan, pakaian, botol susu, dan obat-obatan adalah sejumlah perlengkapan bayi yang harus Moms siapkan.

Jika memungkinkan, Moms bisa membawa stroller saat nanti akan bepergian. Stroller sendiri bisa membantu Moms membawa Si Kecil bepergian, terutama saat Moms harus membawa Si Kecil berjalan dalam jarak cukup jauh.

6. Ciptakan suasana yang Nyaman Selama Membawa Si Kecil Bepergian Jauh

Dalam menempuh perjalanan jauh, Si Kecil pasti akan rewel atau cemas. Untuk mengantisipasinya, Moms harus bisa menciptakan suasana yang nyaman untuk Si Kecil. Moms bisa melakukannya dengan memberikan mainan, boneka, atau selimut kesayangan Si Kecil. Jika Moms melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraannya bebas asap rokok, serta hindarilah jalan berlubang agar Si Kecil tetap merasa nyaman. 

Agar semakin nyaman, Moms harus memakaikan popok terbaik yang cocok untuk Si Kecil. Adapun salah satu popok bayi terbaik yang bisa dipakaikan ke Si Kecil adalah Merries Skin Protection. Popok Merries Skin Protection memiliki lapisan antibakteri dengan kandungan ekstrak natural daun teh, sehingga kulit Si Kecil sehat terawat. Popok Merries ini punya tiga sirkulasi udara yang membuat kulit Si Kecil merasa sejuk dan nyaman selama memakainya, bahkan saat Si Kecil dalam perjalanan jauh sekalipun. Cara memakaikannya pun mudah, sehingga Moms bisa mengenakan popok itu ke Si Kecil bahkan saat berada di dalam kendaraan. Popok bayi terbaik ini bisa Moms dapatkan langsung dengan cara klik di sini.

 

Itulah Sejumlah tips yang bisa Moms praktikkan jika hendak membawa Si Kecil bepergian jauh. Semoga bisa dipraktikkan, sehingga membuat Si Kecil tetap nyaman selama bepergian jauh bersama Moms. Sampai ketemu di artikel berikutnya. ya!