Kepentingan Imunisasi Tambahan Untuk Bayi

Merries Insight
27 September 2014
Kesehatan
Share
Kepentingan Imunisasi Tambahan Untuk Bayi

Bayi memiliki tubuh yang masih rentan. Ketahanan tubuh yang belum sempurna terbentuk perlu diberi tambahan dari luar. Setiap Moms yang memiliki bayi dianjurkan untuk memberikan imunisasi untuk bayi mereka. Tujuan imunisasi untuk memperkuat daya tahan tubuh, mencegah kuman penyakit menyerang tubuh, mencegah infeksi berbahaya pada bayi. Banyak jenis imunisasi yang diberikan oleh bayi. Moms perlu memberikan imunisasi tambahan untuk bayi tercinta. Sebelum Moms menyesal karena tidak peduli memberikan imunisasi untuk bayi Moms. Berikut adalah jenis imunisasi dan peranan pentingnya bayi diberi imunisasi.

  • Imunisasi Pencegah Virus

Imunisasi tambahan yang harus Moms berikan melalui dokter ahli kepada bayi adalah Hib. Pemberian untuk bayi usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan 15 bulan. Imunisasi Hib penting untuk pencegahan bayi terserang virus bernama Haemophilus Influenza B. Bayi Moms dapat terhindar risiko penyakit radang paru-paru, meningitis, infeksi pada katup suara.

Imunisasi Influenza untuk menghalau virus penyebab influenza. Pemberian memiliki kurun waktu setiap satu tahun sekali rentang usia 6 bulan. Moms juga wajib mengajak bayi imunisasi Measles, Mumps, Rubella atau MMS. Pemberian usia bayi menginjak 15 bulan. Berlanjut kembali setelah bayi Moms beranjak usia 6 tahun. Imunisasi MMS penting menghalau penyakit campak, penyakit gondok, dan rubella. Berikut imunisasi Hepatitis A penting untuk bayi Moms. Pemberian imunisasi Hepatitis A ketika bayi Moms usia 2 tahun.

  • Imunisasi Pencegah Bakteri

Imunisasi bernama Pneumokokus atau imunisasi PCV. Pemberian untuk bayi usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, jarak usia 12 sampai usia 15 bulan. Imunisasi PCV penting pencegahan bayi terserang bakteri Pneumokokus pembawa infeksi daun telinga, radang paru-paru, dan meningitis. Imunisasi Tifoid untuk mencegah bayi mudah terserang penyakit demam. Pemberian imunisasi Tifoid setelah bayi usia 2 tahun.

Imunisasi tambahan yang sudah disebutkan wajib Moms berikan untuk bayi. Imunisasi bentuk perisai virus, bakteri, dan penyebab penyakit lain. Selain Moms perlu selalu memberikan asupan gizi sehat dan seimbang. Bertujuan imunisasi yang diberikan dapat bekerja sama baik bersama gizi yang diasup bayi.