Tips dan Persiapan Perjalanan Liburan Bersama Si Kecil

Merries Insight
22 December 2022
Umum
Share
Tips dan Persiapan Perjalanan Liburan Bersama Si Kecil

Libur panjang akan segera tiba. Moms bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur bersama Si Kecil. Selain bisa lebih dekat dengan Si Kecil, berlibur juga bisa menjadi momen bagi Si Kecil untuk mengenal lingkungan baru.

Supaya perjalanan liburan Moms dan Si Kecil lancar, Moms harus melakukan berbagai macam persiapan. Di artikel ini, Merries akan berikan berbagai tips dan persiapan untuk perjalanan liburan bersama Si Kecil yang bisa disimak di bawah ini!

1. Tentukan Tempat Berlibur

Sebelum berlibur, Moms harus tentukan dulu tempat berlibur yang akan Moms dan Si Kecil kunjungi. Moms bisa mencari tempat berlibur yang tepat lewat internet atau meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan tempat berlibur, yaitu:

  • Jalur transportasi menuju tempat wisata tersebut, apakah bisa ditempuh dengan jalur darat atau udara.
  • Kondisi daerah tempat berlibur, apakah termasuk daerah yang memiliki kondisi endemis tertentu seperti malaria atau chikungunya.
  • Cari tahu juga apakah tempat wisatanya ramah anak atau tidak.

2. Susunlah Jadwal Perjalanan Liburan

Setelah tempat berlibur ditentukan, Moms bisa langsung menyusun jadwal liburan bersama Si Kecil. Sesuaikan jadwal perjalanan liburan dengan jadwal harian Si Kecil. Jika Moms akan berlibur dengan naik pesawat, Moms memilih jadwal terbang di waktu ketika Si Kecil tidur.

Sementara itu, Moms harus menyediakan ruang khusus untuk Si Kecil jika akan melakukan perjalanan darat, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Cara ini bisa membantu SI Kecil tidur dengan nyaman selama di perjalanan.

3. Siapkan Semua Perlengkapan yang Harus Dibawa

Selain membuat jadwal, Moms juga harus mempersiapkan semua perlengkapan yang harus dibawa selama berlibur, mulai dari pakaian Si Kecil sampai obat-obatan. Untuk pakaian, pilih pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat. Moms juga bisa membawa jaket atau pakaian hangat sebagai antisipasi jika Si Kecil kedinginan selama di perjalanan nanti. Sesuaikan juga pakaiannya dengan iklim di tempat wisata yang dikunjungi.

Untuk obat-obatan, Moms bisa membawa obat demam, obat batuk dan pilek, minyak telon, serta obat luka. Moms bisa meminta obat-obatan tersebut dari dokter. Jika Si Kecil sedang mengkonsumsi obat tertentu secara teratur, Moms juga bisa membawa obat tersebut.

Perlengkapan lain yang bisa Moms bawa adalah camilan untuk Moms dan Si Kecil, alat makan jika Si Kecil sudah mulai mengkonsumsi MPASI mainan, kain untuk menggendong bayi, dan popok bayi. Supaya rapi, Moms bisa menyimpan semua perlengkapan tersebut tas yang berbeda-beda, satu tas berisi pakaian sedangkan tas lainnya bisa diisi dengan obat-obatan dan perlengkapan lainnya.

Pastikan tidak ada perlengkapan yang tertinggal saat melakukan perjalanan, terutama popok bayi. Popok sendiri adalah perlengkapan yang penting karena bisa membantu Si Kecil nyaman selama di perjalanan.

Selain nyaman, pastikan popok yang Moms bawa nanti tidak menimbulkan bau seperti popok Merries Skin Protection. Popok Merries ini mempunyai lapisan antibakteri dan kandungan ekstrak daun teh yang mencegah bau dan ruam.

Popok Merries ini juga nyaman dipakai karena memiliki sirkulasi udara yang baik dan karet pinggang yang lembut. Daya tampungnya pun banyak dan cepat sehingga kulit Si Kecil tetap kering selama di perjalanan, serta terhindar dari kebocoran. Popok Merries Skin Protection bisa dipesan langsung disini!

4. Pastikan Si Kecil Nyaman Selama Di Perjalanan

Saat melakukan perjalanan berlibur, Moms harus memastikan Si Kecil berada dalam kondisi nyaman. Jika perjalanan dilakukan lewat jalur darat, Moms tidak hanya harus menyiapkan tempat khusus seperti baby car seat, Moms juga bisa menciptakan suasana yang menyenangkan. Misalnya: mengajaknya bersenandung atau melihat pemandangan dari jendela kendaraan.

Jika Moms membawa kendaraan pribadi, usahakan kendaraan yang Moms bawa melaju dalam kecepatan stabil dan tidak terlalu banyak mengalami guncangan. Moms bisa mengurangi atau bahkan menghentikan laju kendaraan saat Si Kecil mulai jenuh atau mual. 

Pastikan juga kendaraan yang dipakai memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga Si Kecil bisa mendapatkan udara segar. Hindari membawa benda yang aromanya terlalu menyengat supaya Si Kecil tidak mual selama di perjalanan.

Sementara itu, Moms yang membawa Si Kecil liburan lewat jalur udara harus memperhatikan hal-hal di bawah ini supaya Si Kecil nyaman selama perjalanan:

  • Pilih pesawat tanpa transit. Kalaupun harus transit, hindari transit terlalu lama atau bahkan terlalu singkat.
  • Pilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan jam tidur Si Kecil supaya ia tidur lelap selama perjalanan berlangsung. 
  • Pastikan usia Si Kecil cukup untuk melakukan perjalanan lewat jalur udara. Disarankan untuk melakukan perjalanan udara saat Si Kecil sudah genap berusia 3 bulan.
  • Pastikan juga Si Kecil tidak mengalami infeksi telinga supaya telinganya tidak nyeri selama di dalam pesawat.
  • Jangan memberikan obat tidur kepada Si Kecil karena bisa menimbulkan efek samping.

5. Berikan Waktu untuk Si Kecil Beristirahat dan Makan

Adakalanya Moms harus memberikan waktu untuk Si Kecil agar ia beristirahat dan makan. Waktu tersebut bisa diberikan saat Si Kecil mulai terlihat lapar, lelah, atau mudah gelisah.

Moms bisa mengajaknya makan dan beristirahat di rest area jika melakukan perjalanan darat atau di jalur transit jika naik pesawat. Berikan ia makanan bernutrisi supaya Si Kecil kenyang sekaligus terpenuhi nutrisinya. Saat beristirahat, Moms bisa mengajaknya bermain, berjalan-jalan, atau berlari di sekitar tempat beristirahat. Cara-cara tersebut bisa membantu otot-otot tubuhnya supaya tidak terlalu kaku. Jika Si Kecil belum bisa berjalan, Moms bisa menggendong bayi sambil berkeliling di sekitar tempat beristirahat.

Moms pun juga harus makan dan beristirahat. Moms bisa makan sebelum atau setelah Si Kecil makan, serta bisa beristirahat saat Si Kecil tertidur pulas.

6. Lakukan Langkah Penanganan yang Tepat Saat Si Kecil Mengalami Kondisi Darurat

Selama di perjalanan, Si Kecil bisa saja mengalami kondisi darurat seperti mengalami luka ringan atau mabuk perjalanan. Jika Si Kecil mengalami luka ringan akibat terjatuh atau tergores benda tajam, Moms bisa langsung menangani bagian tubuhnya yang terluka. Caranya, bersihkan terlebih dulu area luka, lalu berikan antiseptik dan tutupi luka dengan plester jika diperlukan. 

Jika Si Kecil mengalami mabuk perjalanan saat Moms menggunakan kendaraan pribadi, Moms bisa menghentikan laju mobil dan beristirahat selama 10-15 menit. Jika sebelumnya Si Kecil sudah diizinkan dokter meminum obat anti mabuk perjalanan, Moms bisa memberikan obat tersebut kepada Si Kecil.

Itulah bebragai tips dan persiapan yang harus Moms lakukan saat melakukan perjalanan liburan bersama Si Kecil. Semoga bisa dipraktikkan sehingga perjalanan liburan Moms dan Si Kecil bisa berlangsung dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.