Yang Perlu Mom Ketahui Tentang Mata Si Kecil yang Belekan

Merries Insight
20 Juni 2016
Kesehatan
Share
Yang Perlu Mom Ketahui Tentang Mata Si Kecil yang Belekan

Belekan ternyata tidak hanya dapat menyerang orang dewasa lhi Moms. Belekan juga dapat terjadi pada si kecil. Belekan itu sendiri merupakan penyakit di mana mata selalu berair dan mengeluarkan banyak kotoran mata. Keadaan ini sebetulnya biasa dialami oleh bayi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan si kecil belekan di antaranya adalah:

  • Infeksi jalan lahir. Infeksi ini biasanya didapat si kecil pada saat proses persalinan berlangsung. Ketika mengetahui hal ini dokter biasanya akan memberi obat yang sesuai dengan faktor penyebab infeksi.
  • Ada sumbatan di saluran air mata bayi. Keadaan ini dapat menghambat aliran air mata si kecil ke rongga hidung sehingga mata si kecil terus menerus berair. Genangan air itulah yang dapat mengundang kuman penyebab terjadinya infeksi.

Jika si kecil kebetulan mengalami belekan, Moms dapat melakukan beberapa tindakan berikut ini untuk mengatasinya.

Perhatikan Belekan Pada Si Kecil Apakah Normal atau Tidak

Bila belekan masih normal atau belek pada mata si kecil hanya sedikit saat pagi hari dan tidak mengganggu, maka Moms tidak perlu khawatir. Cukup bersihkan matanya dengan kapas yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Bersihkan mata dari bagian dalam ke arah luar.

Bila belek si kecil cukup banyak dan menyebabkan matanya lengket, kompreslah matanya dengan kapas dan air hangat. Kotoran yang menyebabkan mata si kecil lengket biasanya akan lebih mudah dibersihkan. Hindari penggunaan cairan pembersih mata atau boorwater pada si kecil.

Membawa Ke Dokter

Bila belekan sudah berlangsung selama lebih dari 3 hari, segera bawa si kecil ke dokter. Sebelumnya coba perhatikan apakah bagian putih pada matanya berwarna merah atau tidak. Laporkan hal ini pada dokter saat konsultasi. Bila mata si kecil kemerahan, Moms perlu waspada terhadap terjadinya infeksi.

Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengatasi infeksi. Selain itu perhatikan juga cara pemberian obat mata pada si kecil. Pastikan Moms menanyakan dengan jelas bagaimana cara pemakaiannya.

Mengatasi Penyumbatan Saluran Air Mata

Bila saluran air mata si kecil tersumbat dan masalah infeksi telah berhasil diatasi, Moms mungkin perlu melakukan pemijatan agar saluran air mata yang tadi tersumbat dapat terbuka kembali. Perlu diketahui, saluran air mata terletak di dalam mata atau dekat dengan pangkal hidung. Sebelumnya memijat pangkal hidung si kecil, cuci tangan lebih dulu.

Usahakan agar kuku jari Moms tidak melukai kulit bayi yang tipis. Perhatikan juga apakah kulit tangan Moms kasar atau tidak. Kulit yang kasar mungkin saja dapat melukai si kecil saat Anda memijatnya. Biasanya pijatan dilakukan dengan cara menggerakkan ibu jari mulai dari pangkal hidung bayi ke arah hidung. Atau Moms juga bisa memijat dengan gerakan memutar.