Bahayakah Memberi Obat Tetes Hidung Pada Bayi?

Merries Insight
26 September 2022
Kesehatan
Share
Bahayakah Memberi Obat Tetes Hidung Pada Bayi?

Bayi yang baru lahir masih memiliki lendir atau kotoran yang menyumbat hidungnya Moms dan Dads harus membersihkannya secara rutin supaya Si Kecil bisa lebih nyaman dan mudah bernapas.

Hidung bayi yang tidak dibersihkan dari lendir atau kotoran akan rentan mengalami hidung tersumbat. Jika itu terjadi, Moms dan Dads harus mengatasinya dengan berbagai cara, salah satunya dengan obat tetes hidung. Lalu, apa sebetulnya obat tetes hidung itu dan apakah obat tersebut aman untuk Si Kecil?

Apa Itu Obat Tetes Hidung?

Sesuai namanya, obat ini merupakan obat yang bisa mengatasi masalah pada hidung yang dipakai dengan cara diteteskan. Obat ini biasanya harus digunakan sesuai resep dokter dan memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Mengembalikan kelembapan hidung yang kering.
  • Mengencerkan lendir yang mengental di hidung.
  • Membersihkan hidung dari virus dan bakteri.
  • Mengeluarkan kotoran yang ada pada hidung.

Apakah Obat Tetes Hidung Aman untuk Bayi?

Sebetulnya, menggunakan obat tetes hidung untuk bayi kurang aman dilakukan, apalagi jika dilakukan tanpa pengawasan dokter. Pemakaian obat tetes hidung sembarangan bisa membuat cairan kimia pada obatnya tertelan atau mengalir ke organ tubuh lainnya. 

Kalaupun harus melakukannya, Moms dan Dads harus berkonsultasi dulu dengan dokter anak. Nantinya, dokter anak akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan obat tetes hidung pada bayi yang benar. Jika kondisinya cukup parah, dokter juga akan melakukan penanganan khusus pada Si Kecil.

Cara Membersihkan Hidung Tersumbat Pada Bayi yang Aman Dilakukan

Ada beberapa cara membersihkan hidung tersumbat yang terhitung lebih aman dibanding menggunakan obat tetes hidung, yaitu:

1. Menggunakan Uap Air Panas

Cara pertama yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah dengan menggunakan air panas. Untuk melakukannya, Moms dan Dads bisa menyalakan shower di kamar mandi atau bisa juga dengan merebus air panas dan menuangkan airnya ke ember di kamar mandi. 

Moms dan Dads bisa duduk bersama Si Kecil di kamar mandi jika air panas sudah tersedia dan mulai memunculkan uap. Cara ini bisa membantu mengencerkan lendir dan bisa membantu pernapasan Si Kecil jadi lebih lega.

2. Memperbanyak Asupan ASI dan Cairan Pada Si Kecil dan Perbanyak Istirahat

Selain mencegah dehidrasi, memberikan asupan ASI dan cairan juga bisa membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak di hidung Si Kecil. Hal itu tentu bisa membuat Si Kecil terbebas dari kondisi hidung tersumbat.

Setelah asupan ASI dan cairan terpenuhi, Moms dan Dads bisa mengistirahatkan Si Kecil. Pastikan Moms dan Dads sudah memakaikan popok bayi terbaik pada Si Kecil selama ia menerima asupan cairan dan beristirahat. Pemakaian popok tersebut bisa Si Kecil tetap nyaman, sehingga Moms dan Dads tidak perlu khawatir Si Kecil akan rewel atau merasa tidak nyaman.

Salah satu popok bayi terbaik yang bisa dipilih adalah popok Merries Good Skin. Popok Merries ini bersirkulasi udara baik sehinggabisa membuat kulit Si Kecil bisa bebas bernapas dan a nyaman sepanjang waktu. Daya serapnya pun tinggi dan mampu menyerap pipis hingga 5 kali. Merries Good Skin memiliki karet pinggang elastis dan lembut sehingga tidak menimbulkan bekas kemerahan pada kulit Si Kecill. Popok Merries ini juga telah teruji secara klinis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) sebagai popok yang mampu mencegah iritasi pada bayi.

3. Kondisikan Si Kecil Supaya Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Jika hidung Si Kecil masih tersumbat dan harus tidur, Moms dan Dos bisa menidurkan Si Kecil dengan posisi kepalanya lebih tinggi dari tubuhnya. Supaya bisa dilakukan dengan lebih mudah, Moms bisa menggunakan bantal di atas tempat tidur Si Kecil. Cara ini bisa membantu melegakan pernapasan pada hidung Si Kecil yang tersumbat.

4. Membersihkan Hidung Si Kecil dengan Cotton Bud

Lendir atau kotoran yang tidak sempat keluar dari hidung perlahan akan mengeras dan menjadi kerak di hidung Si Kecil. Jika ini terjadi, Moms bisa membersihkannya dengan menggunakan cotton bud. Supaya cara ini berhasil, pastikan Moms sudah membasahi cotton bud tersebut dengan air hangat, lalu lakukan cara ini saat Si Kecil sedang tidur.

Akhir Kata

Menggunakan obat tetes hidung bayi dianggap sebagai solusi untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Cara ini sebetulnya kurang aman apalagi jika tidak dilakukan di bawah pengawasan dokter. Kalaupun ingin melakukannya Moms dan Dads harus konsultasi dulu ke dokter. 

Jika ragu, Moms dan Dads bisa gunakan cara lain yang relatif aman. Terlepas apa pun cara yang akan dilakukan, pastikan Moms dan Dads selalu menjaga kebersihan hidung Si Kecil supaya kedepannya ia tidak mengalami hidung tersumbat.

Sekian artikel Merries kali ini. Semoga bermanfaat!