Permainan yang Bisa Menstimulasi Kemauan Berbagi pada Si Kecil

Merries Insight
15 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Permainan yang Bisa Menstimulasi Kemauan Berbagi pada Si Kecil

Untuk menstimulasi si kecil salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara bermain. Dalam menstimulasi atau memberi rangsangan tersebut harus sesuai dengan tingkatan usia dan yang paling tepat menstimulasi anak bisa dilakukan pada usia 19 bulan sampai 4 tahun. Alasannya adalah karena pada usia tersebut si kecil memasuki tahap perkembangan yaitu saat anak bersifat egosentris.

Pada usia ini juga si kecil belum mampu membedakan antara kehidupan nyata dan kehidupan khayalan serta perbuatan yang benar atau salah, mereka hanya mengetahui perbuatan benar atau salah karena diberitahu orang tua atau mendapat konsekuensi yang diberi orang tua. Pada usia ini si kecil sering mencoba sesuatu hal yang baru dan banyak bertanya.

Pada umur ini juga tumbuh sikap pemalu dan sikap kemandirian dan bila diperkenankan mengenai sesuatu yang baru, si kecil tidak akan merasa malu (seperti makan sendiri tapi walaupun masih berantakan), menanggapi pertanyaan si kecil dengan respon positif dan jangan mempermalukannya saat mengajarkan aturan. Hal tersebut akan menumbuhkan sikap percaya diri dan kemandirian pada si kecil, bila hal tersebut tidak dilakukan akan timbul kurang rasa percaya diri dan manja.

Salah satu stimulasi si kecil yang diajarkan di usia ini adalah stimulasi interpersonal, yaitu kegiatan yang dapat menstimulasi kemauan berbagi pada si kecil. Kemauan berbagi bisa dikategorikan merupakan kecerdasan interpersonal. Orang tua bisa merangsang kemauan berbagi pada si kecil dengan belajar mengerti perasaan si kecil, memahami anak dengan emosinya, beri peluk dan cium serta belajar untuk menumbuhkan sikap kemandirian dan membantu diri sendiri ataupun orang-orang terdekatnya.

Kemauan berbagi pada si kecil bisa juga dengan mengajarkan untuk berempati dengan orang lain serta mengajak anak berinteraksi dengan orang lain, selain itu ada beberapa permainan yang bisa menstimulasi kemauan berbagi pada si kecil, antara lain:

  1. Kemauan berbagi pada si kecil dengan melakukan permainan bertukar peran dan permainan secara berkelompok sehingga si kecil akan diajarkan berbagi peran dan tugas dalam kelompok.
  2. Bisa juga bercakap-cakap dengan bahasa singkat dan jelas, seperti “Ini Mama”. Arahkan wajah Moms berhadapan dengan wajah si kecil sambil bercakap-cakap, permainan ini akan mengajarkan si kecil kontak dengan orang lain.
  3. Kemauan berbagi pada si kecil bisa juga dilakukan dengan melambai-lambaikan tangan, salaman. Hal ini dapat menstimulasi si kecil menciptakan interaksi dengan orang lain. Oleh sebab itu, ajak bermain di taman dekat rumah, biarkan ia mulai mengenal orang lain di luar keluarga, panggil namanya, biarkan ia memahami bahwa itu adalah namanya dan tunggu sampai ia memberikan respon, misalnya dengan menoleh ke arah pemanggil.

Beberapa permainan yang dapat menstimulasi kemauan berbagi pada si kecil dalam pemilihan permainan juga perlu diperhatikan permainan yang cocok untuk usia si kecil. Nah, sudah siap bukan Moms untuk menstimulasi si kecil?

Baca Juga

Permainan-Permainan Ini Ternyata Bisa Membantu Si Kecil Mengontrol Emosinya

Dads, Ini Trik Berbagi Tugas dengan Moms dalam Merawat Si Kecil

3 Cara Ajarkan Arti Berbagi pada Anak