Tips Aman Mencukur Rambut Bayi di Masa Pandemi

Merries Insight
23 Maret 2021
Kesehatan
Share
Tips Aman Mencukur Rambut Bayi di Masa Pandemi

Mencukur rambut bayi adalah salah satu kegiatan yang selalu dilakukan oleh orang tua pada umumnya untuk bayi yang baru lahir. Saat mencukur rambut biasanya orang tua sebelumnya mengadakan acara selapanan/selamatan atau pengajian di rumah sebagai simbol kehidupan baru bagi bayi. Bagi sebagian orang mencukur rambut bayi hanyalah sebuah tradisi turun temurun yang selalu dilakukan saat bayi baru lahir. Akan tetapi tahukah Moms dan Dads bahwa ternyata mencukur rambut Si Kecil memiliki manfaat penting bagi kesehatan bayi.

Manfaat Mencukur Rambut Bayi

Mencukur rambut bayi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan kulit kepala dan kenyamanan Si Kecil. Beberapa manfaat itu di antaranya ialah membantu menghilangkan kotoran-kotoran berupa lemak dari rahim Moms yang terbawa di rambut bayi, menjaga kesehatan kulit kepala karena setelah dicukur akan lebih mudah membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala, selain itu mencukur rambut juga bisa membuat bayi merasa nyaman karena kepala botak tidak membuat gerah. Mencukur bayi bisa dilakukan sendiri oleh Moms dan Dads atau dengan bantuan tenaga ahli cukur rambut.

Manfaat Terdapat beberbagai manfaat yang dapat didapatkan ketika Moms dan Dads rutin mencukur ruambut Si Kecil, salah satunya adalah menjaga helai rambut sehat karena terus dicukur secara rutin. Moms dan Dads bisa membawa Si Kecil ke ahli cukur atau memotong rambut Si Kecil sendiri di rumah. Keuntungan yang diperoleh jika Moms dan Dads mencukur rambut si kecil sendiri yaitu bisa menghemat pengeluaran, memastikan kebersihan terjaga karena menggunakan alat potong/gunting sendiri, dan bisa menyesuaikan waktu aktivitas Si Kecil. Melakukan cukur rambut saat wakt tidur Si Kecil bisa jadi pilihan tepat karena saat tidur bayi akan jauh lebih tenang. Namun, mencukur rambut bayi tidaklah semudah yang terlihat apalagi bagi Moms dan Dads sebagai orang tua baru. Akan tetapi saat ini sudah banyak sumber-sumber informasi untuk Moms dan Dads agar bisa mencukur rambut bayi dengan benar.

Tips Melakukan Cukur Rambut Bayi

Sebelum melakukan kegiatan cukur rambut bayi, Moms dan Dads bisa mencari beberapa informasi di internet atau bertanya kepada orang-orang terdekat yang sudah lebih berpengalaman. Informasi yang cukup akan membantu Moms dan Dads untuk menghindari esalahan pada saat mencukur rambut Si Kecil. Beberapa tips yang bisa dilakukan Moms dan Dads untuk mengetahui cara cukur rambut bayi yang aman di masa pandemi saat ini, yaitu

1. Memastikan kebersihan perlengkapan cukur

Sebelum mencukur rambut Si Kecil, Moms dan Dads harus memastikan bahwa seluruh perlengkapan dari alat cukur, pisau cukur, kain pelindung, handuk, tisu, dan gunting sudah disterilkan dengan alat steril atau membersihkan menggunakan antiseptik dengan baik dan tentunya aman bagi Si Kecil. Selain alat-alat yang digunakan untuk mencukur rambut bayi, tangan Moms dan Dads harus dipastikan sudah steril, baik dengan mencuci tangan minimal 40-60 detik atau telah mengggunakan hand sanitizer.

2. Menyiapkan peralatan dan tempat yang nyaman

Setelah mensterilkan peralatan yang digunakan Moms dan Dads bisa menata peralatan di tempat yang nyaman untuk Si Kecil, biasanya di teras rumah atau mungkin ruang nonton tv dan tentunya tempat yang mudah bagi Moms dan Dads mengambil alat-alatnya pada saat mencukur rambut bayi. Persiapan yang matang akan memudahkan Moms dan Dads sehingga tidak kerepotan saat membutuhkan alat-alat yang mungkin tempat menaruhnya jauh dari tempat mencukur rambut bayi. Juga jangan lupa pakaikan Si Kecil popok selama mencukur, karena bisa saja Si Kecil pipis atau pup pada saat mencukur. Gunakan popok bayi terbaik, Merries, karena pada bagian dalam popok memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak pengap dan memberi kenyamanan Si Kecil selama proses mencukur. Selain itu popok Merries memiliki karet lembut di bagian pinggang dan selangkanan yang tidak akan meninggalkan tanda merah, bahkan bila Si Kecil terus bergerak karena menangis saat tidak nyaman rambutnya sedang dipotong.

3. Memilih waktu yang tepat

Kegiatan mencukur rambut bayi harus disesuaikan dengan jam-jam Si Kecil tidak rewel contohnya saat tidur siang. Waktu tidur siang bisa menjadi pilihan tepat untuk Moms dan Dads melakukan kegiatan mencukur rambut bayi. Pada saat tertidur, Si Kecil akan lebih mudah diatur posisinya selain itu juga saat tidur bayi tidak akan banyak bergerak sehingga hal tersebut memudahkan Moms dan Dads mencukur rambutnya.

4. Mengikuti langkah-langkah potong rambut yang aman

Meskipun mencukur rambut bayi di rumah, Moms dan Dads harus mengikuti langkah-langkah potong rambut seperti para ahli potong rambut karena dipastikan aman bagi Si Kecil. Sebelum rambut dipotong, Moms dan Dads bisa menggendong bayi dan membasahi rambut Si Kecilterlebih dulu dengan air bersih. Karena jika tidak dibasahi terlebih dahulu akan ada rasa rambut tertarik saat digunting dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu juga cara mencukur rambut yang baik yaitu dengan memotong rambut menjadi sependek mungkin menggunakan gunting setelah itu baru menggunakan alat cukur. Hal tersebut bisa meminimalisasikan rasa tidak nyaman karena rambut tertarik saat dicukur dengan alat cukur.

5. Mencukur rambut dengan perlahan

Pada saat proses cukur rambut, baik menggunakan gunting ataupun alat cukur, Moms dan Dads harus melakukannya secara perlahan. Karena jika terlalu cepat, Si Kecil akan merasa tidak nyaman dan akhirnya akan lebih banyak bergerak. Ketika bayi mulai banyak bergerak, Moms dan Dads akan kesulitan mencukur rambutnya dan jika dipaksakan bisa mengakibatkan kulit kepala bayi terluka.

Pasca Memotong Rambut Bayi

Setelah rambut bayi sudah tercukur dengan baik, Moms dan Dads wajib sekali untuk membersihkan tubuh Si Kecil dari sisa-sisa rambutnya yang mungkin menempel dengan mandi dan keramas. Setelah keramas, kepala bayi harus secepatnya dikeringkan dengan handuk bersih agar tidak merasa kedinginan. Setelah memotong Rambut, Moms dan Dads pasti memikirkan bagaimana cara agar rambut bayi cepat tumbuh. Moms dan Dads bisa memberikan produk-produk vitamin rambut khusus bayi yang bagus setelah bayi keramas. Selain dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut bayi, produk vitamin rambut seperti kemiri dan lidah buaya juga dapat menjadi solusi untuk cara melebatkan rambut bayi setelah dicukur. Jadi Moms dan Dads tidak perlu khawatir lagi, karena rambut Si Kecil akan tumbuh lebih cepat dan lebat dengan menggunakan vitamin rambut secara rutin.

Produk vitamin rambut yang dipilih harus dipastikan kualitasnya sudah terjamin.Kualitas produk dapat dilihat dari komposisi bahan-bahannya apakah aman dan tidak berefek samping jika digunakan sering dan dalam waktu yang lama oleh bayi. Selain ituMoms dan Dads harus lebih ketat untuk memastikan produk - produk yang diberikan kepada Si Kecil sudah memiliki ijin edar dari BPOM atau belum. Ijin edar BPOM bisa menjadi tolak ukur pasti untuk suatu produk tersebut aman digunakan karena terbuat dari komposisi yang dianjurkan oleh pemerintah.

Referensi
Alodokter