Kenali Ciri Air Ketuban Merembes dan yang Perlu Diwaspadai

Merries Insight
07 June 2022
Kesehatan
Share
Kenali Ciri Air Ketuban Merembes dan yang Perlu Diwaspadai

Air ketuban adalah cairan yang melindungi janin selama di dalam rahim. Tak hanya melindungi, air ketuban juga bisa menjadi tempat bagi janin untuk bergerak bebas, serta menjadi tempat berkembangnya organ pada janin. Idealnya, air ketuban akan merembes saat waktu persalinan semakin dekat, yaitu ketika janin sudah berusia 37-40 minggu.

Namun, air ketuban juga terkadang merembes jauh sebelum waktu persalinan.Biasanya, cairan itu keluar lewat vagina, sehingga ibu hamil jadi sulit untuk membedakannya. Jika dibiarkan merembes sebelum waktunya, air ketuban itu bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi bayi baru lahir.

Pada artikel ini, Merries akan memberikan informasi apa saja ciri air ketuban merembes sebelum waktunya dan dampaknya bagi ibu dan bayi. Moms bisa simak di bawah ini!

Ciri Air Ketuban Merembes Sebelum Waktunya

Seperti yang Merries sebutkan, kalau air ketuban merembes keluar lewat vagina sehingga sulit dibedakan dengan urin. Hal itu membuat ibu hamil jadi kesulitan untuk memastikan apakah air ketuban janinannya merembes atau tidak.

Setidaknya ada empat ciri air ketuban merembes sebelum waktunya, yaitu:

1. Cairannya Berwarna Bening dan Meninggalkan Bekas di Pakaian

Perhatikan warna cairan yang keluar pada vagina, karena bisa jadi itu adalah air ketuban. Air ketuban yang merembes punya warna yang cenderung bening, walau di beberapa kasus warnanya agak sedikit kekuningan.

Cairannya tidak memiliki bau yang khas, serta punya tekstur yang agak kental. Saat air ketubannya merembes, cairan itu akan meninggalkan bekas di pakaian berupa bercak bintik-bintik berwarna putih. Di beberapa kasus, bercak tersebut biasanya punya warna sedikit kekuningan, serta meninggalkan sedikit lendir atau darah.

2. Merasakan Ada Sesuatu yang Pecah di Bagian Rahim

Ciri lainnya merembesnya air ketuban adalah munculnya perasaan ada sesuatu yang pecah, terutama di bagian rahim. Selain menjadi tanda air ketuban merembes, gejala ini juga menjadi tanda adanya masalah pada ketuban, entah itu ketuban pecah sebelum waktunya, infeksi, atau masalah pada janin.

3. Adanya Tekanan Pada Bagian Bawah Perut

Ciri terakhir air ketuban merembes adalah adanya rasa tertekan pada bagian bawah perut. Tekanan ini biasanya akan dibarengi dengan keluarnya air ketuban lewat vagina.

4. Merasa Ingin Selalu Buang Air Kecil

Bila Moms selalu ingin buang air kecil saat masih dalam masa kehamilan, Moms harus agak sedikit waspada. Bisa jadi itu adalah salah satu tanda air ketuban akan merembes. Tanda ini biasanya muncul berbarengan dengan air ketuban yang ciri-cirinya sudah Merries sebutkan.

Kalau kondisinya sudah agak parah, cairan itu akan keluar lebih sering, bahkan warna cairannya akan berubah dari semula bening menjadi kehijauan atau kuning kecoklatan. Segera periksakan diri ke dokter bila hal itu terjadi.

Penyebab Air Ketuban Merembes Sebelum Waktunya

Air ketuban yang merembes sebelum waktu persalinan tentu tidak terjadi begitu saja. Ada berbagai macam faktor penyebabnya, yaitu:

  • Gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, serta jarang berolahraga dan menyantap makanan sehat.
  • Punya riwayat operasi leher rahim.
  • Mengidap penyakit infeksi saluran kemih atau infeksi seksual menular.
  • Punya kelainan leher rahim yang pendek atau bentuk rahim tidak ideal.
  • Ibu hamil tengah mengandung anak kembar.
  • Punya pengalaman melahirkan secara prematur.
  • Mengalami pendarahan vagina di trimester kedua dan ketiga.

Bahaya dari Air Ketuban Merembes Sebelum Waktunya

Air ketuban yang dibiarkan merembes sebelum waktu persalinan akan membahayakan Moms dan janin dalam kandungan. Jika air ketuban merembes terlalu banyak di trimester ketiga kehamilan, maka Moms akan sulit melahirkan janin dalam kandungan. Bagian leher pada janin pun akan rentan terjepit oleh tali pusar, sehingga membuatnya kekurangan oksigen.

Selain itu, masih ada beberapa dampak negatif lainnya dari merembesnya air ketuban secara dini, yaitu:

  • Keguguran.
  • Bayi lahir secara prematur.
  • Bayi akan memiliki cacat bawaan.
  • Kematian bayi di dalam kandungan.

Cara Menangani Air Ketuban Merembes Sebelum Waktunya

Saat mengetahui air ketuban merembes sebelum waktunya, Moms jangan langsung panik. Tetaplah bersikap tenang, lalu minta bantuan Dads atau anggota keluarga lainnya untuk mengantar Moms ke rumah sakit.

Saat di rumah sakit, dokter akan memberikan obat-obatan khusus untuk menangani gejala tersebut. Obat-obatan itu diberikan jika usia kehamilan masih jauh dari waktu persalinan, serta janin tidak perlu dilahirkan secara prematur.

Adapun obat-obatan tersebut adalah:

  • Antibiotik yang berfungsi untuk mencegah atau mengobati infeksi akibat air ketuban merembes.
  • Tocolytic yang membantu mencegah kelahiran prematur.
  • Kortikosteroid yang membantu paru-paru janin bertumbuh dengan baik.

Penutup

Idealnya, air ketuban akan merembes saat kandungan sudah memasuki waktu persalinan, yakni 37-40 minggu. Namun, air ketuban terkadang bisa merembes sebelum waktunya. Jangan biarkan itu terjadi, karena bisa menimbulkan dampak negatif bagi Moms dan janin dalam kandungan.

Ciri-ciri, penyebab, dan cara menangani hal tersebut sudah Merries sebutkan di atas. Semoga bisa membantu Moms untuk mengenali gejala air ketuban merembes beserta cara menanganinya. Dengan begitu, janin pun akan tetap aman dalam kandungan, serta bisa dilahirkan dalam keadaan sehat.

Supaya Moms terhindar dari air ketuban merembes sebelum waktunya, Moms harus selalu menjaga pola hidup tetap sehat dengan rajin berolahraga dan makan makanan sehat. Hindari konsumsi rokok, minuman keras, dan narkoba. Lakukanlah pemeriksaan rutin ke dokter agar Moms bisa tahu perkembangan janin sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat Si Kecil lahir nanti, pastikan untuk selalu menyediakan semua kebutuhan bayi baru lahir, termasuk popok yang nyaman dipakai. Untuk urusan popok, Moms bisa percayakan salah satu produk kami, Merries Premium Tape New Born.

 

Tiga lapisan bersirkulasi udara pada popok Merries ini bisa membantu kulit Si Kecil bebas bernapas, sehingga Si Kecil pun bisa memakai popok ini dengan nyaman sepanjang hari. Permukaan popok Merries Premium Tape New Born bergelombang sehingga dapat menangkap cairan dan kotoran lunak Si Kecil dengan sempurna. Popok Merries Premium Tape New Born dilengkapi perekat yang bisa dipasang dan dilepas dengan mudah, sehingga membuat siapa pun dapat memasang popoknya. Popok Merries ini sudah tersedia dalam berbagai ukuran dan bisa langsung dipesan di sini.