Metode Kangguru, Untuk Bayi yang Lahir Prematur

Merries Insight
24 Maret 2021
Kesehatan
Share
Metode Kangguru, Untuk Bayi yang Lahir Prematur

Menyambut kelahiran Si Kecil yang sudah dinantikan selama 9 bulan adalah hal yang harus dipersiapkan. Banyak sekali informasi-informasi yang perlu diketahui Moms dan Dads perihal semuanya tentang bayi. Memahami dan mengetahui informasi-informasi itu agar sebagai orang tua baru Moms tidak merasa kaget dan bisa mengatasi hal-hal mengenai Si Kecil dengan baik. Selain itu juga Moms bisa tahu mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir sehingga ketika Si Kecil hadir tidak merasa terkejut.

Akan tetapi bagaimana jika Moms tiba-tiba harus melahirkan Si Kecil saat usia kandungan belum mencapai 9 bulan. Sudah banyak memang saat ini ditemukan bayi lahir secara prematur atau pada saat usia kandungannya belum 9 bulan. Saat Si Kecil lahir secara prematur biasanya disertai dengan beberapa kondisi Si Kecil yang di bawah standar dibanding ketika Si Kecil lahir di usai 9 bulan. Salah satunya yaitu terlahir dengan berat badan rendah dibandingkan dengan bayi yang lahir di waktu yang seharusnya.

Pada bayi prematur cenderung memiliki kondisi tubuh yang lebih lemah dari bayi lainnya yang lahir di waktu lahirnya, kemungkinan dikarenakan organ-organ di dalam tubuhnya belum dapat berfungsi sempurna. Hal tersebut tentunya membuat Si Kecil yang lahir secara prematur lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan yang tentunya akan membuat Moms khawatir. Selain itu juga yang perlu Moms tahu, semakin jauh kelahiran Si Kecil dari perkiraan hari lahirnya, risiko gangguan kesehatan pada si bayi akan jauh lebih tinggi. Tentunya hal ini akan menjadi informasi penting untuk Moms yang memiliki bayi yang lahir prematur.

Salah satu yang disebabkan oleh kelahiran prematur yaitu bayi lahir dengan berat badan rendah. Bayi berat lahir rendah (BBLR) harus ditanggulangi dengan benar agar kesehatan bayi Moms tetap terjaga. Salah satu yang dapat dilakukan oleh anda sebagai orang tua untuk merawat bayi berat lahir rendah yaitu dengan melakukan Perawatan Metode Kanguru (PMK). Perawatan Metode Kanguru atau juga dikenal dengan sebutan kontak kulit dengan kulit bisa menjadi salah satu metode asuhan bagi bayi yang lahir secara prematur dengan melakukan kontak langsung antara kulit Moms dan kulit Si Kecil.

Metode kanguru adalah metode yang di mana untuk perawatan bayinya melibatkan orang tua khususnya, Moms. Metode kanguru dinamakan begitu karena pada prakteknya mengikuti sifat binatang kanguru dimana untuk membuat bayinya merasa hangat dia meletakkan bayinya di dalam kantungnya. Tahapan perawatan metode kanguru bayi prematur dilakukan dengan cara memposisikan bayi di atas dada di mana terjadi kontak langsung antara kulit dengan kulit. Si Bayi dibaringkan dengan telungkup di atas dada kemudian bagian kepala bayi menghadap ke samping agar telinga nya dapat menempel dengan baik di bagian dada mom. Dipastikan saat melakukan ini Moms harus bertelanjang dada agar sentuhannya langsung ke kulit Moms. Lamanya metode kanguru dilakukan bervariasi dan tidak bisa di sama ratakan untuk semua bayi karena kebutuhan bayi berbeda-beda, tetapi pada umumnya berlangsung sekitar 1-3 jam.

Tujuan metode kanguru bayi yaitu merupakan alternatif pengganti inkubator yang dibutuhkan dalam perawatan BBLR. Metode kanguru membantu untuk menjadi thermoregulator (usaha menjaga suhu tubuh) bagi bayi, sehingga bayi mendapatkan kehangatan dan memudahkan pemberian ASI, perlindungan dari infeksi. Beberapa manfaat lainnya yang didapatkan jika melakukan perawatan metode kanguru ini yaitu:

Baca Juga

4 Metode Melahirkan Ini Wajib Moms Ketahui!

Benarkah Keputihan dan Infeksi Selama Hamil Menyebabkan Bayi Lahir Prematur?

Waspada Bayi Lahir Prematur akibat Preklampsia

1. Membantu mempercepat peningkatan berat badan bayi

Bagi bayi yang lahir secara prematur menaikkan berat badan adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Beberapa studi menunjukkan bahwa perawatan metode kanguru bisa membantu mempercepat menaikkan berat badan bayi prematur. Hal tersebut terjadi karena posisi dari metode kanguru membuat tidur Si Kecil lebih nyenyak sehingga energinya bisa tersalurkan untuk memperbaiki fungsi tubuhnya lebih baik.

2. Memudahkan bayi menyusu

Posisi metode kanguru juga dapat memudahkan untuk Moms menyusui Si Kecil selain itu juga banyak informasi yang menyatakan bahwa metode kanguru juga bisa memperlancar ASI. Konsumsi ASI bayi prematur sangatlah penting karena dapat menurunkan resiko infeksi, gangguan pencernaan, dan masalah tumbuh kembangnya.

3. Menguatkan daya tahan tubuh bayi

Metode kanguru dipercaya dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi prematur sehingga tidak rentan terinfeksi virus ataupun bakteri. Selain itu juga metode kanguru juga dapat memudahkan Moms untuk menenangkan Si Kecil saat dia rewel. Tak hanya baik bagi Si Kecil metode kanguru untuk bayi prematur juga mampu mempererat hubungan emosional orang tua dengan bayi nya. Metode kanguru tidak hanya dapat dilakukan saat bayi masih di rumah sakit tetapi juga bisa dilakukan sendiri oleh Moms dirumah tapi, dipastikan sebelumnya anda sudah berkonsultasi pada dokter untuk prosedur metode kanguru ini.

Metode kanguru merupakan pilihan teknologi tepat guna yang bisa dipilih para orang tua karena merupakan perawatan yang murah dan dapat digunakan apabila fasilitas untuk perawatan BBLR sangat terbatas. Metode kanguru memiliki dua cara dalam pengaplikasiannya, yaitu:

1. Perawatan Metode Kanguru (PMK) Intermiten

PMK ini tidak dilakukan sepanjang waktu (intermiten) tetapi dilakukan hanya saat Moms menggunjungi Si Kecil yang masih di dalam perawatan inkubator. Biasanya dilakukan pada bayi dengan penyakit atau kondisi yang berat dan membutuhkan perawatan intensif. PMK dilakukan dengan durasi minimal satu jam, secara terus-menerus per hari. Setelah bayi lebih stabil, bayi dengan PMK intermiten dapat dipindahkan ke ruang rawat untuk menjalani PMK kontinu.

Baca Juga

Mengenal Metode Montessori yang Terkenal di Dunia PAUD Yuk, Moms!

Bayi Lahir Prematur Berisiko Alami Cerebral Palsy

Benarkah Keputihan dan Infeksi Selama Hamil Menyebabkan Bayi Lahir Prematur?

2. PMK Kontinu

Pmk kontinu dapat dilakukan saat kondisi bayi sudah stabil baik dan harus sudah dapat bernafas tanpa bantuan oksigen. Melakukan PMK dapat dilakukan untuk memberikan ASI agar dapat meningkatkan asupan ASI pada bayi prematur.

Menggunakan metode kanguru memiliki banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Oleh karena itu Moms dan Dads tidak perlu khawatir apakah aman untuk menggunakan metode ini pada Si Kecil karena pada kenyataannya para dokter pun menyarankan melakukan metode kanguru pada bayi prematur. Dalam pengaplikasiannya metode kanguru ini haruslah dengan benar agar badan bayi dapat tidak merasa sakit saat proses melakukan metode ini. Selain itu saat melakukan dengan benar bayi juga akan merasa lebih nyaman dan tumbuh kembangnya juga lebih cepat.

Bila Moms tidak yakin, tentunya Moms bisa berkonsultasi dengan dokter anak Moms untuk langkah-langkah melakukan PMK. Karena penting untuk Moms mengetahui cara menggendong bayi dengan benar agar menghindari Si Kecil tidak nyaman. Bayi akan merasa betah untuk berada di posisi metode kanguru lama-lama dan tentunya hal tersebut sangat baik karena bisa membantu dalam tumbuh kembang bayi prematur anda. Untuk menambah kenyamanan si Kecil saat melakukan metode kanguru, Moms bisa menggunakan popok bayi terbaik Merries NewBorn (NB) karena popok didesain untuk bayi baru lahir yang menggunakan perekat bisa lepas pasang, tentu hal ini memudahkan Moms mengganti popok pada saat si Kecil dalam metode kanguru.