Cek Kesehatan Bayi Melalui Bentuk dan Warna Feses

Merries Insight
Kesehatan
Share
Cek Kesehatan Bayi Melalui Bentuk dan Warna Feses

Tahukah Moms jika kesehatan bayi bisa dicek lewat feses? Tiap feses yang dikeluarkan Si Kecil memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Dari bentuk dan warna itulah Moms bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan Si Kecil.

Berikut ini adalah bentuk dan warna pada feses bayi yang bisa Moms jadikan patokan untuk cek kesehatan Si Kecil:

1. Feses Bertekstur Kental dan Lengket, serta Berwarna Kehijauan

Bayi baru lahir biasanya memiliki feses dengan tekstur dan warna semacam ini. Jangan khawatir, karena feses ini menandakan kalau Si Kecil dalam keadaan sehat. Adapun tekstur dan warna pada feses ini terbentuk oleh lendir, ketuban, sel kulit, dan bahan-bahan lainnya yang ditelan Si Kecil selama dalam kandungan.

2. Fesesnya Sangat Cair

Jika feses Si Kecil sangat cair terlepas apa pun warnanya, Moms perlu hati-hati. Sebab, feses tersebut adalah pertanda Si Kecil mengalami diare. Biasanya, diare yang dialami Si Kecil disebabkan oleh dehidrasi. Untuk itu, pastikan agar asupan ASI Si Kecil terpenuhi supaya tidak dehidrasi dan diare. Jika nanti Si kecil diare, Moms bisa membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Feses Berwarna Putih atau Abu-Abu Kapur

Pada kondisi tertentu, Si Kecil akan mengeluarkan feses berwarna putih atau abu-abu kapur. Jika itu yang terjadi, Moms harus waspada karena bisa jadi itu adalah pertanda kalau empedu Si Kecil tersumbat.

Empedu adalah organ tubuh bayi yang berfungsi memberikan warna pada feses. Apabila organ tubuh ini tersumbat, feses tidak akan bisa memasuki organ tubuh ini, sehingga feses pun tidak bisa diwarnai. Segera bawa Si Kecil ke dokter jika Si Kecil mengalami kondisi ini.

4. Feses Berlendir

Feses berlendir pada bayi punya berbagai arti.Feses ini bisa menandakan Si Kecil terlalu banyak menelan lendir atau saliva, baik saat Si Kecil sedang batuk berdahak atau saat Si Kecil tumbuh gigi.

Feses ini juga menandakan Si Kecil mengalami infeksi saluran pencernaan, apalagi jika fesesnya disertai darah, serta menimbulkan demam pada Si Kecil. Apabila ini yang terjadi, Moms bisa membawa Si Kecil ke dokter.

5. Feses Berwarna Hitam Kehijauan

Bayi berusia 6 bulan yang berisiko kekurangan zat besi biasanya akan dianjurkan dokter untuk menerima suplemen zat besi. Selain membuat asupan zat besi tercukupi, suplemen tersebut nantinya juga akan membuat feses bayi berwarna hitam kehijauan. Hal tersebut tergolong wajar, sehingga Moms tidak perlu mengkhawatirkannya.

6. Feses Bertekstur Keras dan Bulat

Feses satu ini menandakan Si Kecil mengalami konstipasi atau sembelit. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, yaitu:

  • Tubuh Si Kecil intoleransi terhadap susu kedelai atau susu sapi.
  • Si Kecil meminum susu formula yang kurang encer.
  • Si Kecil masih belum terbiasa dengan makanan padat yang ia konsumsi.
  • Jika fesesnya disertai agak kemerahan, bisa jadi hal itu disebabkan oleh buah naga yang Si Kecil konsumsi. Bisa juga hal itu merupakan tanda Si Kecil mengalami disentri. Segera bawa Si Kecil ke dokter untuk memastikannya.

7. Bentuk dan Warna Feses yang Berbeda-Beda Berdasarkan Susu yang Ia Konsumsi

Feses bayi punya bentuk dan warna yang berbeda-beda berdasarkan susu yang ia konsumsi. Jika ia mengkonsumsi ASI, fesesnya akan berwarna hijau, kuning, atau coklat. Bentuk fesesnya cenderung berbiji, serta bertekstur agak kental. 

Sementara itu, feses bayi akan berwarna coklat atau kuning saat ia mengkonsumsi susu formula. Tekstur fesesnya cenderung mirip selai kacang atau mentega, serta punya bau yang lebih menyengat daripada feses bayi yang mengkonsumsi ASI.

8. Feses Disertai Sisa Potongan Makanan

Saat memasuki usia 6 bulan, Si Kecil mulai menyantap berbagai menu MPASI. Saat pertama kali menyantapnya, tidak semua menunya bisa dicerna dengan baik. Hal itu akan membuat feses bayi keluar beserta sisa potongan makanan MPASI yang tidak tercerna. Hal ini masih tergolong wajar, namun kedepannya Moms harus membuat menunya lebih mudah dicerna Si Kecil.

Apa yang Menyebabkan Bentuk dan Warna Feses Si Kecil Berbeda-Beda?

Ada beberapa faktor mengapa bentuk dan warna feses bayi berbeda-beda. Faktor-faktor itu adalah:

  • Susu atau makanan yang dikonsumsi.
  • Tingkat hidrasi bayi (apakah ia sedang dehidrasi atau tidak).
  • Kesehatan organ pencernaan Si Kecil.
  • Konsumsi suplemen zat besi, terutama pada bayi 6 bulan.

Akhir Kata

Mengecek kesehatan bayi bisa Moms lakukan dengan melihat bentuk dan warna feses. Bentuk dan warna feses bayi sendiri cukup beragam, dimana tiap bentuk dan warnanya bisa menandakan sehat-tidaknya Si Kecil. Jika ingin bentuk dan warna feses bayi tetap normal, pastikan Moms selalu menjaga kesehatan Si Kecil. 

Jangan lupa pakaikan popok bayi terbaik untuk bayi yang memiliki daya serap tinggi dan membuat Moms lebih mudah membersihkan kulit Si Kecil. Sebagai rekomendasi, Moms bisa memakaikan popok Merries Premium Pants.

Popok Merries ini punya daya serap tinggi yang membuat feses dan cairan bisa terserap dengan baik. Bagian dalam permukaannya sangat lembut, sehingga cocok untuk Si Kecil dengan kulit sensitif. Karet pinggang popok Merries Premium Pants 2.5 kali lebih elastis sehingga tidak menimbulkan bekas pada kulit Si Kecil. Popok bayi terbaik dari Merries ini bisa langsung dipesan disini!

Sekian artikel Merries kali ini. Semoga bisa menjadi panduan untuk Moms dalam mengecek kesehatan Si Kecil. Sampai ketemu di artikel berikutnya!