Cara Mengasuh dan Pola Tumbuh Kembang Bayi Kembar

Merries Insight
03 October 2022
Tumbuh Kembang
Share
Cara Mengasuh dan Pola Tumbuh Kembang Bayi Kembar

Dalam mengasuh bayi kembar, Moms dan Dads harus menggunakan cara yang berbeda dibanding mengasuh bayi tunggal. Hal ini disebabkan tumbuh kembang bayi kembar sangat berbeda dengan bayi tunggal.

Mengetahui cara mengasuh bayi kembar bisa membuat Moms dan Dads tidak panik saat harus mengurus si kembar. Lalu, bagaimana sebetulnya cara mengasuh bayi kembar yang baik?

Perbedaan Tumbuh Kembang Bayi Kembar dan Bayi Tunggal

Sebelum mengetahui cara mengasuh bayi kembar, Moms dan Dads harus tahu dulu apa perbedaan tumbuh kembang bayi kembar dan bayi tunggal. Umumnya, perbedaan keduanya terletak pada berat badan, serta kemampuan berbagi dan bersosialisasi. Untuk lebih detailnya, Moms bisa simak penjelasan berikut ini:

1. Bayi Kembar Punya Berat Badan Lahir yang Lebih Rendah

Baik kembar identik maupun tidak identik, berat badan lahir pada bayi kembar akan lebih rendah dibanding bayi tunggal. Hal ini terjadi karena bayi kembar harus berbagi nutrisi dan ruang hidup saat masih dalam kandungan. Walau begitu, Moms masih bisa mengejar ketertinggalan berat badan bayi kembar dengan bayi tunggal dengan pola asuh dan kurva pertumbuhan berat badan khusus bayi kembar.

2. Punya Kemampuan Berbagi yang Lebih Cepat

Karena sudah punya “teman” sejak dalam kandungan, bayi kembar pun jadi terbiasa berbagi bersama. Hal tersebut membuat mereka mempunyai kemampuan berbagi yang lebih cepat dari bayi tunggal. Sayangnya, kemampuan berbagi ini baru sebatas berbagi antar sesama saudara kembar, bukan dengan orang lain. Untuk itu, Moms harus bisa menyeimbangkannya dengan mengajari si kembar berbagi dan bersosialisasi dengan orang lain kembaran mereka.

Cara Mengasuh Bayi Kembar

Dibanding bayi tunggal, Moms harus bisa fokus mengasuh dua bayi atau lebih dalam satu waktu saat mengasuh bayi kembar. Hal inilah yang membuat cara mengasuh bayi kembar berbeda dengan bayi tunggal.

Berikut ini, ada beberapa cara mengasuh bayi kembar yang bisa Moms lakukan:

1. Membuat Jadwal

Supaya bayi kembar lebih disiplin, Moms harus membuat jadwal aktivitas harian khusus untuk mereka. Mulai dari aktivitas menyusui harian sampai tidur harus Moms atur sedemikian rupa dalam jadwal buatan Moms.

Pastikan jadwal aktivitasnya dilakukan oleh bayi kembar secara bersamaan supaya Moms tidak repot. Misalnya: jika salah satu bayi kembar bangun dan makan, maka kembarannya pun harus melakukan hal yang sama.

Selain membuat bayi kembar disiplin, adanya jadwal juga bisa membuat Moms tidak kewalahan selama mengasuh bayi kembar. Jika Moms masih bingung dalam membuat jadwal, Moms bisa meminta bantuan Dads atau berkonsultasi dengan dokter anak.

2. Lakukan Cara Menyusui yang Tepat

Salah satu hal paling menantang dalam mengasuh bayi kembar adalah menyusui. Dibanding bayi tunggal, menyusui bayi kembar cukup merepotkan apalagi jika dilakukan secara bersamaan. Walaupun begitu, Moms bisa mengatasinya dengan cara menyusui yang tepat.

Ada beberapa posisi yang bisa dipakai saat menyusui bayi kembar, yaitu:

  • Posisi Silang (double-cradle hold

Posisi ini dilakukan dengan cara menimang bayi kembar di tangan kanan dan kiri Moms. Pastikan Moms melakukan cara ini dalam posisi duduk. Setelah bayi kembar ditimang, Moms bisa menindihkan kedua pasang kaki bayi kembar ke depan badan Moms, serta posisikan kepala bayi kembar sejajar dengan kedua payudara Moms.

  • Posisi Double Clutch

Posisi ini bisa Moms lakukan di tempat tidur atau sofa. Untuk melakukannya, Moms bisa tempatkan bantal terlebih dulu di sisi kiri dan kanan Moms. Setelah itu, letakkan bayi kembar di kedua bantal tersebut dengan posisi kepala mereka di depan payudara Moms, sedangkan kaki mereka berada di pinggang dan melewati ketiak Moms

Impit dengan lembut badan keduanya dengan menggunakan siku layaknya mengimpit tas di ketiak. Setelah itu, letakkan telapak tangan Moms di kepala masing-masing bayi kembar supaya kepala keduanya bisa sejajar dengan puting Moms.

3. Lakukan Cara Menidurkan Bayi yang Tepat

Selain cara menyusui, cara menidurkan bayi kembar juga harus diperhatikan. Untuk menidurkan bayi kembar, Moms bisa terapkan cara-cara berikut:

  • Pastikan jadwal tidur antara bayi kembar sama, mulai dari jam tidur sampai jam bangun tidur.
  • Jika salah satu diantara bayi kembar tidur lebih pendek dibanding kembarannya, Moms tetap bisa menidurkan keduanya di waktu yang sama. Cara ini diharapkan bisa membuat salah satu bayi kembar dengan waktu tidur pendek bisa terpicu untuk tidur lebih lama seperti kembarannya.
  • Saat menidurkan bayi kembar, Moms bisa menidurkannya di dua baby box berbeda. Cara ini dilakukan untuk menghindari risiko bersinggungan antara bayi kembar, mengingat tulang keduanya masih sangat rapuh dan berbahaya jika bersinggungan.

4. Gunakan Beberapa Barang yang Bisa Dipakai Secara Bergantian

Dibanding membeli barang untuk masing-masing bayi kembar, Moms lebih baik gunakan barang-barang yang bisa dipakai secara bergantian oleh mereka. Selain lebih menghemat biaya, cara ini juga bisa merangsang insting berbagi antar bayi kembar. Beberapa contoh barang yang bisa dipakai bergantian adalah mainan dan buku.

Itulah beberapa cara mengasuh untuk bayi kembar. Semoga bisa menjadi panduan untuk Moms dalam mengasuh bayi kembar. Selama mengasuh bayi kembar, pastikan Moms selalu memenuhi setiap kebutuhan mereka, termasuk popok bayi.

Untuk urusan popok, Moms bisa pilih popok Merries Skin Protection. Popok Merries ini memiliki lapisan bersirkulasi udara yang membuat kulit bayi kembar merasa sejuk dan nyaman. Cara memakaikan popoknya pun mudah dilakukan oleh Moms dan Dads. 

Popok Merries ini juga memiliki lapisan antibakteri yang dengan ekstrak kandungan daun teh yang dapat mencegah bau dan iritasi. Kulit bayi kembar pun sehat dan terawat. Popok Merries Skin Protection memiliki daya tampung yang cepat dan banyak sehingga kulit Si Kecil tetap kering dan terhindar dari kebocoran. . Masih banyak kelebihan dari popok Merries Skin Protection. Untuk mengetahuinya, Moms bisa klik link berikut ini!