Memenuhi Gizi Seimbang untuk Si Kecil

Memenuhi Gizi Seimbang untuk Si Kecil

Agar Si Kecil tumbuh dengan sehat Moms mesti memenuhi kebutuhan gizinya secara seimbang lewat makanan yang mereka santap. Tak hanya baik bagi pertumbuhan Si Kecil, memenuhi gizi seimbang juga bisa membantu menjaga berat badan ideal bayi.

Bila Moms belum tahu bagaimana cara melakukannya, jangan khawatir. Merries akan membantu Moms dengan memberikan sejumlah cara memenuhi gizi seimbang yang ada di bawah ini!

Cara Memenuhi Gizi Seimbang untuk Si Kecil

Cara untuk memenuhi gizi Si Kecil agar tetap seimbang sebetulnya sederhana, yaitu dengan pemberian ASI dan MPASI sesuai dengan usianya. ASI harus diberikan secara eksklusif tanpa perlu tambahan MPASI saat usianya masih 0-6 bulan. Sebab, pada rentang usia tersebut, kebutuhan gizi Si Kecil sudah cukup terpenuhi walau hanya dengan ASI.

Pada saat Si Kecil masuk usia 6 bulan, pemberian MPASI bisa diberikan sambil tetap memberikan ASI pada Si Kecil. Adanya MPASI bisa memberikan nutrisi tambahan pada Si Kecil sehingga kebutuhan gizinya pun lebih seimbang. Tak hanya itu, berat badan ideal bayi pun bisa tetap terjaga. 

Adapun makanan-makanan yang bisa dijadikan MPASI adalah serealia (beras merah, beras putih), umbi-umbian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran, serta olahan daging.

Pemberian MPASI harus dilakukan bertahap sesuai dengan usianya, dimana tahapan-tahapan tersebut adalah:

Usia 6 Bulan

Ini adalah usia dimana Si Kecil menerima MPASI untuk pertama kali. Di usia ini, Moms hanya perlu memberikan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Pastikan tekstur makanannya tidak terlalu encer agar Si Kecil mudah mencernanya. Sayuran dan buah juga bisa mulai diperkenalkan kepada Si Kecil pada usia 6 bulan. Pada usia ini, Moms masih bisa memberikan ASI di sela-sela waktu Si Kecil menyantap MPASI.

Usia 7-8 Bulan

Pada usia ini, Moms mulai bisa memperkenalkan Si Kecil dengan makanan bertekstur lebih kasar dan sumber protein hewani. Bubur tim saring dan ikan adalah dua contoh dari jenis-jenis makanan itu. Khusus untuk ikan, pastikan ikannya sudah dimasak matang agar tidak ada bakteri . Kalau Si Kecil sudah terbiasa menyantap bubur tim saring, Moms secara bertahap bisa memperkenalkan Si Kecil dengan nasi tim tanpa disaring.

Usia 9-12 Bulan

Moms bisa memberikan makanan lembik alias makanan yang dimasak dengan banyak air sebagai makanan utama. Bubur nasi, kentang puri, dan nasi tim adalah beberapa contoh makanan tersebut. Di sela-sela pemberian makanan utama itu, Moms bisa memberikan beberapa makanan selingan untuk Si Kecil. Makanannya sendiri bisa berupa buah-buahan atau sayuran.

ASI pun juga masih bisa Moms berikan. Adapun frekuensi pemberian makanan utama, selingan, dan ASI sendiri kurang lebih adalah: 3-4 kali pemberian makanan utama + 1-2 kali makanan selingan + pemberian ASI. Jumlah porsi dalam setiap sesi makan adalah ½ - ¾ mangkuk berukuran 250 ml.

Usia 9-10 Bulan

Seperti pada bayi usia 7-8 bulan, Moms juga bisa memberikan bubur tim saring pada bayi dengan rentang usia satu ini. 

Usia 11-12 Bulan

Sejumlah makanan yang sudah Moms berikan di usia-usia sebelum 11 bulan bisa Moms berikan lagi. Moms pun perlahan juga bisa memperkenalkan beberapa makanan bergizi khusus orang dewasa yang dibuat tanpa penyedap rasa tambahan.

Usia 12-24 Bulan

Makanan yang diberikan di rentang usia ini kian beragam. Mulai dari menu makanan padat yang sering dikonsumsi keluarga sampai finger snack berupa buah atau snack buatan Moms. . Untuk makanan padat, pastikan untuk tidak memberikan penyedap rasa apa pun ke dalamnya. Hindari pula makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, serta terlalu berlemak karena bisa merusak pencernaan Si Kecil.

Moms pun boleh memberikan ASI sampai Si Kecil telah mencapai usia 24 bulan. Pemberian makanan utama, finger snack, dan ASI harus sesuai dengan frekuensi yang direkomendasikan, yaitu: 3-4 kali makanan utama (makanan padat/makanan keluarga) + 1-2 kali finger snack atau makanan selingan lainnya + pemberian ASI. Adapun jumlah porsi dalam sekali makannya adalah semangkuk penuh dengan ukuran 250 ml.

Manfaat Gizi Seimbang untuk Si Kecil

Selain membuat badan sehat dan berat badan ideal Si Kecil tetap terjaga, memenuhi gizi seimbang juga masih memiliki banyak manfaat lain. Beberapa diantaranya adalah:

  • Saraf otak akan terbentuk dengan sempurna.
  • Daya tahan tubuh lebih kuat, sehingga Si kecil tidak mudah terserang penyakit flu dan batuk.
  • Kesehatan mulut dan gigi lebih terjaga.
  • Si Kecil bisa mendapatkan energi lebih yang membuatnya lebih bersemangat dalam beraktivitas.
  • Suasana hati Si Kecil lebih stabil, sehingga ia tidak mudah rewel.

Penutup

Memenuhi gizi seimbang untuk Si Kecil penting dilakukan karena mengandung banyak manfaat. Mulai dari membantu Si Kecil bertumbuh dengan sehat sampai membantu suasana hatinya jadi lebih stabil. Cara memenuhi gizi seimbang Si kecil bisa dilakukan dengan memberikan ASI dan MPASI sesuai dengan usianya.

Selain memenuhi gizi seimbang, Moms juga harus memenuhi kebutuhan Si Kecil lainnya, salah satunya adalah popok. Kehadiran popok sangatlah penting karena bisa membantu Si Kecil tetap nyaman selama mendapatkan asupan gizi maupun saat melakukan kegiatan lainnya.

 

Sebagai rekomendasi, Moms bisa memakaikan popok Merries Good Skin kepada Si Kecil. Dengan 3 lapisan sirkulasi udara, popok Merries ini akan membuat kulit Si Kecil terasa sejuk, sehingga ia pun bisa tetap nyaman selama beraktivitas. Karet pada pinggang popoknya fleksibel dan elastis, sehingga tidak meninggalkan bekas di kulit. Popok Merries Good Skin telah teruji klinis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, sehingga dapat mencegah iritasi pada kulit Si Kecil. Untuk mengetahui kelebihan lainnya dari Merries Good Skin, Moms bisa kunjungi link berikut ini.