Tips Memilih Tas Popok

Merries Insight
23 November 2020
Kesehatan
Share
Tips Memilih Tas Popok

Dahulu, banyak mitos yang mencegah Moms yang baru melahirkan untuk membawa Si Kecil yang baru lahir keluar rumah. Namun kini, bayi yang belum berusia 40 hari pun sudah kerap diajak keluar rumah jika cukup sehat. Tidak heran, saat ini kebutuhan tas popok meningkat diikuti dengan tren model dan jenis yang beragam.

Moms dan Dads akan membutuhkan tas yang cukup fungsional untuk menyimpan keperluan Si Kecil saat keluar rumah, cukup tahan lama dan awet, dan cukup bagus dan bergaya jika ingin membawanya setiap hari ataupun sekadar jalan-jalan. Karena kebutuhan yang beragam akan tas popok, jenis-jenis tas popok pun makin beragam, dengan banyak fitur untuk dipertimbangkan. Bagaimana cara memilih tas popok yang tepat? Simak yuk!

1. Utamakan kualitas

Kualitas adalah yang utama, jadi kriteria pertama yang harus Moms pertimbangkan saat harus mau membeli tas popok adalah hal tersebut. Kualitas menjadi pertimbangan karena Moms nantinya akan menggunakan tas popok ini selama 1-2 tahun lamanya atau hingga anak besar. 

Bahkan Moms juga dapat menggunakannya untuk anak selanjutnya. Coba periksa bahan yang digunakan, cek resletingnya kuat atau tidak, jahitan pada talinya cukup kuat atau tidak, dan sebagainya. 

Jadi pastikan tas popok yang ingin Moms gunakan memiliki kualitas bagus, selain itu kualitas biasanya berbanding lurus dengan kenyamanan saat digunakan.

Seperti juga saat memilih popok, dengan penggunaan popok yang tepat akan membuat Si Kecil semakin nyaman. Si Kecil bisa bermain dengan ceria tanpa harus merasakan gatal ataupun perih akibat popok yang tidak tepat.

Baca Juga

Keuntungan Jika Moms Memilih Popok Sekali Pakai di Banding Popok Kain

Barang-Barang Inilah yang Harus Ada di Tas Dads Saat Datangnya Masa Persalinan

Pentingnya Memilih Popok Yang Baik Untuk Kenyamanan Merangkak Dan Merayap Bagi Bayi

Popok Merries memiliki terowongan udara di bagian dalam popok dan indikator pipis yang berada di luar popok. Terowongan udara mampu menjaga sirkulasi udara tetap lancar yang membuat permukaan popok tetap kering, sehingga potensi Si Kecil mengalami iritasi ataupun ruam popok karena kulitnya lembab, bisa terhindar.

Indikator alarm penanda pipis berfungsi sebagai indikator popok penuh. Ketika popok Si Kecil terpapar lembap atau cairan, pada awalnya indikator akan berwarna kuning. Lalu, strip akan berangsur-angsur menjadi warna biru ketika terpapar lembap atau cairan.

2. Kapasitas besar dan mendapat alas ganti popok

Pada umumnya tas bayi dilengkapi dengan sejumlah kantong agar bisa memasukkan perlengkapan bayi saat bepergian seperti botol bayi, diapers, minyak telon, dan lain sebagainya. Lalu hal pertama yang harus Moms pertimbangkan dalam memilih tas bayi adalah ukurannya.

Tentunya ukuran tas bayi sangatlah beragam. Apabila Moms sering berpergian jauh, maka sebaiknya mencari tas bayi dengan ukuran agak besar agar dapat menampung semua perlengkapan bayi. Sedangkan untuk tas berkapasitas kecil dapat digunakan sehari-hari.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ialah memilih tas bayi yang menyediakan cukup ruang dan kantong agar bisa menaruh beberapa perlengkapan secara terpisah tanpa harus bercampur dengan barang lain alias memiliki kompartemen yang luas. Pertimbangkan tas popok yang memiliki banyak kantong, agar bisa memisahkan berbagai kebutuhan sI Kecil.

Baca Juga

Kiat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Tips Memilih Popok Bayi Sekali Pakai Untuk Newborn

Pentingnya Memilih Popok Yang Baik Untuk Kenyamanan Merangkak Dan Merayap Bagi Bayi

Biasanya saat membeli tas popok, Moms akan mendapatkan gratis alas untuk mengganti popok bayi. Alas ini sangat berguna, supaya bayi tidak terpapar langsung dengan kasur yang berada pada tempat umum di ruangan menyusui. 

Bentuknya persegi panjang dan memiliki bahan lembut, sehingga bayi tetap nyaman berbaring di atasnya saat sedang berganti popok.

Untuk memudahkan juga, pilihlah Popok Merries NB24 untuk bayi baru lahir atau tipe tape sesuai berat badan Si Kecil. Bahannya yang ekstra lembut dan terdiri dari 3 lapisan mampu membuat Si Kecil tetap nyaman sepanjang hari. Popok Merries memiliki perekat yang dapat dilepas-pasang tanpa kehilangan daya rekat, sehingga Moms dan Dads bisa dengan mudah mengganti dan menyesuaikan popok bahkan ketika sedang berjalan-jalan/traveling tanpa alas ganti popok semudah di rumah. 

3. Model dan warna unisex

Dahulu, tas popok lebih banyak memiliki model dan warna yang lebih feminim, namun hal ini malah membuat Dads menjadi tidak percaya diri untuk membawa tas popok. Padahal, baik Moms dan Dads akan sering menggunakan tas popok. Kini, sudah semakin banyak model dan warna yang bisa dipilih. Moms dan Dads bisa memilih tas popok bersama agar memastikan baik Moms dan Dads akan nyaman membawa tas popok ke mana saja.

Saat ini model tas popok juga sangat beragam sehingga bisa digunakan oleh Moms maupun Dads. Ada cukup banyak model yang tersedia, mulai dari ransel, tas jinjing, tas bahu, hingga sling bag. 

Baca Juga

Kiat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Moms, Bijaklah Memilih Tas Ransel Untuk Si Kecil

Tips Memilih Popok Bayi Sekali Pakai Untuk Newborn

Tas bayi ransel adalah model yang paling direkomendasikan, karena selain nyaman digunakan, model tas ini juga mudah dibawa dan tidak membuat tubuh mudah pegal. Ransel juga tidak akan membuat Dads risih memakainya.

Soal warna, meski Moms ingin yang lebih terlihat manis atau lucu, ingat kalau tas ini bukan hanya akan dibawa oleh Moms. Sebaiknya pilih warna tas unisex atau netral bagi Moms atau Dads. Begitu juga dengan motif tas popok. Lebih baik pilih tas popok bersama pasangan ya, agar memastikan Moms dan Dads tidak keberatan membawa tas popok tersebut. 

Biasanya, model yang unisex adalah tas popok dengan model messenger atau ransel. Tas messenger biasanya memiliki kompartemen yang banyak apalagi bisa model ini digunakan untuk tas popok. Ukuran dan banyaknya kantong memudahkan untuk memegang dan mengatur semua kebutuhan Moms dan keperluan sehari-hari bayi.

Belum lagi, tali selempang biasanya memiliki panjang tali yang bisa disesuaikan, memungkinkan Moms memegang tas dengan aman sekaligus memudahkan untuk membuka dan mengambil apa pun yang Moms butuhkan saat bepergian.

Adapun tas popok berbentuk ransel biasanya unggul karena banyaknya kantong dan ukuran yang biasanya lebih besar. Ransel popok bisa menyimpan banyak barang, mulai dari gendongan bayi hingga pakaian ekstra, lampin, popok, tisu, botol, kunci, dan segala sesuatu di antaranya.

Baca Juga

Kiat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Moms, Bijaklah Memilih Tas Ransel Untuk Si Kecil

Pentingnya Memilih Popok Yang Baik Untuk Kenyamanan Merangkak Dan Merayap Bagi Bayi

Tidak hanya besar; ransel diaper juga mendistribusikan beban secara merata di bahu Moms dan memungkinkan kedua tangan Moms bergerak bebas, sehingga Moms dapat menggendong bayi, mendorong kereta dorong, atau mengambil makanan dari rak belanjaan tanpa tas popok Moms jatuh.

Baca Juga: Bukan Hanya Memberi Nafkah, Ini Peran Dads dalam Keluarga!

4. Bahan tahan air dan mudah dibersihkan

Fungsi utama dari tas popok untuk membawa keperluan Si Kecil. Oleh karena itu pilihlah tas bayi berbahan waterproof meski banyak model dan beragam desain yang menarik. Pasalnya, bahan tersebut lebih mudah dibersihkan serta tak mudah basah. 

Belum lagi, liur bayi, tumpahan susu dan jus, makanan ringan yang berserakan, debu, tidak peduli seberapa keras Moms mencoba, tas popok pasti akan kotor juga pada akhirnya. Maka dari itu, Moms mungkin membutuhkan tas popok dengan bahan yang mudah untuk dibersihkan jika kotor. Ini juga bisa menjadi pertimbangan Moms ketika memilih warna tas, pilih warna yang tidak begitu terang agar tas popok tidak cepat terlihat lusuh/kotor.

Adapun pada bagian dalam tas, bahan yang waterproof biasanya berbahan parasut. Bahan ini sangat mempermudah Moms saat membersihkan tas popok, apabila susu atau air tumpah di dalamnya. Selain itu, bahan parasut juga mampu meminimalkan perubahan warna akibat noda pada susu tumpah tersebut.

Baca Juga

Tips Memilih Popok Bayi Sekali Pakai Untuk Newborn

Keuntungan Jika Moms Memilih Popok Sekali Pakai di Banding Popok Kain

Kiat Memilih Popok Bayi Baru Lahir

Baca Juga: Tekan Pengeluaran Melalui Pemilihan Popok Bayi yang Tepat

5. Sesuaikan dengan budget

Tas bayi pun dijual dengan harga yang beragam, namun usahakan yang Moms pilih adalah yang memiliki fungsi paling sesuai dan tentu saja budget yang sesuai dan sudah dipersiapkan.

Penting untuk memilih tas popok dengan kualitas terbaik dan harga terbaik juga tentunya. Jika memiliki budget yang banyak maka bisa memilih tas dengan merek dan harga yang lebih tinggi. Sebab tas popok yang lebih mahal biasanya terdapat kualitas yang sudah teruji. Tentunya cari tas bayi yang harga dan kualitas berbanding lurus, ya.