Tips Agar Bekas Operasi Caesar Cepat Sembuh

Tips Agar Bekas Operasi Caesar Cepat Sembuh

Sakit yang dirasakan saat menjalani operasi caesar tidak langsung terasa layaknya melahirkan normal. Rasa sakit itu baru muncul justru setelah operasi caesar selesai dilakukan. Berapa lama rasa sakit tersebut terasa serta waktu untuk menyembuhkannya berbeda-beda tergantung pengaruh obat medis, serta kondisi tubuh setiap ibu.

Terlepas berapa lama rasa sakit beserta waktu untuk menyembuhkannya, setiap ibu yang menjalani operasi caesar akan menjalani serangkaian langkah pemulihan selama enam minggu. Selama menjalani tahapan-tahapan itu, Moms akan didampingi oleh dokter sampai Moms bisa pulang ke rumah dan pulih sepenuhnya dari rasa sakit pasca operasi caesar.

Tahapan Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau Moms akan menjalani berbagai tahapan pemulihan setelah menjalani operasi caesar. Jika dirunut satu per satu, tahapan-tahapan tersebut kurang lebih seperti ini:

  • Sesaat setelah menjalani operasi caesar: Moms akan diawasi penuh oleh dokter dan perawat saat memasuki tahap ini.
  • Pemulihan hari ke-1: Moms akan diarahkan untuk melakukan beberapa aktivitas ringan, terutama jika Moms terbukti tidak mengalami komplikasi pasca operasi caesar.
  • Pemulihan hari ke-2: dokter akan meminta Moms untuk lebih sering beranjak dari tempat tidur dan melakukan beberapa aktivitas.
  • Pemulihan hari ke-4: Moms akan diperbolehkan pulang ke rumah selama 3 sampai 4 hari. Namun, sebelumnya dokter akan memeriksa bekas jahitan caesar pada perut Moms, sekaligus memberitahu bagaimana cara merawat bekas jahitan tersebut. Selama berada di fase ini, Moms jangan dulu melakukan aktivitas yang banyak menguras tenaga seperti olahraga.
  • Pemulihan hari ke-7: rasa sakit pasca operasi caesar mungkin akan terasa saat menjalani tahapan ini. Namun, rasa itu bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Jika diizinkan dokter, Moms bisa mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri untuk mengatasi hal tersebut.
  • Pemulihan hari ke-14: Moms akan diminta untuk melakukan pemeriksaan oleh dokter. Selama menjalani pemeriksaan, Moms bisa menceritakan berbagai keluhan yang Moms rasakan selama masa pemulihan.
  • Pemulihan hari ke-28: kondisi Moms akan membaik saat memasuki tahap pemulihan ini. Namun, Moms tetap harus memeriksakan diri ke dokter, terutama jika nanti muncul beberapa keluhan.
  • Pemulihan hari ke-42: bekas jahitan operasi caesar akan mengering dan hilang saat memasuki tahapan ini. Kondisi fisik pun akan jauh lebih bugar, sehingga Moms bisa beraktivitas seperti biasa.

Tips Menyembuhkan Rasa Sakit Setelah Operasi Caesar

Agar Moms bisa semakin cepat pulih, Moms juga bisa melakukan serangkaian tips agar bekas operasi caesar cepat sembuh. Tips-tips itu adalah:

1. Beristirahat yang Cukup

Seperti halnya melakukan operasi lainnya, Moms juga harus beristirahat yang cukup pasca menjalani operasi caesar. Tips ini dilakukan untuk mengurangi rasa lelah dan sakit yang Moms rasakan. Selama beristirahat, Moms bisa meminta bantuan perawat atau orang terdekat Moms untuk mengasuh Si Kecil.

2. Jangan Berhubungan Badan Pasca Operasi Caesar

Selain beristirahat, Moms juga untuk sementara jangan berhubungan intim dulu dengan pasangan. Terutama selama menjalani 6 minggu masa pemulihan. Tanyakan kepada dokter kapan Moms mulai bisa kembali berhubungan badan. Selain berhubungan badan, Moms juga tidak boleh memasukkan benda apa pun ke dalam vagina selama masa pemulihan, termasuk tampon atau menstrual cup.

3. Merawat Bekas Jahitan

Jika Moms menjalani masa pemulihan di rumah, Moms harus merawat bekas jahitan operasi caesar secara mandiri dengan baik. Salah satu caranya dengan rutin mengganti perban yang menutupi bekas jahitan supaya bekas jahitan tetap bersih dan kering.

Jangan garuk bekas jahitannya bila terasa gatal, karena hal itu justru bisa menambah rasa sakit pada bekas jahitan tersebut. Rasa gatal yang muncul dari bekas jahitan sendiri merupakan tanda kalau bekas jahitan tersebut akan segera hilang. Selain menimbulkan gatal, bekas jahitan tersebut nantinya juga akan menyusut dan berubah kembali seperti warna kulit Moms.

Segera periksa ke dokter jika bekas jahitannya justru menimbulkan infeksi. Adapun ciri bekas jahitan yang terinfeksi adalah munculnya rasa nyeri serta warna kemerahan di sekitar bekas jahitan.

4. Memenuhi Asupan Gizi Pada Tubuh

Seperti halnya pada ibu hamil dan menyusui, ibu yang menjalani pemulihan pasca operasi caesar juga perlu memenuhi asupan gizi pada tubuhnya. Sebagai saran, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung Vitamin A, Vitamin C, dan zinc. Ketiga kandungan gizi itu bisa membantu mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar, serta mendukung proses produksi ASI. 

5. Jangan Jongkok Dulu

Selain berhubungan badan, Moms juga jangan jongkok dulu selama masa pemulihan agar rasa sakitnya tidak semakin parah. Kalaupun boleh jongkok, Moms baru bisa melakukannya setelah melewati enam minggu masa pemulihan. Namun, sebelumnya Moms konsultasikan dulu ke dokter apakah Moms sudah bisa jongkok atau belum.

Penutup

Saat menjalani operasi caesar, Moms memang tidak akan merasakan sakit. Rasa sakit itu justru akan muncul setelah operasi caesar berhasil dilakukan. Untuk bisa menyembuhkan rasa sakit itu, Moms akan menjalani berbagai tahap pemulihan selama 6 minggu, dihitung dari hari di mana Moms melakukan operasi caesar.

Moms juga harus melakukan berbagai tips menyembuhkan bekas operasi caesar agar rasa sakitnya berkurang dan tubuh semakin cepat pulih. Dengan begitu, Moms pun bisa kembali berbagai aktivitas seperti biasa.

Selama masa proses pemulihan , Moms perlu memenuhi setiap kebutuhan Si Kecil, mulai dari asupan ASI sampai popok bayi baru lahir. Untuk urusan popok, Moms bisa membeli popok Merries Premium Tape New Born.

 

Popok Merries ini punya perekat yang bisa dilepas-pasang berulang kali, sehingga Moms yang baru pertama kali memasang popok pun jadi mudah memasangkannya. Adapula 3 lapisan bersirkulasi pada popok ini yang bisa menyerap cairan sekaligus melepas kelembapan, sehingga kulit Si Kecil jadi bebas bernapas. Popok Merries Premium Tape New Born memiliki permukaan bergelombang yang dapat menangkap cairan pipis dan kotoran lunak serta menguncinya, sehingga kulit Si Kecil tetap kering. Popok bayi baru lahir ini sudah tersedia dalam berbagai ukuran dan bisa langsung dibeli di sini.