Bagaimana Memilih Produk Perawatan untuk Kulit Bayi Sensitif

Merries Insight
Kesehatan
Share
Bagaimana Memilih Produk Perawatan untuk Kulit Bayi Sensitif

Bayi dengan kulit sensitif harus mendapatkan produk perawatan khusus. Sebab, kulit bayi sensitif cenderung tipis dan halus, sehingga rentan mengalami iritasi jika dipakaikan produk perawatan yang kurang cocok. Selain membuat kulit sensitif bayi lebih terawat, memakai produk perawatan yang cocok juga merupakan salah satu langkah mengatasi iritasi pada popok bayi dan gejala iritasi lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih produk perawatan untuk kulit bayi sensitif?

Cara Mengetahui Kulit Sensitif Pada Bayi

Sebelum memilih produk perawatan kulit untuk kulit sensitif, Moms harus pastikan dulu apakah kulit Si Kecil betul-betul sensitif atau tidak. Untuk mengetahuinya, Moms bisa lihat reaksi kulit Si Kecil terhadap produk perawatan yang mengandung pewangi atau deterjen. Jika kulit Si Kecil mengalami ruam atau iritasi saat terkena produk-produk itu, maka kulit si Kecil termasuk kulit sensitif. Segera hindari produk-produk itu dari Si Kecil jika ia terbukti memiliki kulit sensitif.

Tips Memilih Produk Perawatan untuk Kulit Bayi Sensitif

Setelah menjauhkan produk-produk pemicu iritasi, Moms harus menggunakan produk perawatan yang cocok untuk kulit bayi sensitif. Memilih produk tersebut harus dilakukan dengan jeli. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat memilih produk perawatan khusus kulit bayi sensitif:

1. Pilih Produk Perawatan yang Betul-Betul Dikhususkan untuk Bayi

Pastikan produk perawatan yang dipilih betul-betul diperuntukkan untuk bayi. Produk tersebut biasanya lebih lembut dan ringan dibanding produk pada umumnya. Selain betul-betul khusus bayi, pastikan juga produknya bebas dari pewangi. 

2. Belilah Sabun Bayi yang Mengandung Gliserin dan pH Seimbang

Khusus untuk sabun, belilah sabun bayi yang punya kandungan gliserin. Zat tersebut bisa melembapkan kulit bayi yang sensitif, sehingga membuat kulit terhindar dari iritasi dan kering. Pastikan juga sabun bayinya memiliki pH seimbang. Sebab, sabun tersebut bisa membuat lapisan kulit bayi sensitif tetap sehat.

3. Pilih Produk Berlabel Hypoallergenic

Saat membeli produk perawatan bayi, Moms bisa pilih produk perawatan yang berlabel hypoallergenic. Produk semacam itu punya risiko memicu alergi yang kecil, sehingga cocok dipakaikan pada bayi berkulit sensitif.

4. Hindari Produk Berbahan Paraben

Paraben adalah bahan pengawet yang dipakai untuk mencegah kontaminasi jamur atau bakteri pada suatu produk, termasuk produk perawatan bayi. JIka Moms menemukan produk perawatan bayi dengan bahan tersebut, sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan risiko kanker pada bayi berkulit sensitif. Kalaupun harus memakai produk ini, pastikan kandungan parabennya rendah.

5. Pilih Produk yang Bebas Deterjen Sodium Laureth Sulfate (SLS)

Deterjen adalah salah satu bahan pemicu iritasi pada kulit bayi sensitif. Untuk itu, hindari membeli produk perawatan bayi yang mengandung deterjen, terutama deterjen Sodium Laureth Sulfate (SLS). 

Menurut penelitian Science Medicine Health, deterjen SLS memiliki sifat surfaktan yang bisa merusak sel pada kulit bayi sensitif dan menimbulkan iritasi. Di pasaran, deterjen SLS dikenal dengan berbagai nama lain, seperti Sodium Alkyl Ether Sulfate (SLES), sodium myreth sulfate, Ammonium Lauryl Sulfate (ALS), dan anionik surfaktan.

6. Perhatikan Kondisi Kemasan dan Aturan Pakai

Penting bagi Moms untuk selalu memperhatikan kondisi kemasan saat membeli suatu produk, termasuk produk perawatan bayi. Pastikan kondisi kemasannya masih bagus.

Perhatikan juga aturan pakai pada produk tersebut. Cara ini dilakukan untuk menghindari pemakaian yang salah atau dosis pemakaian produk secara berlebihan. Ada beberapa produk yang mencantumkan aturan pakainya pada kotak kemasan, sedangkan sebagian lainnya justru menyertakannya lewat lampiran yang terpisah dari kotak kemasan.

7. Pastikan Produknya Teruji Secara Klinis

Hal lain yang harus Moms perhatikan adalah pastikan produk yang dibeli teruji secara klinis dan terdaftar di BPOM. Produk yang sudah teruji secara klinis tidak mengandung bahan berbahaya, sehingga aman untuk kulit Si Kecil. Khusus untuk popok, pilih popok yang secara klinis mampu mencegah iritasi oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski). 

Cara Merawat Kebersihan dan Kesehatan untuk Kulit Bayi Sensitif

Selain memilih produk perawatan yang tepat, kulit sensitif juga dirawat kebersihan dan kesehatannya. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah memandikan Si Kecil menggunakan sabun bayi dengan pH seimbang dan mengandung gliserin.

Saat memandikan Si Kecil, gunakan air hangat dengan suhu sekitar 37 derajat celcius atau sesuai dengan suhu tubuh. Durasi dan frekuensi mandinya pun harus diperhatikan. Khusus untuk bayi berusia dibawah 1 tahun, Moms harus memandikannya selama 10 menit saja. Sedangkan frekuensi mandinya bisa dilakukan setiap 2-3 kali seminggu, terutama pada Si Kecil berusia dibawah 3 minggu.

Setelah Si Kecil mandi, Moms harus memakaikan pakaian berbahan serat alami karena bisa menyerap keringat dengan baik, serta menjaga sirkulasi udara. Jangan lupa memakaikan popok bayi yang tepat. Selain membuat Si kecil nyaman beraktivitas, pemilihan popok bayi tepat juga merupakan salah satu mengatasi iritasi pada popok bayi.

Sebagai rekomendasi, Moms bisa memilih popok Merries Skin Protection. Sirkulasi udara pada popok Merries ini baik, sehingga membuat Si Kecil merasa sejuk dan nyaman sepanjang hari. Cara memakaikannya pun mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat dan bisa dilakukan siapa pun. Popok Merries ini juga memiliki lapisan antibakteri dengan ekstrak natural daun teh yang dapat cegah bau, membuat kulit Si Kecil sehat dan terawat, serta bebas ruam. Popok Merries pun telah teruji klinis, sehingga aman untuk kulit Si Kecil yang sensitif. 

Selain mandi, memakaikan pakaian dan popok yang tepat, masih ada beberapa cara lain yang bisa Moms lakukan untuk merawat bayi berkulit sensitif, yaitu:

  • Rutin mengganti popok setiap 3-4 jam sekali.
  • Saat mengganti popok, pastikan untuk selalu membersihkan kulit dan area kelaminnya dengan benar.
  • Rutin membersihkan leher, wajah, dan tangan bayi dengan lap bersih, terutama saat Si Kecil berkeringat atau setelah beraktivitas.

Memilih produk perawatan untuk kulit bayi sensitif harus hati-hati. Salah memilih produk perawatan bisa membuat kulitnya rentan mengalami iritasi. Supaya Moms bisa memilih produk perawatan yang tepat, Moms bisa ikuti berbagai tips di artikel ini. Semoga tips-tipsnya bisa Moms praktekkan. Sampai ketemu di artikel berikutnya!