Sakit Tipes Saat Hamil, Apa Yang Harus Dilakukan?

Merries Insight
27 November 2019
Kesehatan
Share
Sakit Tipes Saat Hamil, Apa Yang Harus Dilakukan?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Bahaya Tipes Untuk Ibu Hamil
  2. Bagaimana Cara Mengatasi Tipes Saat Hamil?
  3. Bolehkah Mengkonsumsi Air Cacing?
  4. Cara Mencegah Tipes Saat Hamil

Tipes merupakan salah satu penyakit yang cukup sering diderita orang Indonesia. Menurut data Badan Litbangkes Kemenkes RI, hampir 100 ribu orang di Indonesia terjangkit penyakit tipes selama tahun 2008. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, anak-anak, dewasa hingga ibu hamil.

Bahaya Tipes Untuk Ibu Hamil

Tipes atau demam tifoid merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini menyebar lewat makanan dan air tidak higienis, termasuk makanan dan minuman yang tercemar feses orang yang terinfeksi (penderita tipes).

Dilansir dalam Babycenter, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obstetric Medicine, menyebut jika bakteri Salmonella typhi bisa menembus plasenta hingga menginfeksi janin dalam kandungan. Infeksi bakteri ini berisiko meningkatkan keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Ada juga penelitian yang menyebut jika janin dalam kandungan bisa tertular penyakit tipes. Tapi untuk penelitian ini, banyak pakar yang kurang setuju karena sulit untuk membuktikan apakah janin dalam kandungan terkena tipes atau tidak.

Tapi yang jelas, para pakar sepakat jika tipes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, tidak hanya untuk Moms, tapi juga untuk janin dalam kandungan. Berikut adalah dampak buruk penyakit tipes terhadap kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

  • Berisiko keguguran

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Obstetric Medicine terungkap bahwa tipes saat hamil bisa meningkatkan risiko keguguran.

  • Bayi lahir dengan berat rendah

Tipes saat hamil juga bisa meningkatkan risiko Moms melahirkan bayi dengan berat rendah. Selain disebabkan karena tipes, bayi lahir dengan berat rendah juga dapat disebabkan karena kondisi kesehatan lainnya seperti anemia, komplikasi selama kehamilan, efek dari merokok saat hamil, dan infeksi tertentu seperti listeria dan toxoplasmosis.

  • Meningkatkan risiko bayi lahir prematur

Sakit tipes saat hamil bisa menyebakan bayi lahir prematur. Karena itulah, Moms disarankan untuk menjaga kebersihan dengan baik agar risiko untuk terkena tipus saat hamil dapat diminimalisir.

Bagaimana Cara Mengatasi Tipes Saat Hamil?

Hal pertama yang bisa Moms lakukan adalah, istirahat total alias bed rest. Hal ini dilakukan untuk membantu mencegah perdarahan pada usus yang umumnya terjadi ketika tipes. Selain itu, bed rest pun dilakukan agar Moms bisa beristirahat total hingga kondisi badan benar-benar pulih.

Bed rest ini dilakukan selama kurang lebih 7-14 hari, tergantung tingkat keparahan tipes. Moms bisa kembali melakukan aktivitas secara bertahap hingga kekuatan Moms benar-benar pulih.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup untuk mengganti cairan yang banyak terbuang saat tipes. Konsumsi juga buah-buahan dengan kandungan air banyak, seperti semangka, melon dan jambu.

Buah-buahan pun disarankan dikonsumsi karena mengandung vitamin C yang tinggi, berfungsi untuk memaksimalkan proses penyembuhan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hindari makanan bertekstur keras seperti daging merah, makanan asam, gorengan, dan makanan tinggi lemak. Moms pun disarankan untuk makan dalam porsi sedikit tetapi sering. Hal ini dilakukan untuk meringankan kerja saluran cerna agar lebih mudah mencerna makanan yang dikonsumsi.

Bolehkah Mengkonsumsi Air Cacing?

Mayoritas masyarakat Indonesia sangat percaya dengan khasiat air cacing (terbuat dari cacing tanah yang disangrai lalu dicampur dengan air putih) yang berfungsi untuk mengatasi penyakit tipes. Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi air cacing?

Seperti disebutkan diatas, tipes merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada usus. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri Salmonella typhi. Nah karena disebabkan oleh bakteri, maka penanganan yang paling efektif adalah, dengan pemberian antibiotik secara tuntas.

Ada banyak jenis antibiotik yang bisa digunakan untuk mengatasi tipes. Tapi untuk ibu hamil, biasanya dokter akan memilih untuk memberikan ampisilin, ampicillin, dan ceftriaxone. Jenis antibiotik ini termasuk aman dikonsumsi ibu hamil, dan cukup ampuh melawan tipes.

Untuk air cacing, sebaiknya tidak dikonsumsi Moms. Pasalnya, tingkat kebersihannya produk tersebut masih diragukan. (oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB, dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM)

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Indonesian Medical Association, tahun 2013, menyebut jika penggunaan obat cacing untuk mengatasi tipes hanya mitos belaka. Pasalnya, cacing tidak punya efek antibiotik apapun terhadap bakteri Salmonella typhi.

Cara Mencegah Tipes Saat Hamil

Karena sakit tipes saat hamil dapat berdampak buruk terhadap kesehatan Moms dan janin dalam kandungan, sebaiknya Moms lebih berhati-hati dengan dengan penyakit ini. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mencegah tipes, diantaranya :

  1. Perhatikan kebersihan makanan dan minuman yang akan Moms konsumsi. Sangat disarankan untuk tidak sering jajan di luar. Pasalnya, makanan di luar kebersihannya tidak terjamin.
  2. Pastikan Moms selalu mencuci tangan sebelum makan, dan setelahnya. Sebaiknya gunakan sabun antiseptik yang direkomendasikan dokter.
  3. Cuci bersih buah dan sayur yang akan dikonsumsi. Moms bisa menggunakan sabun pencuci sayuran dan buah, kemudian bilas di air yang mengalir.

Jika Moms mengalami mengalami gejala tipes seperti nyeri otot, demam tinggi, sakit kepala, lemas dan kelelahan, sakit perut, tidak enak badan, dan gejala lainnya, segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.