Langkah-langkah Sederhana untuk Meredakan Kaki Bengkak

Merries Insight
23 November 2015
Kesehatan
Share
Langkah-langkah Sederhana untuk Meredakan Kaki Bengkak

Moms, ketika hamil, tidak hanya perut saja lho yang bengkak, tapi hampir seluruh tubuh anda akan membengkak, termasuk juga kaki. Untuk urusan kaki yang bengkak, walaupun ini termasuk normal, tapi jangan di biarkan Moms, karena kondisi ini akan menyebabkan rasa pegal dan tidak nyaman.

Dialami mayoritas Ibu Hamil

Kondisi kaki bengkak dianggap sebagai hal yang biasa. Bahkan sebanyak sebanyak 75 Persen Ibu hamil di dunia akan mengalami edema pada trimester akhir, di mana kebanyakan lokasi pembengkakan ini berada di bagian tungkai dan mata kaki.

Mengenai kemunculannya sendiri, biasanya pembengkakan ini akan muncul di bulan ke-8 masa kehamilan. Walaupun begitu, banyak ibu hamil yang akan mengalami pembengkakan ini sejak usia kehamilan bulan ke-6, atau bahkan bisa sebelumnya.

Pembengkakan di bagian kaki ini umumnya disebabkan karena pengumpulan dan tertahannya cairan dalam jaringan tubuh akibat dari adanya perubahan hormon. Selain itu, kondisi ini bisa juga disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan Ibu hamil.

Solusi atasi kaki bengkak

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pegal ini, salah satunya adalah dengan tetap melakukan aktivitas fisik, tapi di sesuaikan dengan kondisi kehamilan. Selain itu, salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan terapi merendam kaki. Caranya:

  • Siapkan hangat dalam sebuah wadah cukup besar atau baskom
  • Cari posisi duduk yang nyaman, dan usahakan ketika di rendam, posisi kaki tidak menggantung
  • Rendam kaki dalam air hangat
  • Berikan pijatan lembut dari mulai bagian betis, hingga bagian punggung kaki, sambil terus di rendam.

Cara sederhana di atas tidak hanya efektif untuk mengurangi pembengkakan kaki, tapi efektif juga untuk mengatasi rasa pegal karena kaki yang bengkak, dan ampuh untuk melancarkan peredaran darah yang tertahan di area kaki. Untuk menghindari kondisi kaki bengkak, sebaiknya pilih alas kaki yang nyaman di kaki, mengatur posisi duduk, dan lainnya. Selamat mencoba Moms!