Kena Wasir Saat Hamil. Bolehkah Lakukan Operasi?

Merries Insight
22 Oktober 2019
Kesehatan
Share
Kena Wasir Saat Hamil. Bolehkah Lakukan Operasi?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Ibu Hamil Normal Alami Wasir
  2. Apakah wasir saat hamil harus dioperasi?
  3. Perawatan Wasir Selama Hamil
  4. Benarkah tidak bisa melahirkan normal?

Wasir merupakan kondisi ketika pembuluh darah vena yang berada disekitar anus meradang atau mengalami pembengkakan. Dalam bahasa medis, wasir sering disebut hemorrhoid, atau dalam bahasa yang lebih populer dikenal dengan sebutan ambeien.

Ibu Hamil Normal Alami Wasir

Wasir merupakan kondisi yang cukup umum dan dialami oleh sekitar 30-40% ibu hamil. Kondisi ini umumnya akan mulai terlihat saat usia kehamilan mencapai 6 bulan. (oleh dr. Hari Nugroho, SpOG, dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan di RSUD dr Soetomo, Surabaya)

Ada beberapa penyebab Moms sangat rentan dengan serangan wasir, diantaranya :

  1. Perut yang membesar akan menekan pembuluh darah panggul dan pembuluh balik bawah (vena cava inferior), sehingga meningkatkan terjadinya wasir.
  2. Peningkatan hormon progesteron selama masa kehamilan dapat menyebabkan dinding pembuluh darah mengendur, dan menyebabkan wasir mudah membengkak.
  3. Hormon progesteron berkontribusi terhadap sembelit dengan memperlambat kerja saluran usus, sehingga dapat meningkatkan resiko wasir.

Menurut dr. Hari, jika Moms sebelumnya sudah menderita wasir, ada kemungkinan besar pada saat hamil wasir akan kambuh kembali, bahkan mungkin tonjolannya akan semakin besar.

Apakah wasir saat hamil harus dioperasi?

Wasir yang menyerang selama masa kehamilan memang sangat mengganggu. Selain menghambat mobilitas dan membuat Moms susah untuk duduk, wasir selama hamil pun akan sangat menyiksa karena rasa sakit yang ditimbulkannya.

Untuk wasir yang masih ringan, penanganannya hanya perlu mengubah gaya hidup dengan cara berolahraga secara teratur, dan memperbaiki pola makan. Konsumsi makanan dengan kadar air dan mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.

Selain itu, Moms disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Bagi ibu hamil, idealnya mengkonsumsi 8-10 gelas air putih per hari.

Jika wasir terasa sangat mengganggu, Moms bisa menggunakan obat tertentu yang dimasukkan lewat dubur. Sedangkan jika wasir sudah menyebabkan pendarahan dan rasa sakit yang hebat, Moms harus segera berkonsultasi ke dokter.

Terkadang, tindakan operasi dibutuhkan untuk mengatasi wasir selama masa kehamilan. Tapi ingat, semua itu harus sesuai dengan rekomendasi dokter.

Perawatan Wasir Selama Hamil

Untuk perawatan wasir selama kehamilan, ada beberapa trik yang harus Moms lakukan, diantaranya :

  1. Berendam dalam bak air hangat akan membantu Moms lebih rileks, melancarkan peredaran darah, dan meringankan gejala wasir. Lakukan selama 10-15 menit setiap hari.
  2. Selain membantu menguatkan dinding perineum agar Moms lebih siap untuk menghadapi persalinan, senam kegel bermanfaat untuk meredakan gejala wasir.
  3. Usahakan untuk tidak duduk lama dalam posisi yang sama. Setiap 10 menit sekali, Moms bisa berdiri dan melakukan peregangan.
  4. Jika butuh duduk dalam waktu yang lama, Moms bisa menggunakan bantal donat sebagai alas duduk. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada anus.
  5. Saat mulai terasa ada pembengkakan, kompres anus dengan menggunakan kantong es. Tapi ingat, pastikan kantong es yang digunakan steril dan lembut.
  6. Setelah BAB, bersihkan area bokong dan anus dengan menggunakan tisu basah non-parfum. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan tisu kering dan bersih.

Jika dibutuhkan, Moms bisa menggunakan obat ambeien non-resep. Agar lebih tenang, sebaiknya Moms konsultasikan dulu dengan dokter.

Benarkah tidak bisa melahirkan normal?

Dalam penjelasannya, dr. Hari menyebut jika wasir tidak berhubungan dengan resiko persalinan normal. Hemorrhoid (wasir) pada kehamilan bukan indikasi dilakukan operasi caesar. Dapat lahir normal, walau beberapa kasus secara individu dan khusus dapat membuat dokter kandungan memutuskan untuk dilakukan operasi caesar, tetapi sebagian besar hemorrhoid dapat melahirkan secara normal.

Dengan kata lain, mitos yang menyebut ibu hamil yang mengalami wasir, tidak akan bisa melahirkan bayi secara normal, merupakan mitos yang tidak perlu dikhawatirkan. Moms yang hamil dengan wasir masih bisa melahirkan secara normal atau vaginal birth. Hanya saja, untuk beberapa kondisi terkadang dokter akan memberikan perlakukan khusus agar wasir yang diderita tidak mengganggu selama proses persalinan.

Selain itu, sebagian besar wasir akan kembali ke posisi semula pasca melahirkan. Yang tidak memiliki wasir, akan sembuh dan yang memiliki wasir kecil akan kembali ke bentuk asalnya. Untuk memastikan semua itu, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat!