Kebutuhan Vitamin Untuk Ibu Hamil

Merries Insight
24 Agustus 2021
Kesehatan
Share
Kebutuhan Vitamin Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi dan vitamin sangatlah penting terutama untuk Moms yang sedang hamil. Vitamin memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Moms dan Si Kecil dalam kandungan. 

Vitamin C dan B6 merupakan salah satu vitamin yang perlu dipenuhi selama kehamilan. Moms bisa mendapatkan vitamin tersebut dari berbagai makanan dan suplemen. Kebutuhan vitamin untuk ibu hamil mungkin akan berbeda dibandingkan saat Moms tidak hamil. Berikut ini informasi tentang vitamin yang penting untuk ibu hamil.

 

Vitamin C untuk Ibu Hamil

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang penting dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya terutama untuk meningkatkan imunitas. Selain untuk meningkatkan imunitas, vitamin C juga banyak memberikan manfaat lainnya untuk tubuh. Berikut ini manfaat vitamin c untuk ibu hamil yaitu:

- Membantu penyerapan zat besi
- Pertumbuhan tulang dan gigi bayi dalam kandungan
- Meningkatkan imunitas
- Mencegah terjadinya preeklamsia
- Perbaikan jaringan dan penyembuhan saat luka
- Membantu produksi kolagen dalam tubuh

Berdasarkan manfaat di atas, sangat penting untuk Moms memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil setiap harinya adalah sebanyak 85 miligram. Sedangkan batas maksimal yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah 2.000 miligram. Apabila Moms mengonsumsi vitamin C berlebih maka beresiko pada pembentukan batu ginjal.

Moms perlu ketahui bahwa vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Moms bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, misalnya jeruk, kiwi, stroberi, brokoli, dan paprika merah.

Moms bisa mendapatkan vitamin yang bagus untuk ibu hamil seperti vitamin C dari suplemen tambahan yang tersedia di apotek atau minimarket terdekat dari rumah Moms. Tetapi untuk penggunaan suplemen tambahan, ada baiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

 

Tanda Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin untuk ibu hamil bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut ini beberapa tanda bahwa Moms mengalami kekurangan vitamin C, yaitu:

- Timbul memar di tubuh
- Kulit terasa kasar dan kering
- Luka sulit sembuh
- Mudah lelah
- Terjadi radang gusi

Apabila Moms merasakan beberapa tanda di atas kemungkinan Moms mengalami kekurangan vitamin C. Segera hubungi dokter kandungan untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Vitamin lainnya yang penting untuk ibu hamil adalah vitamin B6 atau dikenal juga pridoksin. Vitamin B6 dibutuhkan tubuh manusia untuk menghasilkan asam amino dan proses metabolisme makronutrien. Vitamin B6 untuk ibu hamil sendiri memiliki banyak manfaat, diantaranya:

- Mendorong perkembangan otak dan saraf janin
- Meringankan mual dan muntah pada awal kehamilan
- Membentuk sel darah merah baru, antibodi, dan neurotransmiter pada janin
- Mencegah terjadinya berat lahir rendah pada bayi
- Menjaga kadar glukosa darah
- Membantu proses metabolisme protein dan karbohidrat

Kebutuhan vitamin B6 pada ibu hamil adalah sekitar 1,9 miligram setiap harinya. Maksimal konsumsi vitamin B6 tidak boleh lebih dari 100 miligram per hari. Kelebihan vitamin B6 bisa menyebabkan kerusakan saraf dan mati rasa. 

Sedangkan bila Moms mengalami kekurangan vitamin B6 dapat mengalami peradangan pada lidah, mudah lelah, sariawan, anemia, degenerasi neurologis, hingga depresi. Untuk itu Moms perlu memperhatikan kebutuhan vitamin B6 harian.

Agar kebutuhan vitamin B6 terpenuhi selama kehamilan Moms dapat mengonsumsi suplemen tambahan. Suplemen tambahan dapat diminum setiap hari saat sebelum ataupun sesudah makan. Perlu diingat bahwa konsumsi suplemen tambahan untuk vitamin B6 perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

 

Makanan Sumber Vitamin B6

Moms dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 melalui berbagai sumber makanan. Berikut ini berbagai makanan yang bisa menjadi sumber vitamin B6 untuk Moms, yaitu:

- Pisang
- Ikan Salmon
- Kentang
- Bayam
- Daging Ayam
- Alpukat

 

Kebutuhan Vitamin Lainnya

Selain vitamin C dan B6, terdapat berbagai kebutuhan vitamin untuk ibu hamil yang penting juga untuk kesehatan ibu dan janin. Beberapa vitamin lainnya adalah :

1. Asam Folat

Kebutuhan asam folat bagi ibu hamil sangatah penting untuk mencegah terjadinya cacat pada sistem saraf bayi. Moms bisa mendapatkan vitamin asam folat dengan mengonsumsi jeruk, sereal, gandum, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Biasanya pada susu khusus ibu hamil juga telah dilengkapi dengan asam folat.

2. Kalsium

Kebutuhan vitamin untuk ibu hamil berikutnya adalah kalsium. Ketika hamil Moms membutuhkan sekitar 1.000 miligram kalsium setiap harinya. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi Moms serta untuk pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu sapi, tahu, tempe, yoghurt, dan kacang-kacangan.

3. Zat Besi

Zat besi berguna untuk membentuk sel darah merah, apabila kekurangan maka Moms bisa mengalami anemia. Zat besi juga penting untuk pertumbuhan Si Kecil dalam kandungan. Kekurangan zat besi bisa berakibat Si Kecil lahir dengan berat badan rendah hingga terlahir prematur.

4. Vitamin D

Moms membutuhkan vitamin D sebanyak 10 miligram setiap harinya. Kebutuhan vitamin untuk ibu hamil ini untuk pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Moms bisa mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari dan asupan makanan seperti ikan salmon, daging, dan telur. Waktu berjemur yang disarankan adalah diatas jam 10 pagi, dimana ultraviolet B bisa didapat saat matahari sudah naik.

5. Vitamin E

Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit Moms, vitamin E juga bermanfaat untuk membentuk pertumbuhan Si Kecil dalam perut. Vitamin E yang Moms butuhkan selama hamil adalah sekitar 15 miligram setiap harinya.

6. Vitamin A dan Beta Karoten

Moms mungkin lebih sering mendengar bahwa vitamin A baik untuk kesehatan mata. Ternyata vitamin A juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang Si Kecil dalam kandungan. Bukan hanya vitamin A, Moms juga membutuhkan Beta Karoten untuk pembentukan sistem imun Moms dan Si Kecil dan juga bagus bagi perkembangan janin seperti jantung, paru-paru, ginjal, dll. Kebutuhan asupan vitamin tersebut setiap harinya adalah minimal 770 mikrogram.

7. Vitamin B1, B2, dan B12

Jenis vitamin untuk ibu hamil lainnya adalah vitamin B. Berbagai vitamin B seperti B1, B2, dan B12 dibutuhkan untuk ibu dan bayi. Vitamin B1 bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf. Vitamin B2 untuk penglihatan dan kesehatan kulit. Vitamin B1 dan B2 dibutuhkan tubuh sekitar 1,4 miligram setiap harinya. Sedangkan vitamin B12 merupakan faktor penting dalam sintesis DNA dan dibutuhkan sekitar 2,6 mikrogram per hari.

Penuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil dengan menjaga pola makan sehat selama kehamilan. Ingat apabila Moms ingin mengonsumsi suplemen tambahan sebaiknya dilakukan atas anjuran dokter kandungan. Kebutuhan vitamin tentunya akan saling melengkapi satu sama lainnya, untuk itu berkonsultasi dengan dokter kandungan sangat penting agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Tidak hanya kebutuhan vitamin saja yang harus dipenuhi, kebutuhan perlengkapan terbaik untuk Si Kecil juga harus dipersiapkan ya Moms. Selalu perhatikan penggunaan popok untuk Si Kecil, terutama untuk bayi baru lahir yang masih memiliki kondisi kulit sensitif.

Moms dapat menggunakan popok Tape New Born Merries yang merupakan popok pilihan No.1 para ibu di Jepang. Popok new born Merries memiliki 3 lapisan bersirkulasi udara sehingga Si Kecil akan selalu nyaman saat menggunakannya. Lapisan bantalan popok yang lembut akan membuat Si Kecil bebas lembab sehingga tidak mudah mengalami iritasi. Lapisan penyerapnya memiliki daya serap yang baik dan dapat menampung cairan banyak sehingga Si Kecil nyaman tertidur hingga pagi.

Yuk Moms selalu berikan yang terbaik untuk di Kecil sejak di kandungan hingga lahir nanti. Berikan kenyamanan untuk Si Kecil dengan popok Tape New Born Merries.