Tips menyiapkan MPASI Si Kecil saat masa travelling

Merries Insight
31 Maret 2021
Kesehatan
Share
Tips menyiapkan MPASI Si Kecil saat masa travelling

Tumbuh kembang Si Kecil merupakan prioritas penting bagi setiap orang tua. Selain tumbuh kembangnya, hal lain yang menjadi prioritas Moms dan Dads sebagai orang tua yaitu memastikan segala kebutuhan Si Kecil terpenuhi dengan baik. Salah satu kebutuhan penting bagi Si Kecil yaitu makanan. Memperhatikan apa saja kandungan makanan yang dikonsumsi oleh Si Kecil merupakan salah satu kewajiban orang tua agar kebutuhan nutrisi untuk tubuh nya dapat dipenuhi. Seperti yang diketahui bersama selama dalam masa pertumbuhan kebutuhan nutrisi haruslah terpenuhi dengan baik agar tumbuh kembang Si Kecil tidak terganggu.

Bagi bayi dari newborn hingga 6 bulan, asupan makanannya hanya berasal dari ASI yang diberikan secara eksklusif. Akan tetapi meskipun hanya mengkonsumsi ASI eksklusif, untuk kebutuhan gizi dari Si Kecil sudah dapat terpenuhi. Hal tersebut karena ASI memang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dari usia 0-6. Selain itu juga hanya ASI yang cocok dengan saluran pencernaan bayi karena pada usia 0-6 bulan saluran pencernaan bayi masih sangat sensitif. Seiring dengan semakin bertambahnya usia Si Kecil dan juga diiringi dengan perkembangan dari kebutuhan akan nutrisi tubuhnya membuat ASI tidak dapat lagi dijadikan sumber satu-satunya nutrisi bagi bayi. Hal tersebut dikarenakan ASI hanya memiliki fungsi sebagai sumber protein, vitamin, dan mineral untuk bayi sedangkan karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan tidak bisa didapatkan dari ASI.

Apa itu MPASI?

Demi memenuhi kebutuhan-kebutuhan nutrisi lengkap untuk Si Kecil wajib sekali Moms memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). MPASI diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil yang tidak didapatkan dari ASI atau susu formula. Biasanya Moms akan membuat MPASI dengan komposisi seimbang yang terdiri dari protein hewani, karbohidrat, sayuran, buah-buahan atau bahan-bahan lainnya yang memiliki kadar gizi tinggi dan baik bagi tumbuh kembang Si Kecil. 

MPASI diberikan orang tua saat bayi berusia 6 bulan, disaat kondisi tubuh bayi sudah mulai bisa mengolah makan tersebut di dalam saluran pencernaannya. Menu MPASI 6 bulan yang diberikan juga disesuaikan untuk teksturnya misalnya saja pada awal-awal untuk makanan yang dikonsumsi masih disamakan dengan tekstur ASI yang cair. Menyesuaikan tekstur untuk menghindari organ pencernaan Si Kecil bekerja terlalu berat atau bahkan jika dapat melukai saluran pencernaannya karena masih sangat sensitif. Perkembangan tekstur MPASI selain mengikuti perkembangan organ pencernaannya juga mengikuti usia bayi itu sendiri. 

Sebagai orang tua baru tentunya Moms dan Dads ingin memberikan yang terbaik termasuk perihal gizi dan kandungan MPASI Si Kecil. Pembuatan MPASI yang bergizi serta aman untuk dikonsumsi oleh bayi akan membutuhkan perhatian lebih banyak sehingga kadang terkesan merepotkan.  Hal inilah yang membuat para orang tua baru akan lebih memikirkan berkali-kali untuk melakukan travelling, apalagi saat Si Kecil baru memasuki masa MPASI. Akan tetapi saat ini anda tidak perlu lagi khawatir apalagi saat anda sudah memutuskan untuk mengajak  Si Kecil travelling bersama. 

Baca Juga

Moms, Ini Dia Cara Menyiapkan Rumah Bayi Baru Lahir Yang Montessori!

Lebih baik mana, MPASI Instan atau MPASI Homemade?

Tips Travelling Aman dengan Mobil saat Hamil

Tips mempersiapkan MPASI saat travelling

Moms dan Dads yang akhirnya memutuskan untuk melakukan travelling bersama Si Kecil wajib sekali memperhatikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerepotan dalam menyiapkan MPASI Si Kecil. Beberapa tips untuk Moms dan Dads perihal menyiapkan MPASI saat travelling yaitu:

  1. Menyusun rencana menu

Sebelum bepergian salah satu tips bagi moms yaitu menyusun set menu untuk Si Kecil agar tidak bingung lagi saat ingin membuat MPASI. Makanan bayi untuk masa travelling juga harus dipastikan dalam keadaan baik dan juga awet selama di perjalanan. 

    2. Membawa food processor multifungsi

Saat melakukan travelling moms bisa membawa food processor yang memiliki semua fungsi yang dibutuhkan untuk membuat makanan pendamping ASI. Food processor multifungsi memiliki kegunaan yaitu dapat dapat mengukus, memblender dan menghangatkan dalam satu alat. Bila terasa ribet, Moms bisa membawa blender portable mini untuk membantu menghaluskan makanan Si Kecil.

Baca Juga

Tips Travelling Aman dengan Mobil saat Hamil

Pentingnya Menyiapkan Bekal Makanan Sehat Untuk Sekolah

Panduan Menyiapkan MPASI Jadi Lebih Mudah

    3. Menyiapkan bahan-bahan yang mudah diolah

Ketika travelling tentunya Moms dan Dads kadang merasa sangat lelah dan hanya ingin istirahat saja di hotel. Menanggulangi hal itu Moms dan Dads bisa mengatasinya dengan membawa bahan-bahan yang mudah diolah untuk bahan MPASI seperti buah alpukat atau buah naga yang untuk menghancurkannya tidak perlu menggunakan baby food maker.

    4. Membawa MPASI yang sudah dibuat di rumah dan di bekukan

Salah satu solusi untuk Moms saat harus travelling dengan Si Kecil adalah membawa makanan pendamping ASI yang lebih dulu telah dibuat di rumah kemudian dibekukan. Makanan yang dibekukan akan membuat makanan tersebut lebih tahan lama dan nantinya saat akan menggunakannya Moms hanya perlu menghangatkannya kembali. Namun, Moms harus berinvestasi di cooler bag untuk menjaga makanan tetap dingin.

    5. Membeli MPASI homemade di kota tujuan travelling

Baca Juga

Tips Travelling Aman dengan Mobil saat Hamil

Lebih baik mana, MPASI Instan atau MPASI Homemade?

Moms, Ini Dia Cara Menyiapkan Rumah Bayi Baru Lahir Yang Montessori!

Salah satu solusi lain yang bisa jadi pilihan para orang tua yang membawa bayi saat travelling yaitu membeli Makanan Pendamping ASI “homemade” di kota tujuannya. Sebelumnya Moms bisa lebih dahulu mencari informasi dari internet atau bertanya dengan pegawai hotel tempat menginapnya di mana bisa menemukan penjual makanan MPASI homemade di kota tersebut.

Itulah beberapa tips persiapan MPASI saat travelling yang bisa menjadi solusi untuk Moms dan Dads. Apapun solusi yang dipilih oleh Moms sebagai orang tua tentunya merupakan pilihan yang praktis dan terbaik bagi Si Kecil. Meskipun begitu Moms dan Dads juga tetap harus memperhatikan kebersihan dari makanan itu berasal dan cara mempersiapkan MPASI untuk Si Kecil. Seperti yang kita ketahui bahwa bayi memiliki saluran pencernaan yang lebih sensitif dibandingkan orang dewasa jadi mudah terserang gangguan saluran pencernaan apalagi proses cara mempersiapkan MPASI saat travelling haruslah ditempat bersih.

Selain melihat kebersihan dari asal makanan itu sendiri untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Moms dan Dads juga harus memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di makanan pendamping ASI Si Kecil. Jangan sampai karena ingin memasak makanan MPASI yang mudah dan cepat sebagai orang tua tidak memperhatikan apakah kandungan nutrisi Si Kecil tercukupi atau tidak. Selain MPASI, Moms dan Dads juga bisa menyiapkan cemilan-cemilan bayi yang biasa dimakan Si Kecil, selain untuk menjaga agar tidak kelaparan, cemilan juga bisa membuat bayi lebih tenang. Tidak hanya soal makanan, namun juga popok harus dipersiapkan agar Si Kecil tetap nyaman. Apalagi biasanya saat travelling, Si Kecil akan banyak duduk atau tidur, sehingga popok yang dipilih harus nyaman. Dengan daya serap tinggi, bahan yang lembut, sirkulasi udara yang baik sehingga popok tidak pengap, popok Merries yang merupakan popok bayi terbaik siap menemani Si Kecil selama travelling. Popok Merries tipe celana juga memiliki tape pengikat untuk menggulung popok kotor dan memudahkan Moms dan Dads membuang popok kotor selama di perjalanan.