Si Kecil Sering Menangis, Begini Cara Menanganinya

Si Kecil Sering Menangis, Begini Cara Menanganinya

Menangis adalah salah satu cara bayi berkomunikasi dengan orang tua. Biasanya, ia akan menangis jika merasa tidak nyaman, lapar, atau penyebab lainnya. Misalnya popok yang sudah basah, merasa kedinginan, atau mengalami gejala kolik. Tangis bayi sendiri bisa dalam berbagai bentuk, salah satunya bayi rewel malam hari.

Bayi akan sering menangis saat usianya berada di 7 minggu pertama pasca melahirkan. Untuk menanganinya, Moms bisa melakukan beberapa cara berikut:

1. Menyelimuti Si Kecil dengan Kain

Salah satu penyebab Si Kecil menangis adalah merasa kedinginan. Untuk mengatasinya, Moms bisa menyelimuti atau membedong Si Kecil dengan kain. Selain membuatnya jadi lebih hangat, cara ini juga akan membuat Si Kecil merasa nyaman seolah-olah sedang ada di dalam rahim ibunya. Cara ini juga cocok dipakai untuk mengatasi bayi rewel malam hari, serta membantunya untuk tidur lebih nyenyak.

2. Memperdengarkan Suara yang Menenangkan

Supaya Si Kecil lebih tenang, Moms bisa memperdengarkan berbagai suara yang menenangkan di telinganya. Misalnya saja suara aliran atau tetesan air atau senandung lembut yang Moms nyanyikan di telinganya.

3. Memandikan Si Kecil dengan Air Hangat

Air hangat diyakini bisa memberikan efek tenang pada Si Kecil yang sedang menangis. Untuk itulah, Moms bisa coba memandikan Si kecil dengan air hangat ketika Si kecil selalu menangis jika mandi dengan air dingin. Jika Moms kesulitan, Moms bisa menyeka tubuh Si Kecil dengan handuk yang sudah direndam ke dalam air hangat.

4. Mengusap Tubuh Bayi dengan Hangat

Sentuhan tangan Moms juga bisa digunakan untuk meredakan tangis Si Kecil. Moms tinggal usapkan saja tangan Moms di bagian punggungnya. Usapan di punggung bisa membuat saraf dan otak bayi terangsang, serta membuatnya jadi lebih nyaman dan tenang.

Moms juga bisa memijat bagian punggungnya dengan lembut supaya mengurangi rasa nyeri Si Kecil. Jika Si Kecil sudah berusia 1 bulan, Moms bisa memijat atau mengusap punggungnya dengan minyak kayu putih. Pemakaian minyak tersebut bisa memberi sensasi hangat pada tubuh Si Kecil, sehingga membuatnya jadi lebih tenang.

5. Mengayun atau Menggoyangkan Tubuh Si Kecil

Mengayunkan tubuh Si Kecil secara perlahan dan konstan bisa membuatnya merasa lebih tenang. Selain mengayunkan, Moms juga bisa menggoyangkan tubuh Si Kecil untuk membuatnya lebih tenang. Supaya berhasil, Moms harus menggoyangkan tubuhnya secara perlahan sambil mengajaknya berbicara.

6. Menggendong Si Kecil dalam Posisi Telungkup

Jika Si Kecil masih terus-menerus menangis, Moms bisa melakukan cara satu ini. Menggendong Si Kecil dalam posisi telungkup membuatnya merasa seperti di dalam rahim, sehingga membuatnya merasa tenang. Perlu Moms ketahui, bayi menghabiskan sebagian waktunya tertidur dalam posisi telungkup saat masih dalam rahim, dimana posisi itu membuatnya bisa tidur dengan tenang. Jika Si Kecil mulai merasa tenang, Moms bisa mengubah posisi Si Kecil jadi telentang.

7. Matikan Lampu Tempat Tidur

Selain menggendong dalam posisi telungkup, ada cara lain yang bisa dilakukan supaya Si Kecil merasa tenang seperti di dalam rahim. Cara tersebut tak lain adalah mematikan lampu tempat tidur. Melakukan cara itu akan membuat seisi ruangan tempat tidur jadi gelap seperti halnya rahim.

8. Memeluk Si Kecil dengan Metode Kanguru

Metode Kanguru adalah metode memeluk Si Kecil dengan memposisikannya di dada, sehingga kulit Moms dan Si Kecil pun bersentuhan. Metode ini terbukti ampuh menenangkan Si Kecil yang sering menangis sekaligus membuatnya jadi merasa hangat.

Jika Moms melakukan metode ini secara konsisten, Moms secara tidak langsung akan membantu menaikkan berat badan Si Kecil, serta membuat ikatan emosional Moms dan Si Kecil kian kuat.

9. Memberikan Dot Bayi

Jika cara-cara di atas belum berhasil, Moms bisa lakukan cara ini. Cara ini bisa menciptakan efek relaksasi, sehingga tangis Si Kecil pun jadi mereda. Pastikan untuk melakukan cara ini di saat-saat darurat saja. Terlalu sering melakukan cara ini akan membuat Si Kecil jadi ketergantungan dot atau bisa menimbulkan masalah mulut akibat dot yang tidak rutin diganti atau dibersihkan.

10. Membawa Si Kecil Keluar Rumah

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membawa Si Kecil keluar rumah. Menurut penelitian dari United Kingdom National Health Service, cara ini terbukti efektif mengatasi bayi yang menangis histeris. Selama diluar rumah, Moms bisa mengajak SI Kecil melihat sekeliling sambil mengajaknya berbincang. Jika udara diluar sedang dingin, Moms harus memakaikan Si Kecil pakaian hangat.

Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menangani Si kecil yang sering menangis. Apa pun cara yang dilakukan, pastikan Moms melakukannya dengan tenang agar Si Kecil juga ikut tenang.

Pastikan juga untuk selalu mengkondisikan Si Kecil dalam keadaan nyaman. Salah satunya dengan memakaikan popok yang nyaman. Untuk soal popok, Moms bisa memakaikan popok Merries Premium Pants.

Tiga lapisan bersirkulasi udara pada popoknya membuat kulit Si Kecil bebas bernapas, sehingga Si Kecil pun jadi nyaman sepanjang hari. Bagian dalam permukaannya yang lembut sangat cocok untuk Si Kecil dengan kulit sensitif. Daya serapnya pun tinggi, sehingga cairan dan kotoran pun bisa terserap dengan baik.Popok ini bisa Moms beli dengan klik link berikut ini!