Penyebab Bayi Baru Lahir Cegukan

Merries Insight
29 September 2022
Kesehatan
Share
Penyebab Bayi Baru Lahir Cegukan

Cegukan adalah hal yang wajar dialami oleh bayi baru lahir hingga usianya mencapai setahun. Walaupun begitu, Moms dan Dads harus bisa menangani kondisi tersebut supaya tidak menimbulkan dampak negatif.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), cegukan atau singultus adalah kondisi dimana diafragma Si Kecil mengalami kontraksi secara tiba-tiba dan tidak disengaja. Ada banyak hal yang menyebabkan bayi baru lahir mengalami cegukan. Apa saja kira-kira?

Penyebab Bayi Baru Lahir Cegukan

Umumnya, cegukan pada Si Kecil baru lahir ada dua, yaitu:

1. Banyaknya Udara yang Masuk ke Si Kecil

Seperti pada orang dewasa, cegukan pada Si Kecil pun juga bisa disebabkan oleh udara yang masuk ke Si Kecil. Biasanya, udara ini masuk saat Si Kecil karena terlalu cepat menelan saat Si Kecil menyusui.

2. Refluks gastroesofagus

Cegukan pada bayi yang baru lahir juga bisa disebabkan oleh refluks gastroesofagus. Bagi yang belum tahu, refluks gastroesofagus adalah kondisi dimana katup antara lambung dan esofagus belum berfungsi dengan sempurna. Hal tersebut membuat asupan nutrisi yang sudah masuk ke lambung tidak bisa naik ke esofagus. Selain menimbulkan cegukan, kondisi tersebut juga akan membuat Si Kecil lebih sering menangis dan gumoh.

Berapa Lama Waktu Cegukan yang Normal untuk Bayi Baru Lahir?

Normalnya, bayi yang baru lahir akan cegukan beberapa kali dalam sehari, dimana cegukannya akan bertahan selama 5-10 menit. Selama cegukan, Si Kecil akan sering mengeluarkan suara “hik-hik” yang khas. Suara itu kontraksi tiba-tiba di diafragma yang menimbulkan isapan dara mendadak ke dalam paru yang melewati ruang antara pita suara.

Jika Si Kecil terlihat tenang selama cegukan, Moms dan Dads tidak perlu mengkhawatirkan kondisi Si Kecil. Moms dan Dads tinggal tunggu sampai cegukannya hilang dengan sendirinya. Sebaliknya, Moms dan Dads harus waspada jika cegukan Si Kecil terus cegukan hingga satu jam lamanya.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir

Walaupun bisa hilang sendiri, Moms dan Dads harus tetap mengatasi cegukan yang dialami Si Kecil supaya ia lebih merasa nyaman. Di bawah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi baru lahir:

1. Biarkan Si Kecil Bersendawa Saat Ia Menyusui

Menyusui sebetulnya bisa menjadi cara mengatasi cegukan pada Si Kecil, asalkan Moms bisa melakukannya dengan benar. Sebelum menyusui, pastikan Si Kecil sedang dalam keadaan tenang. Setelah menyusui, berikan waktu untuk Si Kecil sendawa supaya udara yang ada di dalam perut bisa keluar sehingga Si Kecil tidak cegukan.

2. Atur Posisi Si Kecil

Jika Si Kecil sudah menyusui dan sendawa, Moms bisa mengatur posisi bayi. Caranya, pegang dan atur posisi Si Kecil dalam kondisi tegak selama 20 menit, lalu tepuk-tepuk bagian belakang Si Kecil dengan lembut. Cara ini bisa membantu gas pada perut Si Kecil naik, sehingga gas tersebut tidak tertahan dan menimbulkan cegukan.

3. Bawa Si Kecil ke Tempat yang Hangat

Terkadang cegukan pada Si Kecil disebabkan oleh suhu dingin di sekitar Si Kecil. Untuk mengatasinya, Moms dan Dads bisa membawanya ke tempat yang hangat dan lembap. Tunggu beberapa saat sampai cegukannya berhenti. Moms dan Dads bisa menyangga tubuhnya sambil menepuk bagian belakang tubuhnya dengan lembut untuk membantu menghilangkan cegukannya.

Selama mengatasi cegukan pada Si Kecil, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan Moms dan Dads, yaitu:

  • Mengagetkan Si Kecil atau bahkan menakut-nakutinya.
  • Memberi bantuan pernapasan kepada Si Kecil.
  • Menekan dahi atau menarik lidahnya.
  • Meletakkan kain basah pada dahinya.

Kapan Harus ke Dokter?

Saat cegukan Si Kecil belum berhenti setelah 10 menit, Moms dan Dads harus waspada. Bisa jadi hal tersebut adalah tanda jika kondisi Si Kecil sudah mulai parah. Selain hal tersebut, ada beberapa tanda lain jika kondisi cegukan Si Kecil sudah parah, yaitu:

  • Muntah, rewel, dan sering menangis.
  • Si Kecil lebih sering mengeluarkan air liur, dimana air liurnya akan berwarna hijau atau kekuningan.
  • Si Kecil batuk-batuk atau sulit bernapas.

Moms dan Dads harus membawa Si Kecil ke dokter saat tanda-tanda tersebut muncul. Nantinya, dokter akan memberikan sejumlah penanganan medis yang tepat.

Cara Mencegah Cegukan

Agar kedepannya tidak cegukan lagi, Moms dan Dads harus melakukan sejumlah langkah pencegahan.Adapun salah satunya adalah jangan mengajak Si Kecil bercanda setelah menyusui,serta memberi waktu untuk sendawa dan istirahat pada Si Kecil setelah waktu menyusuinya selesai.

Itulah penyebab bayi baru lahir cegukan dan informasi terkait lainnya. Semoga bisa menjadi panduan untuk Moms dan Dads dalam menghadapi bayi baru lahir yang cegukan. Pastikan Moms dan Dads selalu memenuhi setiap kebutuhan Si Kecil, bahkan saat ia sedang cegukan.

Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi adalah popok bayi. Untuk urusan ini, Moms dan Dads bisa memilih popok Merries Premium Tape New Born. Popok dengan tiga lapisan bersirkulasi udara pada popok Merries ini membuat Si Kecil nyaman sepanjang hari. Bagian atasnya memiliki perekat yang bisa dilepas pasang, sehingga siapa pun bisa memasangkan popoknya dengan mudah.

Popok Merries ini juga memiliki bagian permukaan bergelombang yang membuat kotoran lunak dan cairan bisa terserap dengan baik. Masih banyak kelebihan dari popok Merries Premium Tape. Untuk mengetahuinya, Moms dan Dads bisa klik link berikut ini!