Beberapa Gangguan Mata Ini Berisiko Menyerang Ibu Hamil

Merries Insight
19 Agustus 2016
Kesehatan
Share
Beberapa Gangguan Mata Ini Berisiko Menyerang Ibu Hamil

Kalau hanya keluhan ngidam atau sakit punggung sih udah biasa Moms, tapi bagaimana kalau gangguan penglihatan? Nah, ternyata ada juga lho Ibu hamil yang mengalami gangguan penglihatan selama masa kehamilan. Lagi-lagi, semuanya disebabkan karena perubahan hormon dan fluktuasi tekanan darah.

Biar tidak kaget, berikut merupakan beberapa gangguan penglihatan yang mungkin saja akan Moms alami selama masa kehamilan.

Gangguan retina

Secara prinsip, sebenarnya kehamilan tidak berhubungan dengan gangguan retina, kecuali kalau sebelumnya memang memiliki kelainan retina. Buat Ibu hamil dengan miopia tinggi, sebaiknya rutin periksakan diri ke dokter mata, siapa tahu telah terjadi degenerasi retina perifer.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan kehadiran benda-benda kecil yang mengambang atau floaters pada pandangan mata, pandangan menjadi kabur dan muncul pijar-pijar cahaya.

Mata kering

Dry eye atau mata kering merupakan kondisi dimana Moms akan merasakan gejala subjektif berupa mata yang terasa mengganjal, kering, panas dan lainnya. Kondisi ini umumnya disebabkan karena produksi air mata yang berkurang, atau gangguan penguapan.

Ibu hamil sangat mungkin mengalami hal ini. Pasalnya, perubahan hormonal selama kehamilan akan memungkinkan Moms butuh cairan lebih banyak. Jangan khawatir, biasanya gangguan ini bersifat sementara.

Mata merah

Tidak begadang atau terkena debu, tapi mata terlihat memerah? Jangan kaget, kondisi ini biasanya disebabkan karena pembuluh darah konjungtiva melebar. Selain itu, mata memerah pun bisa disebabkan karena adanya perdarahan subkonjungtiva.

Sebenarnya ini masalah yang tidak perlu dikhawatirkan. Tapi tidak ada salahnya Moms memeriksakan diri ke dokter sebagai antisipasi gejala penyakit lainnya.

Edema kornea

Edema kornea disebabkan karena terganggunya pompa kornea, hingga akhirnya menyebabkan banyak cairan masuk atau tertahan di dalam lapisan kornea. Kondisi ini menyebabkan kornea jadi lebih tebal dan kelengkungannya jadi berubah.

Kondisi ini biasanya akan menyebabkan penglihatan Moms menjadi buram, dan timbul ketidaknyamanan ketika menggunakan lensa kontak. Sebagai antisipasi, segera periksakan mata Moms ke dokter.

Selain itu, masih banyak gangguan mata lainnya yang tiba-tiba muncul ketika hamil, seperti visual dan hipertensi, buram karena diabetes gestasional, berkunang-kunang dan lainnya. Alih-alih menggunakan obat tetes mata, sebaiknya periksakan dulu ke dokter untuk mendapatkan solusi yang lebih aman.