Tips Memilih dan Mengetahui Harga Popok Bayi

Merries Insight
31 Maret 2022
Umum
Share
Tips Memilih dan Mengetahui Harga Popok Bayi

Sebelum membeli suatu popok, penting bagi Moms untuk mengetahui berapa harga popok bayi yang hendak dibeli. Mengetahuinya bisa membantu Moms untuk menentukan berapa anggaran yang mesti Moms keluarkan.

Mengetahui harga popok bayi sendiri kini bisa dilakukan dengan mudah berkat teknologi internet. Moms tinggal browsing di mesin pencari, lalu sambangi berbagai situs resmi penjual popok atau marketplace untuk mengecek harganya. Kalau Moms agak skeptis soal informasi di internet, Moms bisa bertanya pada orang terdekat, terutama mereka yang sudah punya anak bayi.

Selain mengetahui harga suatu popok bayi, Moms juga harus bisa cermat dalam memilih popoknya. Supaya nanti Moms tidak sia-sia keluar uang banyak guna membeli kebutuhan Si Kecil ini. Untuk bisa melakukannya, Moms bisa coba tips memilih popok bayi yang akan kami share di bawah ini:

1. Pilih Sesuai dengan Ukuran

Terlepas popok apa pun yang mau dibeli, Moms wajib membeli popoknya dengan ukuran yang sesuai dengan Si Kecil. Popok yang kebesaran atau kekecilan akan membuat Si Kecil tak nyaman dalam memakainya. 

Lazimnya, para ibu akan menentukan ukuran popok yang pas berdasarkan usia Si Kecil. Namun, hal tersebut tak bisa jadi acuan, karena setiap bayi punya ukuran badan berbeda-beda walau usianya sama.

Yang betul, Moms mesti menentukan ukuran popok berdasarkan berat badannya. Indikator ini terbukti mampu membantu Moms mendapatkan ukuran popok yang pas buat Si Kecil. Sebagai contoh: jika Si Kecil berat badannya berkisar 9 sampai 14 kg, popok dengan ukuran L sangatlah cocok untuk mereka.

Kalau Si Kecil nanti berat badannya naik, Moms mesti mengganti popoknya dengan ukuran yang sesuai. Tak menggantinya akan membuat Si Kecil merasa tak nyaman selama memakai popok. Adapun indikator kapan Moms harus mengganti popoknya adalah saat popok yang dipakai posisinya sudah berada di bawah pusar Si Kecil.

2. Pilih yang Bahannya Aman Bagi Kulit Bayi

Bila kulit bayi Moms agak sensitif, Moms harus lebih selektif dalam memilih popok. Usahakan jangan sampai memilih popok yang bahannya bisa bikin kulit bayi iritasi atau terkena ruam.

Sebagai saran, hindari pembelian popok dengan bahan pewangi . Sebab, pewangi adalah salah satu pemicu terjadinya ruam atau iritasi, terutama pada kulit bayi yang sensitif. 

3. Punya Daya Serap Tinggi

Dalam membeli popok, Moms jangan sampai lupa aspek daya serapnya. Soalnya aspek tersebut berkaitan dengan bagaimana popok mampu menyerap pipis Si Kecil. Makin banyak dan cepat popok dapat menyerap pipis, permukaan popok akan semakin cepat kering. Kulit Si Kecil jadi bisa terjaga kesehatannya. Pilihlah popok yang daya serapnya tinggi, bahkan sampai beberapa kali pipis. Tapi jangan lupa untuk mengganti popok setiap 3-4 jam sekali ya Moms!

Pastikan pula popoknya tidak mudah bocor, terutama saat hendak menyerap pipis. Percuma ‘kan Moms beli popok yang daya serapnya tinggi, tapi popoknya sering bocor?

4. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara pada popok adalah hal krusial selain daya serap yang harus Moms perhatikan. Sebelum membeli popok, cari tahu seperti apa sirkulasi udaranya. Popok yang bagus lazimnya memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga kulit bayi pun lebih mudah bernapas, serta Si Kecil jadi nyaman selama memakai popoknya.

5. Perhatikan Lapisan Permukaan Bagian Dalam Popoknya

Walau jarang diperhatikan, lapisan permukaan popok pada bagian dalam popok sebetulnya punya fungsi penting. Lapisan inilah yang akan bersentuhan langsung dengan kulit Si Kecil, serta menentukan apakah Si Kecil nyaman memakai popok tersebut atau sebaliknya. Maka dari itu, cobalah Moms perhatikan seperti apa lapisan permukaan bagian dalam popok sebelum membelinya.

Popok yang bagus biasanya punya lapisan permukaan yang halus dan berbahan lembut. Dengan lapisan semacam itu, kulit Si Kecil pasti akan terasa nyaman dan terlindungi dari iritasi selama Si Kecil memakai popok.

6. Pilih yang Teruji Secara Klinis

Salah satu faktor pembeda antara popok berkualitas dan bukan adalah bukti uji klinisnya. Popok berkualitas lazimnya sudah teruji secara klinis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski).

Bukti uji klinis itu biasanya mereka sebutkan di kemasan produk maupun di situs resminya dalam bentuk tulisan, serta stempel. Selain terbukti berkualitas, adanya hasil uji klinis tersebut menjadi bukti kalau popoknya mampu mencegah iritasi.

7. Pilihlah Popok yang Punya Karet Lembut dan Elastis

Khusus Moms yang mau membeli popok dalam bentuk celana, Moms wajib perhatikan bagian karet bagian atasnya. Sebagai saran, Moms harus pilih popok celana yang dilengkapi karet lembut dan elastis. Adanya karet tersebut membuat popoknya bisa pas saat dipakai, serta tidak menimbulkan bekas di kulit.

Masih banyak tips memilih popok bayi yang sebetulnya ingin Merries share. Namun, sepertinya tips-tips di atas sudah lebih dari cukup. Semoga nanti bisa Moms praktekan sendiri, ya!

Oh iya, kalau Moms butuh rekomendasi popok, Merries rekomendasikan Merries Good Skin untuk Moms sekalian. Popok ini punya daya serap tinggi hingga 5 kali pipis dan tentu saja anti bocor. Sirkulasi udaranya pun bagus dan lapisan dalamnya terbuat dari bahan yang lembut.

Popok ini pun juga dilengkapi karet pinggang yang lembut dan elastis, serta sudah teruji secara klinis oleh PERDOSKI mampu mencegah iritasi kulit bayi di Indonesia. Saat ini, Merries Good Skin tersedia dalam berbagai ukuran berdasarkan berat badan Si Kecil, serta punya desain yang lucu. Untuk memesannya, Moms bisa langsung klik link berikut ini

Sekian artikel dari Merries kali ini. Sampai ketemu di artikel berikutnya!.