Waspadai Penyakit Umum yang Sering Menjangkit Bayi saat Terjadi Perubahan Cuaca

Merries Insight
04 Februari 2015
Kesehatan
Share
Waspadai Penyakit Umum yang Sering Menjangkit Bayi saat Terjadi Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca dari musim hujan ke musim panas dan sebaliknya sering membuat badan kurang fit, apalagi pada bayi yang sistem imunnya masih belum sekuat orang dewasa. Oleh karena itu penting sekali bagi moms untuk terus waspada dengan beberapa jenis penyakit yang sering menjangkit di saat terjadi perubahan cuaca. Kira-kira penyakit apa saja yang sering menjangkit di saat terjadi perubahan cuaca? Berikut informasinya.

Demam

Demam sebenarnya bukanlah penyakit. Demam merupakan sebuah gejala yang menandakan bahwa tubuh sedang melakukan pertahanan terhadap suatu infeksi. Demam tidak hanya sering dialami oleh anak-anak saja. Orang dewasa pun tak bisa menghindar dari demam jika memang tubuhnya melawan infeksi.

Penyakit saluran pernafasan

Gejala umum terjadinya penyakit saluran pernafasan adalah timbulnya batuk yang disertai dengan nafas yang sesak. Terkadang juga disertai flu/ pilek, peningkatan suhu tubuh, dan bersin-bersin. Sama seperti demam, gangguan pada saluran pernafasan ini tidak hanya sering dialami oleh bayi atau anak-anak saja, melainkan juga remaja dan orang dewasa.

Penyakit saluran pencernaan

Penyakit saluran cerna ini biasanya disebabkan oleh kotoran atau debu yang mengandung bakteri/ kuman/ virus pembawa penyakit. Bakteri/ kuman/ virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan, minuman, peralatan makan, air, dan tangan yang tidak bersih. Biasanya penyakit ini banyak diderita saat musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Gejala umum penyakit ini antara lain diare/ mencret, mual, muntah, sakit kepala, dan demam.

Nah, jika Anda ingin bayi Anda tidak terjangkit ketiga jenis penyakit di atas, sebaiknya lakukan hal-hal ini:

Jaga kebersihan

Jagalah kebersihan apa saja seperti pakaian, peralatan makan, tempat tidur, mainan, botol susu, dan benda-benda lain milik bayi Anda. pastikan steril sebelum digunakan.

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggendong atau menyentuh si kecil.

Tangan adalah sumber kuman/ bakteri/ virus penyebab penyakit. Untuk menghilangkan virus/ bakteri/ kuman pada tangan, cucilah kedua tangan dengan sabun antiseptik dan bilas dengan air mengalir.

Segera periksakan kondisi kesehatan si kecil jika si kecil mengalami salah satu gejala gangguan kesehatan di atas ke dokter spesialis anak.