Barang-barang yang Dibutuhkan Ibu Baru

Merries Insight
30 November 2020
Kesehatan
Share
Barang-barang yang Dibutuhkan Ibu Baru

Saat hamil, ibu hamil kerap sangat bersemangat untuk berbelanja kebutuhan calon bayi mereka apalagi jika hamil anak pertama. Namun, seringnya para calon Moms ini lupa kalau sebagai ibu mereka akan membutuhkan beberapa barang yang akan membantu memudahkan tugas mereka sebagai seorang ibu, selain memenuhi kebutuhan Sang Buah Hati.

Agar Moms juga tidak lupa keperluan dan bingung apa saja yang dibutuhkan, berikut daftar kebutuhkan untuk menjalani hari-hari sebagai ibu di masa awal kehidupan Si Kecil!

1. Baju berkancing depan

Saat Moms hamil, Moms mungkin lebih nyaman dengan daster yang longgar, namun daster akan cukup merepotkan apalagi kalau tidak memiliki kancing depan. 

Moms setidaknya akan menyusui Si Kecil minimal dua jam sekali dan kapanpun saat Si Kecil haus oleh karena itu penting bagi Moms memiliki baju berkancing depan yang memudahkan Moms untuk membuka tutup baju untuk menyusui. Saat ini juga tentu akan lebih mudah mendapatkan baju-baju ini, pasalnya saat ini juga sudah banyak piyama modern, yang bukan hanya keren untuk Moms pakai di rumah, namun juga untuk bepergian.

2. Bra menyusui

Untuk melengkapi baju berkancing, sangat penting untuk Moms memiliki bra menyusui. Bra menyusui akan memudahkan Moms menyusui tanpa membuka tutup bra. Pasalnya, bra menyusui ini memiliki kancing tersendiri yang langsung ke puting sehingga Moms mudah dalam menyusui dan Si Kecil juga akan lebih mudah mencapai puting. Menggunakan bra menyusui juga memudahkan Moms menyusui saat bepergian.

3. Breastfeeding cover

Selama masa physical distancing, mungkin kegunaan breastfeeding cover tidak sebanyak di masa normal. Namun tidak salahnya untuk membeli breastfeeding cover. Karena ia akan sangat berguna saat berpergian sehingga Moms bisa menyusui Si Kecil tanpa perlu pergi ke ruang menyusui yang biasanya penuh atau bila ruang menyusui bahkan tidak tersedia. Dengan breastfeeding cover Moms tidak perlu bingung-bingung ketika harus menyusui Si Kecil saat itu juga, gunakan saja breastfeeding cover yang praktis digunakan di mana pun. Dengan begitu, Si Kecil pun bisa segera menyusu ketika ia merasa lapar.

Baca Juga

Tak Cuma Asam Folat, Vitamin D Juga Dibutuhkan Ibu Hamil

Suplemen Seperti Apa yang Paling Banyak Dibutuhkan oleh Ibu Hamil?

Barang yang Membantu Stimulus Si Kecil

4. Pompa ASI

Siapa bilang pompa air susu ibu (ASI) hanya dibutuhkan oleh ibu bekerja? Pompa ASI digunakan oleh Moms bukan hanya karena menyetok ASI, namun juga digunakan demi kesehatan Moms. Pasalnya, dengan memompa ASI akan mengosongkan payudara sehingga Moms terhindar dari mastitis.

Mastitis merupakan suatu kondisi di mana jaringan payudara wanita menjadi bengkak dan meradang. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh infeksi pada saluran payudara. Peradangan yang terjadi pada payudara ini bisa menyebabkan rasa nyeri, bengkak, rasa panas, dan kemerahan. Beberapa perempuan juga melaporkan adanya demam dan menggigil akibat mastitis.

Mastitis bisa terjadi karena pengosongan payudara tidak sempurna. Hal ini membuat payudara terasa keras dan bengkak. Jika berlanjut, kondisi ini bisa menyebabkan abses payudara. Ini berarti terbentuk kumpulan nanah lokal dalam jaringan payudara.

Moms tentu tidak ingin sampai mengalami mastitis bukan? Apalagi saat ini pompa ASI sangat beragam, sehingga Moms bisa mencari yang sesuai dengan dana yang tersedia ataupun juga yang memudahkan Moms.

5. Breast Pad (bantalan payudara)

Beberapa ibu baru memiliki keberuntungan dengan ASI yang melimpah lebih banyak dari yang lain. Saking melimpahnya ASI beberapa Moms akan sampai merasa rembes dan tembus ke baju yang digunakan. Hal itu tentu sangat tidak nyaman, apalagi saat baru melahirkan Moms dan Si Kecil akan banyak menerima tamu. Oleh karena itu, Moms bisa menyiapkan breast pad agar lebih nyaman dan tidak akan merasa khawatir saat ASI melimpah.

Baca Juga

Barang-Barang Inilah yang Harus Ada di Tas Dads Saat Datangnya Masa Persalinan

Suplemen Seperti Apa yang Paling Banyak Dibutuhkan oleh Ibu Hamil?

Tak Cuma Asam Folat, Vitamin D Juga Dibutuhkan Ibu Hamil

Seperti halnya popok, bantalan ini tersedia dalam bentuk kain atau sekali pakai. Untuk pilihan sekali pakai, gunakan bantalan dengan bagian berperekat. 

Bantalan kain biasanya terbuat dari bahan flanel dan perlu dicuci secara teratur. Sedangkan untuk sekali pakai juga tersedia dalam berbagai merek yang bisa disesuaikan dengan kenyaman dan juga dana yang dimiliki Moms.

Seperti Moms yang nyaman dengan breast pad, pastikan Si Kecil juga nyaman dengan popoknya. Oleh karena itu, pastikan Moms memilih Popok Merries untuk newborn, yang bahannya ekstra lembut dan terdiri dari 3 lapisan bersirkulasi udara yang mampu membuat Si Kecil tetap nyaman sepanjang hari. Popok Merries untuk newborn didesain khusus untuk ukuran bayi baru lahir dan menggunakan jenis perekat tape yang berada di samping popok. Jadi Moms bisa dengan mudah membuka dan memasangnya tanpa khawatir daya rekat hilang. 

6. Korset atau stagen

Korset atau stagen sangat dianjurkan bagi ibu yang baru melahirkan, baik yang melahirkan secara normal maupun caesar. Untuk Moms yang melahirkan secara nomal, korset dapat membantu menjaga postur tubuh setelah melahirkan. Untuk Moms yang melahirkan dengan operasi cesar, penggunaan korset atau stagen setelah melahirkan ini sangat membantu pergerakan dan menahan sakit bekas operasi. Jadi korset yang nyaman dan mudah dipakai wajib dimiliki setelah lahiran. 

Pada zaman dahulu, orang Indonesia terbiasa dengan korset yang terbuat dari kain panjang puluhan meter yang dililit ke perut. Namun kini, Moms bisa lebih menghemat waktu karena jenis stagen sangat beragam dan makin mudah digunakan, bahkan untuk operasi biasanya ada yang didesain secara khusus. 

Baca Juga

5 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Oleh Bayi

Barang yang Membantu Stimulus Si Kecil

Barang-Barang Inilah yang Harus Ada di Tas Dads Saat Datangnya Masa Persalinan

Pilihlah stagen yang memiliki perekat yang bercabang tiga, sehingga bisa nahan perut dengan kuat. Selain itu, elastisitas agar bisa disesuaikan, dan tidak sakit saat dipakai. Pilih juga stagen dengan sirkulasi udara yang baik dan menyerap keringat dan tentu saja mudah digunakan agar Moms tetap merasa nyaman.

7. Bantal menyusui

Bantal ini adalah barang yang bukan hanya akan dibutuhkan Moms namun juga Si Kecil. Mengapa demikian? Moms akan cenderung gagap bagaimana meletakan atau memposisikan Si Kecil pada awal menyusui. Bantal ini akan sangat membantu, sekaligus memberikan kenyamanan bukan hanya untuk Moms namun juga Si Kecil.

Pilih bantal menyusui yang sesuai dengan tubuh Moms, idealnya agar tubuh dan kepala bayi diposisikan pada ketinggian yang sama dengan puting. Bantal menyusui akan membuat Moms lebih nyaman dan membuat tidak merasa cepat pegal.

8. Nipple cream

Krim puting untuk Moms juga sangat esensial bagi ibu baru. Pada awal menyusui, puting Moms akan cenderung kering, pecah-pecah, dan lecet. Sehingga sangat dibutuhkan cream untuk mengobatinya, masalahnya amankah krim tersebut untuk Si Kecil saat menyusui? 

Hal ini bisa Moms konsultasikan dengan dokter pada trimester ketiga sambil mencicil keperluan lainnya. Banyak yang menyepelekan hal ini dan mengatakan kalau lecet ini akan sembuh seiring Si Kecil menyusui, namun beberapa Moms akan merasa sangat kesakitan dan perih, sehingga tidak ada salahnya Moms menjaga kesehatan putting dengan menyediakan krim yang aman dan sudah dikonsultasikan dengan dokter. Oleskan pada area puting setelah menyusui dan setelah membilas area liur bayi dan menepuknya sampai kering. Bersihkan area puting terlebih dahulu sebelum kembali menyusui.

Baca Juga

Barang-Barang Inilah yang Harus Ada di Tas Dads Saat Datangnya Masa Persalinan

Barang yang Membantu Stimulus Si Kecil

5 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Oleh Bayi

Nah sekarang Moms sudah tahukan apa saja yang dibutuhkan? Tidak ada salahnya loh mempersiapkan ini semua dan meminimalisasi risiko baby blues karena Moms merasa kurang nyaman sebagai seorang ibu baru. Adapun untuk Si Kecil, pastikan Moms memilihkan Popok Merries. Gunakan popok Merries yang mampu membuat Si Kecil nyaman dalam beraktivitas. Ukurannya yang pas dan juga ekstra lembut, akan menjaga kulit halus Si Kecil terhindari dari risiko iritasi dan ruam popok.