Trik Mengusir Kelelahan Selama Masa Kehamilan

Merries Insight
18 Agustus 2016
Kesehatan
Share
Trik Mengusir Kelelahan Selama Masa Kehamilan

Selain masalah sesak nafas dan sakit pinggang, kelelahan merupakan masalah kronis yang kerap terjadi selama masa kehamilan, terlebih buat Moms yang terbiasa naik turun tangga, memikul beban berat atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Bagi wanita hamil yang berstatus ibu rumah tangga, mungkin kelelahan bukan hal yang harus ditakutkan. Pasalnya, mereka bisa beristirahat kapan saja. Tapi bagi wanita karier, masalah kelelahan merupakan hal pelik dan harus diatasi sejak dini karena berhubungan dengan produktifitas.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dalam boldsky, berikut merupakan beberapa trik usir kelelahan selama masa kehamilan.

Banyak istirahat

Salah satu cara terbaik untuk mengusir kelelahan adalah dengan banyak istirahat. Tapi ingat, bukan berarti Moms boleh tidur sepanjang hari atau hanya duduk di depan TV dan menyantap camilan saja. Banyak istirahat di sini maksudnya, tidur lebih awal di malam hari, dan batasi aktivitas fisik Moms.

Makanan sehat

Selama masa kehamilan, Moms butuh tambahan kalori sebanyak 300 kkal setiap hari. Hal inilah yang tidak disadari banyak Ibu hamil, hingga akhirnya kelelahan pun mudah melanda. Tapi ingat, jangan berlebihan ya. Pasalnya, terlalu gemuk juga tidak baik untuk kesehatan. Usahakan yang normal saja!

Minum banyak air

Selain makanan, Ibu hamil pun butuh asupan cairan lebih banyak dari kondisi normal, terlebih kalau Moms termasuk wanita aktif. Makanya, untuk mengatasi masalah kelelahan ini, perbanyak konsumsi air putih dari jumlah biasanya. Contohnya, jika biasanya 8 gelas per hari, kini tingkatkan hingga 10-12 gelas per hari.

Olahraga ringan

Seperti disebutkan di atas, Moms disarankan banyak beristirahat, bukan berarti hanya duduk tanpa kegiatan. Justru sebaliknya, demi menjaga kebugaran, olahraga rutin merupakan hal yang wajib Moms lakukan. Jangan lupa, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga terbaik untuk Moms.

Mengurangi kegiatan rutin

Maksud mengurangi kegiatan rutin di sini ada banyak versinya, bisa mengurangi frekwensinya, mengurangi intensitasnya, atau mengurangi bebannya. Intinya, kegiatan apapun yang Moms lakukan dan kira-kira dapat menguras energi, sebaiknya batasi. Kalau tubuh sudah lemas, jangan dipaksakan!

Jangan lupa Moms, untuk menjaga kesehatan Moms dan jenis selama masa kehamilan, sebaiknya rutin melakukan kontrol ke dokter, atau tenaga medis terdekat. Selamat menikmati momen luar biasa ini Moms!