Tips Jaga Kesehatan Bayi Menjelang Musim Hujan

Merries Insight
31 Januari 2015
Kesehatan
Share
Tips Jaga Kesehatan Bayi Menjelang Musim Hujan

Ketika musim hujan, biasanya bakteri/ kuman/ virus tumbuh dengan subur dan menyebar dengan cepat. Tak heran ketika musim hujan banyak orang yang rentan terkena flu, batuk, demam, diare, dan penyakit lainnya yang sering menjangkit saat musim hujan. Tak hanya orang dewasa yang rawan terjngkit beberapa penyakit di atas, bayi tentunya jauh lebih rawan karena sistem imunnya yang belum sekuat sistem imun orang dewasa. Moms, agar bayi Anda tetap terjaga kesehatannya selama musim hujan, berikut tips-tipsnya.

Perkuat sistem imunnya

Moms, pastikan Anda memberikan suplemen atau multivitamin pada bayi Anda untuk memperkuat sistem imunnya. Dengan sistem imun yang kuat, berbagai jenis penyakit musiman yang sering menjangkit di musim hujan dapat dihindari.

Jaga kebersihan

Wajib bagi moms untuk menjaga kebersihan makanan, minuman, lingkungan bermain, tempat tidur, peralatan makan si bayi, tubuh si bayi, dan peralatan mandi bayi, serta benda-benda lainnya yang sering digunakan oleh bayi Anda. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik bagi siapa saja yang ingin menggendong bayi Anda.

Pakaian bayi

Saat musim hujan, pakaikan pakaian hangat pada bayi Anda. Pakaikan juga topi, kaos kaki, sarung tangan, dan sepatu hangat pada bayi Anda. Jika kiranya cuacanya tidak terlalu dingin, sesuaikan pakaian bayi agar bayi tetap nyaman.

Sedia payung sebelum hujan

Ketika Anda akan beraktivitas di luar rumah sembari membawa bayi Anda, jangan lupa untuk sediakan payung atau jas hujan untuk mencegah bayi dan Anda terkena air hujan secara langsung. Namun sebaiknya ketika musim hujan Anda tidak perlu membawa serta si kecil ketika Anda akan keluar rumah.

Mencuci tangan sebelum memberi makan si kecil

Wajib bagi Anda untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun antiseptik sebelum Anda menyentuh makanan untuk si kecil. Tangan si kecil juga perlu Anda bersihkan dengan menggunakan tissue antiseptik agar tangan bayi Anda juga steril dari kuman/ bakteri.

Periksakan kesehatan si kecil

Jika Anda menjumpai si kecil demam, flu, batuk, atau diare, segera periksakan kondisi kesehatannya ke dokter spesialis anak.