Saat Anak Ajak Teman Main di Rumah

Merries Insight
10 Januari 2015
Kesehatan
Share
Saat Anak Ajak Teman Main di Rumah

Saat ini si kecil mungkin sudah tidak malu – malu lagi saat dikenalkan dengan teman baru. Bahkan anak justru sudah mulai menikmati aktivitas bermain bersama teman. Tidak jarang Moms yang sering kewalahan meminta teman – temannya pulang mungkin karena agar mereka beristirahat atau karena anak masih ada acara lain.

Pada usia ini anak memang tengah mengasah kemampuan sosialnya dan mulai senang dengan kesempatan untuk berinteraksi dengan anak – anak yang lain. Kegiatan ini biasa dikenal sebagai playdate yakni ketika anak tengah dalam tahap membangun hubungan pertemanan yang lebih akrab dengan teman lewat kegiatan bermain. Anak bahkan mungkin sudah mulai mengajak teman untuk bermain ke rumah.

Bila si kecil sudah dirasa sudah mampu melakukan playdate, maka Moms perlu memperhatikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi ketika ia sedang bermain dengan temannya di rumah. Pasalnya acara bermain kadang tidak berjalan mulus dan diwarnai dengan kejadian seperti berikut:

Berebut Mainan

Ketika bermain di rumah dan anak berebut mainan, Moms mungkin tidak tahan mendengar jeritan si kecil dan temannya yang memperebutkan mainan yang sama. Namun Moms sebaiknya jangan langsung terlibat, terkecuali jika sudah ada aksi fisik misalnya anak saling pukul. Setelah itu, Moms dapat menghentikan mereka dan selidiki apa masalahnya. Beri mereka saran untuk memainkan mainan tersebut secara bergantian atau meminta mereka memainkannya bersama – sama.

Jika cara ini gagal dan anak masih berebut, maka ambilah mainan tersebut. Cara ini ternyata juga dapat membantu anak mengasah kemampuannya dalam memecahkan masalah di mana anak akan belajar berbagi mainan daripada tidak memainkannya sama sekali

Bila Ada Teman yang Tersisih

Karakter dan kemampuan sosial setiap anak memang tidak sama Moms. Ada yang senang mengamati kejadian dan ada yang lebih asyik dengan diri sendiri daripada ikut terlibat langsung di dalam pembicaraan. Namun ada juga anak yang senang ‘mengatu’ semua temannya untuk ikut.

Maka jika hal ini terjadi biarkan saja. Tetapi Moms juga dapat mengarahkan buah hati Moms agar menjadi tuan rumah yang baik. Mintalah anak untuk menemani temannya yang masih belum seelsai makan dan memintanya melibatkan semua teman dalam kegiatan permainan. Tentu tuan rumah yang baik tak akan membiarkan tamunya tertinggal kan?

Anak Tidak Mau Pisah Dengan Mama

Jika ini terjadi biarkan saja anak melihat situasi lebih dulu. Beri anak waktu dan sebaiknya Moms tetap berinteraksi dengan para mama lain yang ikut dalam playdate atau dengan teman – teman baru si kecil. Dari sini anak dapat melihat bagaimana cara bersikap baik kepada orang lain. Pasalnya ada beberapa anak memang lebih lambat secara psikososial dari anak pada umumnya.

Contohnya anak sudah berusia 5 tahun namun kemampuan sosialnya masih sama seperti anak usia 3 tahun. Jadi anak harus melihat mamanya dulu, merasa aman, dan melihat dulu. Moms sebaiknya jangan memaksanya karena jika semakin ditekan anak merasa semakin tidak aman dan membuatnya menempel terus dengan mama.