Barang yang Membantu Stimulus Si Kecil

Merries Insight
01 Desember 2020
Kesehatan
Share
Barang yang Membantu Stimulus Si Kecil

Pada setiap tahap kehidupannya Si Kecil akan tumbuh sesuai dengan usianya. Namun bukan berarti sebagai orang tua tidak ada yang bisa dilakukan untuk membantunya menstimulus tumbuh kembangnya. Mainan, menjadi salah satu hal bisa dianggap bisa menstimulus Si Kecil. Sayangnya banyak yang berpikiran kalau Si Kecil baru lahir tidak membutuhkan mainan.

Agar Moms tidak bingung, berikut daftar mainan yang bisa disesuaikan dengan usia Si Kecil. Selain bisa digunakan sendiri, boleh jadi barang-barang ini juga cocok menjadi ide kado saat menjenguk teman yang baru melahirkan.

Mainan dengan warna hitam putih dan lembut (soft toys)

Pada usia nol hingga satu bulan, Si Kecil hanya bisa melihat dalam hitam dan putih dengan jarak 10 hingga 25 cm, dan seiring waktu akan mulai melihat dengan berwarna dan bertambah jauh. Oleh karena itu, Moms bisa menstimulus si kecil dengan memperlihatkan gambar atau pola dengan warna hitam putih.

Selain mainan hitam putih, pada awal kehidupannya dia akan tertarik pada benda digantung meski baru bisa mengikuti benda yang bergerak pada usia satu hingga dua bulan, tidak ada salahnya memberikan mainan gantung yang ada musiknya yang menenangkan atau boneka gantung. Adapun saat Si Kecil sudah bisa memegang, berikan dia soft toys yang mudah dipegang, lunak, dan juga berbahan aman. Soft toys ini juga termasuk buku Si Kecil yang berwarna namun terbuat dari kain yang mudah dibersihkan.

Selain bermain, Moms dan Dads juga harus memastikan Si Kecil tidur dengan nyenyak pada malam hari dengan menggunakan popok yang tepat. Bahkan ketika Moms dan Dads letih, Moms dan Dads harus tetap mengecek kondisi popok Si Kecil di malam hari. Untuk memudahkan Moms dan Dads, gunakan popok Merries yang memiliki alarm penanda pipis. Jadi ketika popoknya sudah terisi cairan, akan terlihat perubahan warna pada strip yang ada di popok, dari berwarna kuning lalu menjadi biru. Dengan begitu, Moms bisa lebih mudah dan menghemat waktu ketika mengecek popok Si Kecil, Moms juga tidak perlu selalu meraba popok untuk memastikan apakah popok sudah penuh apa belum, karena hal itu juga berpotensi memindahkan bakteri yang ada di tangan Moms ke popok Si Kecil.

Baca Juga

Barang-barang yang Dibutuhkan Ibu Baru

Inilah yang Harus Dilakukan oleh Calon Dads Membantu Istrinya Saat Kontraksi

Stimulus yang Bisa Dilakukan Orang Tua Pada Bayi Dua Bulan

Cermin

Ada mitos yang menyebutkan kalau anak Si Kecil tidak boleh bercermin. Padahal pada usia tiga-empat bulan, fungsi mata Si Kecil sudah lebih baik dan bisa melihat warna meski dengan jarak yang lebih jauh. Tidak heran anak usia tiga-empat bulan gemar melihat refleksinya di dalam cermin. Bila bermain dengan mainan yang ada cerminnya, mereka sangat mungkin menghabiskan waktu yang lama, sambil tertawa ataupun memberikan mimik wajah yang bukan hanya membuat Moms and Dads takjub, namun juga dirinya sendiri.

Bola

Pada usia tujuh bulan, Si Kecil yang mulai merangkak, untuk bisa memudahkan aktivitas Si Kecil, Moms bisa menggunakan Popok Merries dengan tipe celana. Popok Merries memiliki bahan yang aman untuk kulit Si Kecil apalagi dengan model celana yang sangat nyaman saat mereka mulai merangkak dan bergerak. Si Kecil jadi bebas beraktivitas tanpa takut kotoran akan keluar dari popoknya. Karena terdapat karet lembut di sekitar selangkangan untuk menjaga kotoran tidak keluar dari popok tanpa meninggalkan bekas karet di kulit Si Kecil. Selain itu, permukaan popok yang bergelombang sangat berguna untuk menahan kotoran yang masuk dan menguncinya di lapisan bawah popok.

Kalau Si Kecil sudah nyaman, beri mereka bola yang sangat baik untuk merangsang kemampuan mereka merangkak. Apalagi saat ini sudah banyak jenis bola, Moms bisa memberikan mereka bola dengan tekstur yang juga akan membantu kemampuan motoriknya. Atau bola yang bisa bunyi untuk melatih logikanya. Ada pula bola yang bisa mengeluarkan benda lain saat dipencet, Si Kecil akan tertarik dan sangat mungkin akan tertawa ketika memencetnya sendiri. Mainan ini akan mengajarkan hubungan sebab dan akibat kepada anak sekaligus melatih motoriknya. Pilihlah bola dengan warna menarik dan cerah yang akan menggugah rasa ingin tahunya, karena pada usia ini Ia sudah semakin penasaran karena berbagai indera semakin berkembang. 

Baca Juga

3 Cara Balita Belajar Tanggung Jawab dari Merapikan Barang

Inilah yang Harus Dilakukan oleh Calon Dads Membantu Istrinya Saat Kontraksi

Permainan-Permainan Ini Ternyata Bisa Membantu Si Kecil Mengontrol Emosinya

Meski begitu Moms, jangan tergiur pada mainan bola atau apapun apabila dengan harga yang terlalu murah. Cek dulu bahan-bahan pembuatnya, hingga cara penggunaannya. Jangan sampai Moms tidak mempedulikan kualitasnya hanya karena tergiur harga murah. Pastikan mainan Si Kecil tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan mudah dibersihkan.

Baca Juga: Waspada Beli Mainan Berharga Murah untuk Anak Ya Ibu!

Jauhkan Si Kecil dari Gadget

Tidak dipungkiri Si Kecil sangat suka gadget dan hal ini kerap memudahkan Moms dalam mengerjakan pekerjaan lain. Setiap menangis, sering kali Si Kecil langsung diperlihatkan tontonan atau games dari smartphone sebagai pengalih perhatian. Bahkan, terkadang smartphone diberikan supaya Si Kecil bisa makan dengan tenang. Sayangnya, kebiasaan ini bisa membuat Si Kecil kecanduan smartphone, lho, Moms. Salah satu tandanya, Si Kecil akan rewel dan menangis jika tidak diperbolehkan bermain smartphone.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memberikan mereka main gadget meski gadget juga bisa memberikan stimulus kepada Si Kecil. Moms bisa memberikan busy book sebagai pengganti gadget. Busy book pasti disukai Si Kecil karena tampilan busy book memang dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian Si Kecil. Busy book sendiri merupakan buku aktivitas untuk balita yang didesain secara kreatif untuk membangun sekaligus mengasah beragam kemampuan dan keterampilan si Kecil. Biasanya buku ini memiliki berbagai tekstur, misal kertas yang licin hingga sedikit kasar karena dibuat dari dari flanel.

Baca Juga

Permainan-Permainan Ini Ternyata Bisa Membantu Si Kecil Mengontrol Emosinya

Barang-Barang Inilah yang Harus Ada di Tas Dads Saat Datangnya Masa Persalinan

Inilah yang Harus Dilakukan oleh Calon Dads Membantu Istrinya Saat Kontraksi

Baca Juga: Sudah Tahu Busy Books? Katanya Bisa Mengurangi Kecanduan Gadget Lho!