Yuk, Kejar Imunisasi Si Kecil Selama Pandemi

Merries Insight
Kesehatan
Share
Yuk, Kejar Imunisasi Si Kecil Selama Pandemi

Walaupun masih dalam masa pandemi, imunisasi bayi tetap harus dilakukan supaya Si Kecil bisa terlindungi dari varian virus COVID-19 terbaru dan virus pemicu penyakit lainnya. Hal ini sesuai dengan anjuran dokter spesialis anak Rumah Sakit Akademik (RSA), dr Fita Wirastuti, M.Sc., Sp.A.

“Imunisasi dasar wajib dilakukan meskipun dalam masa pandemi. Kalaupun kondisinya memang tidak memungkinkan, boleh ditunda maksimal 1 bulan. Sebisa mungkin imunisasi dilakukan sesuai jadwal,” ujarnya yang dilansir dari situs resmi UGM.

Cara Mendapatkan Imunisasi Selama Pandemi

Karena dilakukan di masa pandemi, imunisasi bayi akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Hal itu lantas berpengaruh terhadap cara mendapatkan imunisasinya. Menurut UNICEF, berikut beberapa cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan imunisasi di masa pandemi:

  • Sebelum datang datang ke pelayanan kesehatan terdekat, pastikan Moms dan Si Kecil tidak sedang mengidap flu, batuk, atau gejala-gejala lainnya, serta tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien COVID-19.
  • Kenakan masker dan bawalah kartu imunisasi anak atau buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Untuk Si Kecil yang masih di bawah 2 tahun, Si Kecil tidak perlu mengenakan masker., nNamun, Moms harus pastikan bahwa Si Kecil berada dalamdi pengawasan Moms selama di tempat imunisasi, serta dan tidak menjalin kontak dengan orang lain . Hal ini supaya Si Kecil terhindar dari penyakit dan virus. 
  • Datanglah ke layanan kesehatan terdekat yang menyediakan imunisasi sesuai dengan jadwal yang berlaku.
  • Sesampainya di tempat imunisasi, cuci tangan Moms dan Si kecil dengan air mengalir dan sabun atau bisa juga pakai hand sanitizer.
  • Lakukan registrasi dan duduklah di ruang tunggu yang sudah disediakan. Jarak jaga aman dengan orang lain sejauh dua meter, baik saat duduk di ruang tunggu maupun saat keluar-masuk ruangan pelayanan kesehatan.
  • Setelah proses imunisasi selesai, Moms dan Si Kecil harus mencuci tangan lagi dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.
  • Setelah sampai di rumah, bersihkan diri dengan mandi dan cuci rambut, lalu gantilah pakaian yang Moms dan Si Kecil kenakan dengan pakaian baru. Jika saat imunisasi Moms memakai kain atau gendongan, cuci kain atau gendongan tersebut sesampainya di rumah.
  • Jika Moms atau Si Kecil mengalami keluhan setelah imunisasi, silakan hubungi pihak layanan kesehatan terdekat.

Layanan Kesehatan yang Melayani Imunisasi di Masa Pandemi

Tidak semua layanan kesehatan melayani imunisasi di masa pandemi. Menurut Petunjuk Teknis Pelayanan Imunisasi pada Masa Pandemi COVID-19 yang dirilis Kemkes, ada tiga tempat yang bisa diakses saat ingin imunisasi di masa pandemi, yaitu:

  • Posyandu.
  • Puskesmas, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang membuka layanan imunisasi.
  • Puskesmas keliling.

Tiga tempat itu dipilih karena berdasarkan penilaian dan pemetaan risiko, ketiga tempat di atas aman untuk dijadikan tempat pelayanan imunisasi. Posyandu, Puskesma, dan fasilitas kesehatan lain yang membuka layanan imunisasi, imunisasi akan dilakukan dalam ruangan dan sesuai jadwal yang ditentukan. Dalam praktiknya, imunisasi pada tempat-tempat tersebut harus mematuhi protokol kesehatan dan prinsip Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Adapun layanan puskesmas keliling akan diberikan untuk wilayah yang belum terjangkau pelayanan posyandu dan puskesmas dalam ruangan, serta untuk orang-orang yang masih ragu untuk datang langsung ke posyandu.

Alasan Orangtua Tidak Perlu Takut Mengimunisasi Si Kecil Selama Pandemi

Sebagian orangtua masih ragu untuk melakukan imunisasi selama pandemi. Padaal, pihak Kemenkes sudah menjamin jika hal tersebut aman dilakukan. Adapun beberapa alasannya adalah:

1. Tenaga Kesehatan yang Melayani Imunisasi Sudah Mematuhi Protokol Kesehatan

Sebelum bertugas, tenaga kesehatan yang melayani imunisasi sudah dilatih untuk mematuhi sejumlah protokol kesehatan. Mereka juga sudah diberikan sejumlah APD dalam jumlah memadai, mulai dari masker, baju pelindung, sampai sarung tangan.

2. Jarak Fisik Peserta Imunisasi Akan Selalu Dijaga

Kemenkes mewajibkan setiap layanan imunisasi untuk selalu menjaga jarak fisik setiap peserta imunisasi. Baik saat berada di ruang tunggu maupun selama keluar-masuk tempat layanan imunisasi.

3. Adanya Sarana Cuci Tangan di Setiap Layanan Imunisasi

Selain menjaga jarak fisik, Kemenkes juga meminta setiap layanan imunisasi untuk menyediakan sarana cuci tangan. Sarana tersebut harus dilengkapi sabun atau cairan pembersih tangan, serta ditempatkan di tempat terjangkau supaya bisa diakses dengan mudahi. Sarana tersebut harus dimanfaatkan peserta imunisasi dan tenaga kesehatan, baik sebelum maupun setelah imunisasi.

4. Adanya Proses Skrining Sebelum Memasuki Layanan Imunisasi

Sebelum memasuki layanan imunisasi, setiap peserta imunisasi akan menjalani proses skrining. Proses ini dilakukan untuk memastikan apakah mereka aman dari risiko penularan virus COVID-19. Proses pemeriksaannya sendiri dilakukan dengan mengecek suhu setiap peserta imunisasi. Selain proses skrining, Kemenkes juga mengimbau setiap peserta imunisasi untuk tetap di rumah jika sedang dalam kondisi kurang fit.

5. Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, dan Fasilitas Kesehatan Penyedia Imunisasi Lainnya Sudah Memiliki Area Tunggu yang Terpisah dengan Area Perawatan Orang Sakit

Bagi Moms yang mau membawa Si Kecil imunisasi di posyandu atau puskesmas, jangan khawatir. Saat ini, dua layanan imunisasi itu sudah memiliki area tunggu yang terpisah dengan area perawatan orang sakit, sehingga risiko penularan COVID-19 dan virus lainnya bisa dihindari.

Itulah informasi soal kejar imunisasi bayi selama pandemi. Semoga bisa membuat Moms yakin untuk membawa Si Kecil imunisasi walau saat ini masih pandemi. Baik sebelum dan setelah imunisasi, Moms harus selalu memenuhi kebutuhan Si Kecil, termasuk popok yang ia kenakan.

Untuk urusan popok, Moms bisa menggunakan popok Merries Skin Protection pada Si kecil. Merries Skin Protection merupakan popok higienis dengan lapisan antibakteri yang mengandung ekstrak daun teh yang dapat mencegah iritasi dan bau, serta membuat kulit Si Kecil sehat terawat.

Sirkulasi udara pada popoknya membuat Si Kecil nyaman sepanjang hari, bahkan saat ia sedang imunisasi. Cara memakainya mudah dan bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja. Popok Merries Skin Protection bisa Moms pesan langsung disini!