Libur Telah Tiba! Begini Tips Menyiapkan MPASI saat Traveling

Merries Insight
22 December 2022
Tumbuh Kembang
Share
Libur Telah Tiba! Begini Tips Menyiapkan MPASI saat Traveling

Libur panjang akhir tahun menjadi momen yang pas untuk travelling bersama Dads dan Si Kecil. Banyak hal yang harus Moms persiapkan saat travelling nanti, mulai dari tempat wisata yang dituju, kendaraan yang dipakai, sampai perlengkapan Si Kecil.

Jika Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan, pastikan Moms menyiapkan menu MPASI 6 bulan yang bergizi dan bisa dikonsumsi Si Kecil dengan mudah selama travelling nanti. Adanya menu MPASI bisa membuat asupan nutrisi Si Kecil tetap tercukupi walaupun sedang di luar rumah.

Supaya tidak terlalu merepotkan, Moms bisa menyiapkan menu MPASI 6 bulan yang bergizi dengan mengikuti tips-tips di bawah ini:

1. Buat Daftar MPASI yang Akan Dibawa

Sebelum travelling, Moms bisa buat daftar apa saja makanan MPASI yang akan dibawa. Daftar tersebut bisa disesuaikan dengan usia atau kemampuan mengunyah Si Kecil.

MPASI yang dibawa bisa Moms buat sendiri alias homemade. MPASI yang dibuat sendiri lebih higienis dan bergizi sehingga aman untuk dibawa. Perhatikan jumlah porsi yang akan dibawa. Sebagai saran, bawalah MPASI dalam porsi sebesar 2-3 porsi untuk 2-3 kali makan.

2. Jangan Membawa Terlalu Banyak Peralatan Makan

Saat di rumah, Moms mungkin akan lebih banyak menggunakan peralatan makan untuk menyimpan dan menyajikan MPASI. Hal itu tidak berlaku saat traveling karena bisa membuat Moms kerepotan.

Bawalah peralatan makan yang sekiranya diperlukan selama traveling. Misalnya pisau kecil, magic jar atau blender berukuran kecil, termos kecil, dan alat makan (sendok, garpu, dan piring). Supaya aman, pastikan semua peralatan makan yang Moms bawa sudah bebas BPA.

3. Bawa MPASI Beku dan Buah-Buahan Segar

Jika Moms khawatir tidak sempat memasak MPASI saat di tempat travelling, Moms bisa membawa MPASI yang sudah dibekukan beserta buah-buahan segar. Untuk MPASI beku, Moms bisa memasaknya terlebih dulu di rumah, lalu masukkan ke dalam wadah makanan yang tertutup rapat dan simpan dalam kulkas.

Saat di perjalanan, Moms bisa simpan MPASI beku itu ke dalam cooler bag berisi es batu, lalu simpan di lemari es saat sampai di tempat tujuan. Saat Moms akan memberikan MPASI kepada Si Kecil, Moms bisa merendamnya ke dalam air selama 10-20 menit atau menghangatkannya di microwave. Untuk buah-buahan, Moms bisa membawa buah-buahan yang cocok dijadikan bubur puree, seperti pisang dan alpukat dan menyimpannya di kotak makan yang bersih. .

4. Bawa Makanan Instan Khusus Bayi

Kalau mau yang lebih praktis, Moms bisa membawa MPASI berupa makanan instan khusus bayi. Saat ini, sudah ada banyak MPASI instan yang tersedia dalam berbagai varian rasa dan tekstur yang bisa Moms pilih sesuai selera Si Kecil. Kandungan nutrisinya pun tidak sedikit, sehingga Moms tidak perlu ragu membawanya.

5. Simpan MPASI Sebaik Mungkin

Supaya MPASI tidak tumpah dan tidak basi, Mom harus menyimpan MPASI-nya sebaik mungkin. Moms bisa letakkan MPASI-nya di tempat yang sesuai, misalnya: bubur puree di kotak makan. Pastikan tempat menyimpan MPASI tertutup dengan rapat, serta diletakkan di tempat yang aman dan tidak membuat MPASI tumpah dan mudah basi.

6. Cek Apakah Ada Penjual MPASI Homemade di Tempat Wisata yang Dituju

Sebelum traveling, Moms bisa cek apakah di tempat wisata yang Moms tuju memiliki penjual MPASI homemade atau tidak. Adanya penjual MPASI homemade di tempat wisata bisa membantu Moms untuk menambah stok MPASI homemade yang Moms bawa, terutama saat stoknya hampir habis.

Beberapa Contoh Bahan Makanan Sehat yang Cocok Dijadikan MPASI Saat Traveling

Mungkin Moms masih bingung soal apa saja makanan sehat yang bisa dijadikan MPASI saat traveling nanti. Jangan khawatir, karena Merries akan memberikan beberapa contoh di antaranya sebagai berikut:

1. Bubur Berbahan Dasar Beras

Makanan ini mengandung vitamin B yang tinggi, serta kandungan mangan dan magnesium yang baik untuk Si Kecil. Bubur beras yang disajikan cukup beragam, mulai dari bubur beras putih sampai beras merah. Jika ingin menambah asupan antioksidan ada Si Kecil, Moms bisa memberikan bubur yang terbuat dari beras merah. Cara membuat MPASI ini cukup mudah, Moms hanya perlu mencampurkan beras yang sudah menjadi bubur dengan ASI supaya teksturnya lebih lembut dan mudah dicerna Si Kecil.

2. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang bisa dijadikan menu MPASI pada bayi yang baru menginjak usia 6 bulan. Moms bisa mengolah buah ini dengan cara membuat teksturnya jadi lebih puree. Jika Si Kecil sudah punya kemampuan mengunyah yang lebih baik, Moms bisa mencampur buah ini dengan buah-buahan lainnya.

3. Alpukat

Seperti pisang, buah ini juga bisa disajikan dengan tekstur yang lebih puree. Adapun caranya dengan menghaluskan buah ini lalu mencampurnya dengan ASI. Dari segi nutrisi, alpukat punya kandungan omega-3 yang bisa membantu perkembangan otak.

Itulah beberapa tips menyiapkan MPASI saat traveling dan informasi terkait dengannya. Semoga bisa menjadi panduan bagi Moms yang akan menyiapkan menu MPASI saat nanti traveling bersama Si Kecil.

Selain menu MPASI, Moms juga jangan sampai lupa menyiapkan kebutuhan Si Kecil lainnya saat traveling, termasuk popok bayi. Untuk urusan popok, Moms bisa memilih popok Merries Premium Pants.

Bagian permukaan popok Merries ini begitu lembut sehingga membuat Si Kecil nyaman sepanjang waktu, bahkan saat ia tengah traveling. Daya serapnya pun tinggi sehingga membuat kulit Si Kecil tetap kering. Popok Merries ini sudah dilengkapi karet pinggang dengan 2,5 kali lebih elastis yang membuat Moms bisa memakaikan popok Merries ini dengan mudah.

Popok Merries Premium Pants kini juga sudah dilengkapi roll up tape yang lebih panjang dari sebelumnya, sehingga Moms dapat membuang popok Merries ini dengan lebih rapi dan higienis. Popok Merries ini bisa Moms pesan langsung disini!