Bolehkah Si Kecil yang Masih Balita Berpuasa?

Merries Insight
28 Juni 2016
Kesehatan
Share
Bolehkah Si Kecil yang Masih Balita Berpuasa?

Sekarang ini sudah memasuki bulan puasa pasti Si Kecil ingin sekali mengikuti kegiatan Moms dan Dads selama berpuasa. Misalnya meminta untuk dibangunkan ketika sahur meskipun Si Kecil terkadang justru tidak bangun. Memang sekarang ini juga sudah banyak orang tua yang mulai mengajarkan Si Kecil berlatih berpuasa ketika meskipun masih berumur balita. Karena banyak orang tua yang tidak ingin Si Kecil terbiasa tidak berpuasa dan keterusan hingga besar nanti.

Meskipun demikian banyak juga para orang tua yang tidak tega dan merasa khawatir apabila Si Kecil menjadi terlihat lemas karena menahan rasa lapar dan haus. Lalu apakah orang tua tetap membiarkan Si Kecil berpuasa dan umur berapa seharusnya Si Kecil diperkenalkan untuk berpuasa?

Umur diperkenalkan puasa

Menurut laman Pediatrica Gadjah Mada para Moms dan Dads boleh memperkenalkan puasa kepada Si Kecil pada saat menginjak usia 4 tahun. Pada umur ini Si Kecil akan lebih mengerti dibanding jika masih berumur 3 tahun karena Si Kecil akan lebih mudah menangkap penjelasan dari Moms dan Dads mengenai puasa.

Meskipun begitu Moms dan Dads juga harus selalu memantau kesehatan Si Kecil pada saat berpuasa jangan sampai Si Kecil kesehatannya menjadi tidak stabil. Dan jangan memaksakan Si Kecil untuk berpuasa hingga 1 hari penuh. Semuanya perlu dilakukan secara bertahap biarkan Si Kecil berpuasa hingga setengah hari saja. Moms dan Dads juga dapat membimbing Si Kecil selama berpuasa untuk tidak selalu mengeluh dan ajak Si Kecil untuk beraktivitas yang tidak berat agar Si Kecil tidak merasa sedang berpuasa.

Cara melatih Si Kecil berpuasa

Baca Juga

6 Cedera Inilah yang Sering Melanda Si Kecil yang Masih Balita

Sebenarnya Bolehkah Si Kecil yang Masih Balita Belajar Baca Tulis?

Siapa Bilang Ibu Hamil Tak Boleh Berpuasa? Ini Panduannya

Lalu bagaimana cara melatih Si Kecil berpuasa? Langkah pertama yang perlu Moms dan Dads lakukan adalah dengan melatih Si Kecil untuk makan sahur bersama dan puasa selama beberapa jam saja untuk beberapa hari. Semakin bertambahnya usia Si Kecil, maka Moms dan Dads dapat memberikan rentang waktu berpuasa lebih lama lagi misalnya dengan setengah hari ketika minggu berikutnya. Dan selanjutnya Si Kecil dapat Moms dan Dads ajarkan untuk berpuasa sampai dengan waktu berbuka.

Untuk membuat Si Kecil menjadi bersemangat berpuasa, maka jadikan sahur Si Kecil menjadi menyenangkan. Moms dan Dads harus mengajari Si Kecil makan sahur secara sabar dan lembut. Sebab Si Kecil belum terbiasa dengan waktu sahur yang memotong waktu tidurnya dan dalam keadaan mengantuk harus tetap makan. Untuk dapat lebih memudahkan Si Kecil makan sahur, maka Moms dapat membuatkan menu makan sahur kesukaan Si Kecil dan buatlah menu makanan dengan semenarik mungkin.

Ketika Si Kecil sudah berhasil melewati puasanya sesuai dengan target yang telah Moms dan Dads sepakati maka Moms dan Dads jangan lupa untuk memberikan Si Kecil hadiah sebagai apresiasi Moms dan Dads kepada Si Kecil. Lalu Moms dan Dads dapat memberikan motivasi dengan memberinya pelukan dan ciuman hangat sehingga esok hari Si Kecil mau berpuasa kembali.