Yuk Jaga Kesehatan Si Kecil Selama Liburan Dengan Cara Ini!

Merries Insight
29 November 2019
Kesehatan
Share
Yuk Jaga Kesehatan Si Kecil Selama Liburan Dengan Cara Ini!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Kendalikan Aktivitas Si Kecil
  2. Gunakan Pakaian yang Sesuai
  3. Atur Pola Makan Selama Liburan
  4. Pastikan Si Kecil Istirahat Yang Cukup

Musim liburan datang dan Moms pun siap untuk kembali berlibur bersama keluarga tercinta. Selain mempersiapkan kebutuhan selama liburan, jangan lupa Moms pun harus mempersiapkan kondisi kesehatan Si Kecil agar acara liburan yang dilakukan bisa berjalan maksimal.

Sebenarnya langkah ini sangat mudah kok Moms, berikut merupakan panduan sederhana menjaga kesehatan Si Kecil selama berlibur.

Kendalikan Aktivitas Si Kecil

Euphoria berlibur memang sulit untuk dihindari. Akibatnya, Si Kecil akan bermain dengan riang tanpa mengenal batas lelah. Contohnya saat bermain di kolam renang atau saat bermain pasir di tepi pantai, mereka bisa berada di sana seharian penuh.

Untuk menghindari dampak buruk dari aktivitas berlebihan, Moms harus bisa mengontrol dan mengendalikan kesenangan mereka. Buatlah jadwal yang bervariasi dalam berlibur, misalnya hanya 2 jam di kolam renang, atau berada di tepi pantai untuk bermain pasir. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan jadwal perjalanan dengan jadwal anak ya Moms!

Sisanya, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk mengunjungi spot-spot wisata lainnya yang tidak kalah menarik, misalnya bermain ke cagar alam untuk melihat keindahan alam dan satwa liar, dan aktivitas lainnya yang tidak terlalu menguras tenaga.

Selain itu, setelah capek bermain, biasanya Si Kecil akan tertidur selama perjalanan menuju satu spot ke spot wisata lainnya. Manfaatkan ini sebagai upaya untuk mengistirahatkan tubuhnya yang lelah.

Gunakan Pakaian yang Sesuai

Saat beraktivitas di luar ruangan, Moms harus menyediakan pakaian yang sesuai dengan aktivitas Si Kecil. Saat berada di perjalanan, pastikan Si Kecil menggunakan jaket. Hal yang sama berlaku saat Si Kecil mengunjungi tempat lainnya dengan suhu udara yang dingin.

Saat bermain ke tempat wisata berbasis alam, seperti cagar alam dan lainnya, pastikan Si Kecil mengenakan pakaian yang tertutup. Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan nyamuk, dan serangga lainnya yang bisa mendatangkan dampak buruk bagi Si Kecil.

Saat berada di tempat dengan terik matahari yang cukup menyengat, gunakan sunblock atau tabir surya khusus anak untuk mencegah dampak buruk dari paparan sinar matahari. Pilih produk tabir surya khusus anak-anak yang sekarang cukup banyak dijual di toko kosmetik.

Intinya, gunakan pakaian yang sesuai dengan destinasi wisata yang dikunjungi. Hindari penggunaan aksesoris berlebihan, seperti kacamata anak, dan lainnya.

Atur Pola Makan Selama Liburan

Biasanya, selain menikmati keindahan destinasi wisata yang dikunjungi, banyak orang yang memadukan aktivitas ini dengan wisata kuliner. Tentu saja ini boleh saja dilakukan, tapi tetap perhatikan pola makan Si Kecil, jangan sampai dibiarkan bebas jajan tanpa batasan.

Pastikan Moms memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Misalnya buah-buah segar, ikan bakar, atau makanan lainnya dengan kandungan gizi seimbang.

Jangan lupa, pastikan juga kebutuhan cairan Si Kecil terpenuhi. Pasalnya, selama berlibur tentu Si Kecil akan melakukan banyak aktivitas fisik yang menguras keringat, terlebih jika Moms dan keluarga berkunjung ke destinasi wisata dengan suhu udara yang sangat panas, seperti pantai.

Jika dibutuhkan, Moms bisa memberikan suplemen multivitamin agar kesehatan dan kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi dengan maksimal. Tapi ingat, untuk yang satu ini pastikan produk tersebut bebas gula, dan sesuai dengan rekomendasi dokter.

Pastikan Si Kecil Istirahat Yang Cukup

Moms pasti merasa sangat senang melihat keceriaan yang terpancar di wajah Si Kecil. Hal yang sama pun berlaku pada Si Kecil, dia bahkan bisa terlihat seolah punya tenaga ekstra yang membuatnya tetap enerjik dan mampu bermain seharian penuh.

Tapi meskipun begitu, pastikan kebutuhan istirahatnya tercukupi. Untuk memenuhi kebutuhan istirahat ini, Moms bisa tetap mengikuti pola tidur Si Kecil saat di rumah. Misalnya jika terbiasa tidur jam 7 malam, maka pastikan Si Kecil memenuhinya.

Tingkatkan juga kualitas tidur Si Kecil dengan cara membuat suasana kamar yang tenang dan nyaman. Jika Si Kecil kesulitan tidur, ajak dia untuk mandi air hangat setelah lelah bermain, dan sajikan segelas susu untuk menjaga sirkulasi darahnya berjalan optimal.

Kalau masih belum berhasil, Moms bisa mengajak Si Kecil berkeliling kota dengan kecepatan rendah. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi Si Kecil yang sulit tidur karena terlalu asyik bermain.

Kenapa bisa seperti itu? Getaran mesin yang berjalan konstan, plus posisi Si Kecil yang diam akan membuat efek tubuh lebih ringan, sehingga rasa kantuk lebih mudah datang. (oleh Joanne Getsy, MD., direktur medis di Drexel University Sleep Center, Philadelphia, Amerika)

Semoga informasi di atas bermanfaat dan agar bepergian dengan Si Kecil jadi lancar dan menyengkan, simak video berjudul Tips Praktis Bersama Si Kecil Saat Bepergian ini yuk Moms!