Water Birth, Kenapa Diminati?

Merries Insight
21 Maret 2016
Kesehatan
Share
Water Birth, Kenapa Diminati?

Ketakutan akan rasa sakit saat melahirkan adalah hal wajar. Apalagi untuk kali pertama. Mungkin Moms juga merasakan ketakutan yang sama. Adapun metode water birth atau melahirkan di dalam air digadang-gadang ampuh meminimalisir rasa sakit. Alhasil para wanita hamil pun cenderung tertarik dan mencoba water birth. Jadi penasaran, bagaimana proses water birth itu? Kenapa water birth banyak diminati?

Melahirkan di Dalam Air

Pada pelaksanaan metode water birth, ibu jongkok, duduk, atau mengambil posisi lain yang sekiranya terasa nyaman untuk mengejan dalam air. Metode persalinan ini memang sangat berbeda dibanding persalinan normal ataupun operasi caesar. Lantas apa yang membuat metode water birth diminati?

Salah satu keuntungan bagi Moms yang memilih metode water birth yaitu berkurangnya rasa sakit. Sehingga secara tidak langsung juga menurunkan kebutuhan akan obat pereda rasa sakit sejenis epidural. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Berendam di dalam air hangat bisa menekan rasa sakit akibat kontraksi. Seperti halnya mandi air hanya yang membantu meringankan nyeri punggung atau sakit perut. Bukan hanya itu saja, masih ada banyak keuntungan lain yang bisa Moms dapatkan dari metode water birth, diantaranya:

  • Efek Relaksasi

Air memberi efek relaksasi ketika Moms yang akan melahirkan masuk ke dalam air hangat. Kondisi yang rileks saat berendam secara tidak langsung juga membuat napas Moms lebih teratur, sehingga mengurangi rasa sakit akibat kotraksi.

  • Dukungan Gravitasi

Mengambil posisi jongkok atau duduk di kolam renang ditambah dukungan gravitasi akan membantu Moms lebih mudah melahirkan. Mengejan dalam posisi demikian juga mempercepat proses persalinan. Bagi Moms yang memiliki kekurangan fisik tentunya bisa memperoleh keuntungan lebih dengan memilih water birth.

  • Lebih Mudah Bergerak

Tubuh Moms akan terasa lebih ringan saat mengapung di dalam air. Kondisi inilah yang membuat Moms lebih mudah bergerak, memilih posisi paling nyaman. Namun, tetap jaga posisi lutut lebih rendah dari pinggul. Adapun yang tidak kalah penting, pastikan posisi yang Moms pilih bisa mempermudah si kecil keluar.

  • Privasi

Melahirkan dengan water birth memberi privasi lebih bagi Moms. Bila merasa kurang nyaman, Moms bisa meminta lampu diredupkan selama proses melahirkan. Adanya privasi lebih inilah yang sekiranya menjelaskan mengapa water birth diminati.

  • Mengurangi Resiko Hipotermia Pada Bayi

Selain faktor kenyamanan untuk Moms, ada lagi alasan yang menjadikan metode satu ini diminati, Moms. Karena suhu air di kolam water birth dibuat sama dengan suhu di dalam rahim Moms, resiko si kecil terkena hipotermia pun dapat ditekan. Plus, Moms tak perlu takut si kecil tenggelam atau tersedak. Karena pada dasarnya, bayi baru bisa mempergunakan paru-parunya 10 detik setelah dilahirkan sempurna. Tenaga medis yang mendampingi Moms pun pasti akan dengan cekatan mengangkat si kecil dan menyerahkannya kepada Moms.

Itulah beberapa keuntungan water birth. Tidak heran bila metode melahirkan di dalam air menjadi pilihan. Akan tetapi, pahami pula risiko water birth. Metode unik ini memang belum terlepas dari risiko seperti si kecil tenggelam, infeksi, hingga kerusakan tali pusat. Oleh karenanya, konsultasikan dengan bidan atau dokter Moms ya.